Jenis Jenis Usaha Serta Contohnya yang Perlu Kamu Ketahui

Berbicara mengenai jenis - jenis usaha yang ada di Indonesia saat ini memang terbilang sangat banyak, mungkin yang biasa kamu ketahui seperti yang sedang hits saat ini reseller, thrifting, membuka toko online dan masih banyak lainnya.

Namun, untuk yang ingin memulai usaha ini memang harus jeli saat ingin memulai usaha mengingat persaingan dunia usaha yang makin sulit ditambah dampak dari Covid-19 yang belum sepenuhnya selesai membuat banyak calon pengusaha masih bingung dalam memilih usaha yang cocok sekaligus dapat bertahan lama. 

Di bawah ini kita akan membahas jenis - jenis usaha yang wajib kamu ketahui!

 

Jenis - Jenis Usaha

  • Usaha Perdagangan

    Usaha perdagangan merupakan suatu usaha yang sifatnya melakukan transaksi jual beli barang yang bertujuan untuk dijual kembali untuk mencari suatu keuntungan tanpa adanya perubahan pada kondisi produk itu sendiri.

    Usaha yang satu ini juga terbagi menjadi dua macam yaitu usaha perdagangan umum dan usaha perdagangan jasa yang mana memiliki contohnya masing-masing. Beberapa contoh usaha perdagangan umum sebenarnya kita sering jumpai contohnya usaha dagang kuliner, usaha dagang sembako, usaha dagang gadget hingga usaha dagang lainnya.

    Contoh usaha perdagangan jasa seperti usaha perdagangan jasa laundry, usaha perdagangan jasa layanan kesehatan hingga usaha jasa penitipan.

     

  • Usaha Pertanian

Jenis usaha pertanian juga biasanya seringkali ditemui pada kawasan pedesaan dan dikelola oleh perorangan. Umumnya juga usaha ini memiliki skema dengan dimulainya pengolahan lahan oleh petani, penanaman tanaman pertanian, pemanenan hingga penjualan hasil panen.

Meski perawatan tanamannya tidak sulit untuk dilakukan, jenis usaha yang satu ini tetap membutuhkan keahlian khusus untuk para calon pengusahanya. Metode pertanian yang paling digemari saat ini juga contohnya seperti hidroponik, hortikultura dan terrarium.

 

  • Usaha Peternakan

Usaha peternakan ini merupakan usaha yang dilakukan dengan cara memelihara hewan dan mengambil hasilnya dengan cara dijual kepada konsumen. Usaha peternakan ini juga terbagi menjadi empat jenis, yaitu:

  1. Peternakan hewan besar yang mana peternakan yang memelihara sapi, kerbau, kuda hingga babi.
  2. Peternakan hewan kecil yaitu peternakan yang melakukan ternak domba, kambing dan kelinci.
  3. Peternakan ikan yaitu mereka yang melakukan ternak pada ikan lele, ikan mas, mujair, gurame hingga ikan-ikan lainnya.
  4. Peternak unggas yaitu mereka yang melakukan ternak pada puyuh, ayam, itik hingga burung.
 


  • Usaha Industri Kecil

Usaha industri merupakan usaha yang akan memberikan nilai tambah pada suatu barang. Sebenarnya industri kecil hampir serupa dengan usaha perdagangan jasa. Tetapi, usaha industri kecil pada dasarnya lebih kompleks, maksudnya pada usaha ini juga menerapkan manajemen dagang dan jasa sekaligus.

Kegiatan dari usaha industri kecil ini terdiri dari pengolahan bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Usaha ini juga biasanya dilakukan secara perorangan yang mana dapat dimulai meskipun dengan modal yang relatif kecil. Dari sisi tenaga kerja yang dibutuhkan juga tidak banyak mulai dari 7- 20 orang. Namun, tidak menutup kemungkinan bisa melebihi 20 orang.

Industri kecil juga termasuk jenis usaha yang memiliki potensi sangat baik untuk jangka panjang. Banyaknya varian bisnis yang ditawarkan juga beragam dari industri kecil ini. Contoh usaha industri kecil ini biasanya seperti industri kecil pembuatan mainan, kerajinan kayu, kerajinan tangan, souvenir pernikahan dan lainnya.

 

Beberapa jenis-jenis usaha di atas bisa menjadi pilihan kamu yang ingin mulai merintis usaha. Pastikan kamu memiliki strategi tepat untuk jenis usaha pilihanmu agar hasilnya dapat optimal. Apabila kamu membutuhkan modal tambahan untuk membangun usaha kamu jangan ragu untuk mengajukan pinjaman melalui Danamon.

Dengan memberikan persyaratan yang mudah, limit pinjaman hingga Rp200 juta dan memberikan suku bunga yang kompetitif. Lebih lengkapnya kamu bisa kunjungi cabang Danamon terdekat atau mengajukan pinjaman secara online dengan mengisi e-form di website Danamon.