10 Cara Menabung yang Baik dan Paling Efektif

Menabung memang bukanlah hal yang mudah untuk diterapkan. Banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara menabung yang baik sehingga akhirnya banyak orang yang kesulitan dalam mengelola dana yang dimilikinya. Padahal jika kita memahami bagaimana cara menabung yang benar tentu akan banyak kamu rasakan manfaat dari menabung itu sendiri.

Perlu diingat pepatah sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit adalah hal yang tidak mustahil dapat kamu rasakan apabila sudah mengetahui tips menabung yang benar. Karenanya, kita akan bahas selengkapnya di bawah ini.

 

10 Cara Menabung yang Baik

Setiap individu tentu memiliki tujuan yang berbeda dalam menabung. Baik itu menabung untuk kebutuhan seperti membeli rumah, menabung untuk persiapan dana pensiun, menabung untuk pendidikan anak hingga menabung untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Berikut tips menabung yang benar dan cepat:

  • Memulai dengan Menentukan Tujuan Menabung

    Cobalah untuk menentukan tujuan saat ingin menabung, hal ini penting mengingat saat kita mengetahui tujuan dari kita menabung, maka saat kita sedang lengah akan termotivasi kembali agar dapat kembali mengingat bahwa terdapat tujuan dari menabung yang kita lakukan.

    Langkah pastinya adalah dengan menuliskan wishlist melalui menabung ini. Contohnya, tujuan dari menabung yang dilakukan ini adalah untuk mempersiapkan dana pensiun, membeli rumah hingga untuk liburan ke tempat impian. Jangan lupa untuk menyertakan jangka waktunya apakah tujuan yang dicapai itu membutuhkan jangka waktu pendek atau panjang.

     

  • Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran Setiap Bulan

    Saat kamu menabung pastikan kamu juga mencatat segala pemasukan dan pengeluaran kamu setiap bulannya. Kamu dapat mulai melakukannya dengan mencatat hal-hal seperti pemasukan bulanan (gaji), keuntungan bisnis atau usaha, komisi dan lainnya. Jika memiliki penghasilan tidak tetap, kamu juga dapat menyertakannya.

     Itu juga berlaku dengan melakukan pencatatan pengeluaran seperti biaya untuk KPR rumah, biaya kebutuhan sehari seperti listrik, air dan lainnya.

     

  • Memilih Prioritas Kebutuhan

    Penting! Untuk membagi skala prioritas kebutuhan kamu, mana yang memang paling dibutuhkan saat ini bukan hanya sekadar yang diinginkan. Hal yang wajib dipenuhi diantaranya seperti melakukan pembayaran rutin untuk penggunaan listrik, bahan bakar kendaraan dan lainnya.

    Lalu, menghapus kebutuhan untuk hal-hal yang sifatnya tidak terlalu penting seperti untuk pembayaran layanan streaming film, belanja online dan lainnya. Pilihlah mana yang memang kamu butuhkan saat ini sebagai prioritasmu, apabila ada halnya bisa diprioritaskan maka bisa didahulukan.

     

  • Menentukan Waktu dan Nominal Tabungan yang Ingin Dicapai

    Sama seperti menentukan tujuan, waktu dan nominal juga adalah hal yang wajib ditentukan sejak awal. Hal ini bertujuan untuk memperkirakan berapa lama kamu akan menabung dan berapa banyak yang bisa disisihkan dari penghasilanmu untuk menabung.

     

  • Cari Penghasilan Tambahan

    Apabila kamu memiliki penghasilan yang relatif kecil, lalu kamu sudah berhemat dan membuat akhirnya kamu kesulitan untuk menabung. Maka, pastikan untuk mencari penghasilan tambahan sebagai alternatifnya.

    Penghasilan tambahan ini bisa didapatkan dengan mencari sampingan pekerjaan seperti menjadi guru privat, mengelola blog, menulis hingga menjadi admin sosial media untuk sebuah produk.

     

  • Mulai Melakukan Investasi

    Rasanya susah saat ingin mulai menabung tapi kita harus dihadapkan juga dengan memulai investasi. Tenang, mudah kok! Seiring perkembangan zaman yang serba mengandalkan digitalisasi sekarang banyak instrumen investasi yang dapat dimulai dengan modal yang relatif sangat rendah bahkan kurang dari Rp100 ribu.

    Contoh investasi yang dimaksud seperti Saham, Reksadana, Emas hingga P2P Lending. Namun, untuk memulai investasi pastikan kamu memahami risiko dari investasi yang dipilih ya.

     

  • Konsisten

    Apapun halnya, konsisten adalah aspek paling penting untuk mencapai tujuan tersebut. Tentunya, saat menabung itu akan ada hambatan yang dapat mengurungkan niat kamu dalam mencapai tujuan tersebut tetapi  jika kamu sudah konsisten, maka kamu akan terbiasa untuk melakukannya.

     

  • Melakukan Pemantauan Tabunganmu

Terus melakukan pemantauan pada tabunganmu hal ini dimaksudkan agar dapat mengevaluasi dari tabungan yang sudah ada. Tentu seiring waktu akan ada prioritas kita yang berubah dengan melakukan monitoring atau pemantauan secara rutin juga dapat membuat kita mengetahui apakah kita sudah on track atau belum.

 

Nah itulah tips atau cara menabung yang baik dan bisa diterapkan kamu saat ingin mulai menabung. Apabila nantinya tujuanmu sudah tercapai, tetap menjaga kebiasaan menabung ini ya agar kamu memiliki bekal di masa depan.

Buat kamu yang sedang mencari produk tabungan yang cocok untuk kamu, Danamon memiliki berbagai macam produk tabungan sesuai dengan kebutuhan kamu. Mulai dari tabungan anak, tabungan masa depan, tabungan pendidikan hingga tabungan hari tua. Yuk mulai persiapkan masa depan bersama Danamon.