Jenis Zakat yang Wajib Kamu Ketahui Serta Ketentuannya!

Salah satu kewajiban dari seorang muslim adalah mensucikan harta dan jiwa dengan memberikan zakat untuk mereka yang membutuhkan. Untuk memenuhi kewajiban tersebut tentunya memiliki aturan serta ketentuan dari setiap jenis zakat yang diberikan. 

Beberapa jenis zakat yang ada memang memiliki tujuan yang sama, namun tentunya memiliki perbedaan dari masing-masing zakat itu sendiri. Karena itu, di bawah ini kita akan membahas mengenai zakat dengan lebih dalam.

Apa Itu Zakat

Zakat merupakan harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha yang dimiliki oleh seorang muslim untuk diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat islam.

Dalam zakat itu sendiri terdapat beberapa jenis zakat sesuai dengan ketentuan yang diatur beberapa diantaranya seperti yang akan kita bahas di bawah ini.

Jenis Zakat

  • Zakat Fitrah

    Zakat fitrah merupakan salah satu zakat yang wajib ditunaikan oleh umat muslim. Zakat ini wajib dibayarkan pada saat bulan ramadhan atau menjelang hari raya idul fitri. Biasanya zakat fitrah ini dibayarkan dalam bentuk 3,5 liter beras. Namun, bisa juga menggunakan uang senilai 3,5 liter beras yang kita konsumsi. 

    Zakat ini memiliki tujuan mensucikan diri setelah berpuasa baik itu karena melakukan dosa dan lainnya. 

  • Zakat Maal

    Zakat maal merupakan jenis zakat penghasilan yang diberikan dalam berbagai macam bentuk baik itu hasil pertanian, hasil laut, hasil ternak hingga lainnya. Namun, pada setiap hasilnya tentu memiliki perhitungannya sendiri.

    Dalam undang-undang sendiri terdapat aturan terkait pengelolaan zakat yaitu UU Zakat Nomor 38 Tahun 1998 yang berbunyi “Zakat adalah harta yang wajib disisihkan oleh seorang muslim atau badan yang dimiliki oleh orang muslim sesuai dengan ketentuan agama untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya.”

    Pada UU tersebut menjelaskan terkait pengelolaan zakat, fungsi zakat hingga siapa yang berhak mengatur zakat. Beberapa ketentuan yang diatur seperti di bawah ini:

Emas dan Perak

Ketentuan zakat ini adalah kamu akan diwajibkan melakukan pembayaran zakat yang cukup nisabnya dan telah dimiliki hingga setahun. Perhitungan yang dilakukan adalah 2,5 persen dari nilai emas tersebut. Contoh, apabila kamu memiliki emas seberat 10 gram, zakat yang wajib dibayarkan adalah 2,5 persen dari harga emas tersebut dengan perhitungan.

1 gram emas seharga Rp500 ribu, maka besaran zakat yang dibayarkan 10 gram x Rp500.000 x 2,5 persen = Rp125.000

Binatang Ternak

Hewan ternak yang terkena wajib zakat adalah hewan yang memiliki manfaat bagi manusia, maksudnya adalah hewan yang telah dimiliki selama kurang lebih satu tahun dan mencapai nishab.

Contohnya sapi, apabila jumlahnya mencapai 30 ekor, maka zakatnya berupa seekor anak sapi berumur satu tahun. 

Perdagangan atau Perniagaan

Jenis zakat ini merupakan zakat yang berkaitan dengan komoditas perdagangan. Zakat ini memiliki ketentuan yaitu diambil dari modal lalu dihitung dari total penjualan barang sebesar 2,5 persen.

  • Zakat Penghasilan

    Terakhir ada zakat penghasilan. Zakat ini diwajibkan untuk mereka yang memiliki penghasilan. Zakat ini juga dikeluarkan berupa harta atau uang. Zakat ini dibayarkan setiap bulannya senilai 2,5 persen dari total pendapatan yang didapat.

    Hal ini harus mengacu pada nisab yang mana juga sudah diatur oleh Kementerian Agama RI melalui Peraturan Menteri Agama Nomor 31 Tahun 2019. menetapkan bahwa nisab zakat penghasilan senilai 85 gram emas. Dimana apabila harga emas per 1 Mei 2020 adalah Rp900.000 maka nisab zakat penghasilan Rp76.500.000 per tahun atau Rp 6.375.000 per bulan. 

Sehingga bagi seorang muslim yang sudah memiliki penghasilan tetap lebih dari nisab zakat senilai Rp6.375.000 per bulan, maka sudah wajib membayar zakat penghasilan. 

Itu beberapa jenis zakat yang perlu kamu ketahui dan tentunya kamu wajib tunaikan. Untuk kamu yang ingin menunaikan zakat dengan lebih mudah dan cepat Danamon Syariah memberikan kemudahan untuk kamu umat muslim dengan menyediakan layanan zakat. Bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang kredibel, zakat kini lebih mudah, nyaman, dan terpercaya.