Begini Cara Memulai Investasi Reksa Dana Bagi Pemula

Dalam menyongsong masa depan, kekuatan ekonomi pribadi adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan agar masalah keuangan tidak datang dan mengganggu kehidupan Anda. Biasanya ketika sudah dewasa, maka bekerja di sebuah kantor adalah cara pertama dalam mendapatkan pondasi keuangan yang baik.

Namun, di dalam praktiknya, tidak semua orang merasa cukup dengan hidup hanya mengandalkan pendapatan dari gaji bulanan saja. Terkadang perlu juga melakukan investasi agar bisa mendapatkan uang yang jauh lebih banyak lagi.

Salah satu investasi yang saat ini marak dipilih ada reksa dana. Reksa dana adalah sebuah wadah untuk mendapatkan dana dari para investor, yaitu Anda sendiri. Lalu, dana yang sudah terkumpul itu akan diinvestasikan oleh manajer investasi. Reksa dana ini memiliki berbagai macam jenis seperti reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, dan masih banyak lagi.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai investasi reksa dana agar aman dari masalah, khususnya bagi para pemula. Berikut penjelasannya.

Tetapkan target investasi reksa dana

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan terlebih dahulu target investasi reksa dana Anda. Ya, dalam berinvestasi, tentu saja Anda harus memiliki target pribadi yang nantinya akan memotivasi Anda untuk terus bergerak dan mau menanam modal. Dengan adanya target, Anda tidak akan merasa sia-sia ketika melakukan investasi. Target investasi ini juga akan menjadi penentu reksa dana jenis apa yang nantinya akan Anda ambil.

 

Memilih jenis reksa dana sesuai kebutuhan

Hal kedua yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis reksa dana mana yang mau Anda ambil karena semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang risiko kecil, ada juga yang risiko besar. Ada juga yang jangka waktu investasinya hanya satu tahun, ada juga yang jangka waktu investasinya hingga tiga tahun. Begitu juga dengan keuntungan yang nantinya akan Anda dapatkan. Untuk itu, Anda harus melihat terlebih dahulu kebutuhan Anda sendiri agar jenis reksa dana yang nantinya dipilih sudah tepat sasaran.

Pahami cara kerja investasi reksa dana

Bagi para pemula, investasi reksa dana memang akan sedikit membingungkan, tapi kalau dipelajari, sebenarnya sangatlah mudah. Untuk itu, Anda perlu memahami terlebih dahulu cara kerja investasi reksa dana. Dengan mempelajarinya, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih detail dan Anda tidak akan merasa kebingungan di kemudian hari.

Melakukan pembelian secara konsisten

Di dalam melakukan investasi reksa dana, Anda sebaiknya jangan hanya melakukan investasi satu kali saja. Pada dasarnya, reksa dana itu seperti menabung yang tentunya perlu dilakukan secara konsisten agar hasil yang didapatkan lebih baik. Tapi sebelum melakukan hal ini, Anda harus benar-benar memahami reksa dana sehingga Anda tidak mendapatkan kerugian besar.

 

Pilih manajer investasi tepercaya

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah memilih manajer investasi yang terpercaya. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan agar tidak salah pilih manajer investasi. Pertama, Anda harus memilih manajer investasi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar pihak OJK sudah menjamin kualitas dari manajer investasi tersebut. Cara yang kedua adalah Anda juga sebaiknya mencari tahu dari beberapa investor lainnya yang sudah memakai jasa manajer investasi tersebut, apakah tepercaya atau tidak.

Cara lain serta merupakan cara paling tepat adalah menggunakan Danamon Reguler Investment Plan (DRIP)  yang menyediakan berbagai kelebihan dan kemudahan bagi Anda yang baru memulai investasi reksa dana. Dengan memilih DRIP, Anda sudah pasti mendapatkan hasil investasi yang maksimal.

Sudah membaca lima poin di atas? Tunggu apa lagi, segera lakukan investasi reksa dana agar masa depan Anda lebih cerah.


BERITA TERPOPULER