Mudah Kok! 5 Tahapan dan Cara Membuat Kartu Kredit

Kata siapa kartu kredit hanya bisa didapatkan dari penawaran? Padahal nyatanya cara membuat kartu kredit sangat mudah dan gampang! Mulai dari mengajukan secara online hingga datang ke cabang bank yang kamu pilih semuanya dapat dilakukan dengan mudah.

Hadirnya kartu kredit ini memang membuat proses transaksi yang dilakukan menjadi lebih mudah dan gampang. Karenanya, banyak orang yang akhirnya tertarik membuat kartu kredit. Nah, untuk kamu yang tertarik ingin memilikinya namun belum tahu cara membuat kartu kredit. Di bawah ini kita akan bahas selengkapnya ya.

 

Tahapan dan Cara Membuat Kartu Kredit

Untuk kamu yang ingin membuat kartu kredit, perlu diketahui bahwa ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu secara online dan offline. Apabila kamu memilih mengajukan pembuatannya secara online, maka kamu dapat langsung mengunjungi website bank yang kamu pilih. Lalu, mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan dan ikuti langkahnya. Selanjutnya apakah diterima atau tidak akan dikabari oleh pihak bank dalam beberapa hari ke depan.

Sedangkan untuk kamu yang memilih untuk membuat kartu kredit secara offline atau langsung, maka harus mengikuti cara-cara ini.

  • Menyiapkan Dokumen yang Diperlukan

Perlu diketahui bahwa setiap bank tentunya memiliki persyaratan yang berbeda-beda dalam pengajuan kartu kredit. Namun, biasanya beberapa syarat ini pastinya dibutuhkan untuk pengajuan yang kamu ajukan:

  1. Fotokopi KTP/Paspor
  2. Fotokopi NPWP
  3. Fotokopi penghasilan atau slip gaji (minimal Rp 3.000.000/bulan)
  4. Fotokopi buku tabungan (selama 3 bulan terakhir)
  5. Surat keterangan perusahaan (SKP, diberikan oleh pihak kantor tempat bekerja)

Dokumen tambahan lainnya biasanya akan dilakukan pengecekan apakah kamu memiliki riwayat kredit yang baik atau tidak. Selain itu, jika kamu sebelumnya atau saat itu memiliki kartu kredit lainnya tentu mereka akan meminta riwayat penggunaan kartu kredit dalam kurun 1 bulan terakhir.

  • Mengunjungi Kantor Cabang Bank yang Dipilih

Apabila kamu sudah memilih untuk mengajukannya secara langsung datang ke cabang bank terdekat, maka pastikan untuk bertanya-tanya terkait penggunaan, jenis kartu kredit, berapa cicilan, biaya-biaya, proses dan lainnya terkait kartu kredit.

Hal ini dimaksudkan agar nantinya dapat meminimalisir adanya miss komunikasi dalam penggunaan kartu kreditnya.

  • Mengisi Formulir Sekaligus Menyerahkan Persyaratannya

Setelah sudah cukup jelas terkait informasinya, pastikan untuk mengisi formulir dengan lengkap serta menyerahkan formulir yang sudah diisi kepada pihak bank.

  • Proses Interview

Jika berkas yang kamu berikan sudah diterima dan sudah diproses oleh pihak bank, sesi terakhir yang harus kamu ikuti adalah melakukan interview dengan pihak bank.

Terkait pertanyaan yang akan diajukan oleh pihak bank biasanya akan berhubungan dengan data serta kelengkapan dokumen yang sudah kamu berikan. Contoh pertanyaan yang akan diajukan biasanya seperti:

 “Mengapa kamu membutuhkan kartu kredit?”

 “Apakah ada cicilan lainnya di luar dari kartu kredit?”

 “Apakah sanggup dalam pembayaran kartu kredit dengan bunga yang sudah ditentukan?”

 Dari hasil interview inilah yang biasanya akan menentukan kamu akan mendapatkan kartu kredit atau tidak dan limit yang akan didapatkan.

 

  • Menunggu Kabar

Setelah proses interview, maka kamu akan diberikan waktu menunggu kabar dari pihak bank yang biasanya hingga beberapa hari ke depan. Apabila kamu belum mendapatkan kabar dari pihak bank hingga 2 minggu atau 14 hari, kamu dapat melakukan konfirmasi kembali untuk memastikan pengajuan yang sudah diajukan diterima atau tidak.

 Apabila sudah diterima kamu akan dikabari dan biasanya akan dikirimkan ke alamat yang sesuai dengan yang sudah kamu berikan kepada mereka.

 

Kartu Kredit Danamon

Nah, untuk kamu yang ingin memiliki kartu kredit dengan persyaratan serta pengajuan yang mudah dan tentunya dengan penawaran bunga yang menarik.

Kartu Kredit Danamon hadir untuk memberikan kamu kemudahan dalam melakukan transaksi dan menikmati gaya hidup modern. Gunakan untuk transaksi belanja, membayar tagihan bulanan, transfer dana ataupun tarik tunai. Kami akan selalu memberikan Anda kemudahan, kenyamanan serta promo menarik yang beragam sepanjang tahun.

Ingat! Pastikan saat menggunakan kartu kredit dapat membantu pengelolaan keuangan yang lebih baik, bukan malah membuat keuanganmu menjadi semakin sulit ya. Pertimbangkan segala biaya-biaya serta peraturan yang ada sehingga terhindar dari risiko terlilit utang kartu kredit.