4 Kelebihan Tabungan Syariah Bank Danamon

Dalam dunia perbankan di Indonesia, ada dua jenis tabungan yang sering ditemui. Tabungan syariah dan tabungan konvensional. Tabungan syariah bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin simpan uang dengan tujuan bebas riba. 

Secara garis besar, tabungan syariah tidak nggak jauh berbeda dari tabungan konvensional. Fungsinya sama-sama untuk menyimpan uang yang biasanya berasal dari upah kerja, gaji, atau hasil bisnis. Yang membedakan tabungan syariah dan konvensional terletak pada sistem kerja dan tujuan simpanannya. Misalnya saja tabungan syariah yang dimanfaatkan untuk tujuan berkurban, tabungan umroh, tabungan haji atau cuma simpanan biasa. Dalam tabungan syariah tidak ada istilah riba karena penerapan sistem bunga sifatnya haram menurut agama Islam. 

Akad Dalam Tabungan Syariah

Berdasarkan penjelasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Indonesia, produk tabungan syariah biasanya terbagi jadi dua jenis akad, yaitu akad Mudharabah dan Wadi’ah.

Akad Mudharabah adalah jenis tabungan dengan perhitungan bagi hasil pada keuntungannya. Misal, kamu punya uang tabungan Rp10 juta dan ingin ditabung dengan akad Mudharabah, lalu bank menjanjikan 10% imbalan dari hasil tabungan tersebut. 

Sedangkan akad Wadi’ah merupakan jenis tabungan yang disebut sebagai titipan. Artinya uang yang disimpan di bank cuma berupa titipan sehingga kamu sebagai nasabah nggak akan dapat keuntungan tapi berupa bonus yang tidak mengikat. 

Kamu sedang mencari tabungan syariah yang menguntungkan? Daftar tabungan syariah dari Bank Danamon aja! Bank Danamon menyediakan produk tabungan syariah dengan sistem pengelolaan dana transparan sesuai dengan prinsip Syariah yang dianjurkan dalam Islam. Adapun keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki tabungan syariah Danamon.

1. Fitur autodebet, nabung jadi rutin 

Kalau kamu punya tujuan yang pasti untuk apa tabungan syariahmu ini, maka tabungan syariah Danamon adalah pilihan yang tepat. Misal, kamu ingin buka tabungan untuk ibadah Qurban. Tentukan target nominal yang diinginkan selanjutnya, biarkan tabungan syariah melakukan autodebet dari rekening sumber ke rekening tabungan syariah kamu. Adanya fitur autodebet ini membuat kamu jadi lebih disiplin dalam menabung sehingga tujuan finansial kamu lebih cepat tercapai. 

2. Bebas tentukan jangka waktu

Selain bebas menentukan nominal tabungan yang diinginkan tiap bulannya, kamu juga bisa bebas tentukan jangka waktu yang diinginkan. Misalnya kamu ingin menabung untuk Qurban sapi dalam jangka waktu satu tahun senilai Rp17.000.000. Maka kamu bisa atur jangka waktu selama 12 bulan dengan nominal tabungan 1,4 juta setiap bulannya. 

3. Aman dan nyaman

Tabungan syariah ini sudah pasti aman dan nyaman karena Bank Danamon bekerjasama dengan berbagai lembaga keuangan terpercaya untuk membantu mewujudkan rencana mulia kamu. Kamu nggak perlu khawatir uang tabungan kamu melayang begitu saja sebelum tanggal jatuh tempo. 

4. Bebas biaya bulanan

Kalau menabung dengan tabungan konvensional, kamu akan dikenakan biaya administrasi. Khusus menabung di tabungan syariah Bank Danamon, kamu bisa bebas biaya administrasi, cek saldo, dan tarik tunai. Kamu juga bebas biaya transfer ke bank lain melalui ATM Prima, Bersama, ALTO, ATM Danamon, dan mobile banking Bank Danamon. 

Nah itu tadi keuntungan tabungan syariah Bank Danamon yang bisa kamu nikmati. Selain tabungan syariah, Bank Danamon juga menyediakan instrumen investasi syariah lainnya seperti Deposito Syariah dengan pilihan tenor bulanan atau (On Call). Yuk, buka tabungan syariah di Bank Danamon!


BERITA TERPOPULER