Ingat Ini! 7 Cara Menabung yang Efektif untuk Beli Rumah

Membeli rumah memang membutuhkan dana serta pemahaman yang baik terkait harga properti. Hal tersebut dikarenakan tingginya harga hunian di kota-kota besar yang terus meningkat setiap tahunnya. Ditambah lagi banyaknya orang yang kesulitan untuk mempersiapkan dananya untuk DP rumah sehingga membuat orang kembali mengurungkan niatnya untuk membeli rumah pertamanya.

Semua hal tersebut bisa diatasi dengan mengetahui bagaimana cara menabung untuk beli rumah yang efektif. Tentu menabung menjadi salah satu solusi terbaik saat ingin membeli rumah pertamamu. Yuk lihat tips dan caranya di sini!


Cara Menabung untuk Beli Rumah

  • Tetapkan Tujuan

    Niat dan tujuan menjadi 2 hal yang paling penting saat ingin memulai sesuatu. Ingat! Membeli rumah bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan, terutama jika dibarengi dengan tekad dan kemauan yang kuat untuk mencapai tujuan tersebut.

    Harapannya dengan tekad yang kuat, kamu tidak lagi mudah untuk tergoda dalam menghamburkan uang dan lebih memilih untuk bijak dalam menggunakan uang yang ada.


  •  Melunasi Tagihan dan Ubah Gaya Hidup

    Melunasi tagihan juga menjadi hal yang wajib kamu lakukan agar dapat mempermudah kamu menabung untuk beli rumah. Dengan melunasi tagihan atau utang yang ada diharapkan fokus kamu tidak terbagi antara membayar tagihan yang ada dengan menabung.

    Begitu juga dengan mengubah gaya hidup untuk lebih hemat. Kamu bisa mulai menerapkannya dengan hal-hal seperti membuat catatan keuangan baik itu untuk pemasukan maupun pengeluaran.

     Apabila kedua hal ini sudah dilakukan tentu proses kamu membeli rumah akan lebih mudah dan cepat.

     

  • Membuat Dua Rekening

    Salah satu cara menabung untuk beli rumah lainnya yang bisa kamu ikuti adalah dengan memiliki dua rekening yang berbeda. Tujuannya agar kamu dapat mengontrol pengeluaranmu dengan lebih rinci.

    Artinya dengan adanya dua rekening yang berbeda kamu juga memisahkan antara tabungan untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan untuk beli rumah. Hal ini akan membuat proses menabung kamu jauh lebih efektif jika dibandingkan hanya menggunakan satu rekening.

     

  • Menabung Saat Mendapatkan Penghasilan

    Ketika kamu mendapatkan uang baik itu dari gaji bulanan, hasil usaha maupun dari penghasilan sampinganmu pastikan untuk langsung menyisihkan sebagian untuk ditabung. Hal ini harus dibiasakan dan diterapkan secara rutin.

     Kamu bisa mulai menyisihkan 20%-30% dari pendapatan kamu, lalu disisihkan pada rekening yang berbeda.

     

  • Melakukan Investasi

Investasi juga dapat membantu kamu mencapai tujuan untuk beli rumah dengan lebih mudah. Kamu dapat memulai investasi dengan instrumen investasi yang modal awalnya relatif kecil dan tentunya memastikan untuk memilih investasi risiko rendah.

Beberapa pilihan instrumen investasi yang bisa kamu pilih diantaranya seperti reksadana, deposito, P2P Lending dan lainnya. Yang terpenting adalah memastikan risiko saat ingin memulai investasinya ya.

 

  • Gunakan KPR Danamon

Terakhir adalah memiliki tempat yang mudah, aman dan terpercaya seperti Danamon. Saat kamu sudah memiliki uang down payment (DP) untuk pengajuan pembelian rumah namun salah dalam memilih tempatnya.

Produk Danamon KPR merupakan fasilitas pembiayaan yang diterbitkan oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk dengan agunan properti, dengan jangka waktu angsuran minimal 1 (satu) tahun dan maksimal 20 (dua puluh) tahun. Suku bunga produk Danamon KPR adalah fixed pada periode tertentu, kemudian floating pada periode selanjutnya (ketentuan jangka waktu dan suku bunga dapat berbeda sesuai dengan jenis produk dan tujuan pembiayaan).

Manfaat dari Danamon KPR juga dapat membantu mempermudah nasabah dalam pembiayaan pembelian rumah, ruko, apartemen, renovasi rumah, konstruksi rumah, villa, dengan beragunan properti, melalui berbagai pilihan produk dan karakteristik.

Pembiayaan untuk pembelian rumah / ruko / rukan / rumah usaha / asrama baik baru maupun bekas, serta bangunan dalam kondisi ready stock maupun indent. Maksimal pinjaman juga hingga Rp15 miliar dan jangka waktu angsuran 1 – 20 tahun.

Tunggu apalagi sudah tahu kan cara menabung untuk beli rumah? Yuk mulai gampai impianmu Sekarang juga!