Agar Tidak Kena Bunga, Inilah 4 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Ketika Anda sudah memiliki pekerjaan dan bisa membiayai hidup sendiri, memiliki kartu kredit adalah salah satu hal yang menyenangkan sekaligus sedikit menakutkan. Kenapa demikian? Karena banyak sekali berita tidak sedap tentang kartu kredit yang tentunya sangat merugikan jika terjadi di dalam kehidupan Anda.

Dari tagihan yang membengkak, tidak mampu membayar tagihan, hingga dicari-cari oleh debt collector karena utang yang menumpuk menjadi cerita menyeramkan yang membuat banyak orang tidak tertarik dengan kartu kredit. Tidak hanya soal itu saja, masalah bunga pun bisa menghantam Anda jika tidak bijak gunakan kartu kredit. Untuk hal itu, Anda bisa mengikuti empat cara ini agar tidak terkena bunga yang sangatlah merugikan.

Perhatikan tanggal cetak tagihan dan jatuh tempo

Ketika Anda memiliki kartu kredit dan memakainya, pasti akan ada tagihan yang datang kepada Anda setiap bulannya. Agar tidak terkena bunga, Anda harus memperhatikan tanggal cetak tagihan karena dengan memperhatikan tanggal tersebut, Anda bisa mengetahui kapan tagihan tersebut keluar.

Masalah tanggal cetak tagihan ini saling berkesinambungan dengan tanggal jatuh tempo karena setiap bulannya, Anda akan diberikan batas waktu pembayaran tagihan. Jika tidak membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo, kerugian besar menghampiri Anda karena Anda akan terkena bunga yang cukup besar.

 

Biasakan membayar penuh tagihan

Tidak hanya memperhatikan tanggal cetak tagihan dan jatuh tempo, Anda juga harus membiasakan membayar penuh tagihan yang ada tiap bulannya. Sikap seperti ini harus Anda tanamkan di dalam diri karena banyak sekali keuntungan yang bisa Anda rasakan. 

Selain Anda tidak harus merasa dikejar-kejar utang setiap waktu, Anda juga bisa merasa lega karena Anda akan memiliki alokasi dana yang bisa dipakai untuk hal lainnya tanpa perlu kepikiran belum membayar tagihan kartu kredit. Dengan membayar tagihan secara penuh, itu juga menunjukkan sikap yang bertanggung jawab.

Aktifkan autodebit

Saat memiliki kartu kredit, banyak yang beranggapan kalau kartu ini menjadikan Anda memiliki utang. Padahal tidak demikian. Dengan kartu kredit, itu sama saja memudahkan Anda dalam proses membayar.

Bagi yang tidak ingin terkena tagihan yang menumpuk tiap akhir bulan, Anda bisa mengaktifkan fitur autodebit yang tersedia di dalam kartu kredit seperti Kartu Kredit Danamon. Dengan sistem autodebit, secara otomatis saldo Anda akan dipotong dengan tagihan yang ada. Hal ini membuat Anda lebih mudah dalam membayar tagihan sekaligus membuat Anda tidak menunda-nunda dalam membayar tagihan yang wajib dilakukan tiap bulannya.

Bayar penuh atau tidak bayar Outstanding Balance

Di dalam peraturan menggunakan kartu kredit, sudah dijelaskan dari awal kalau ada biaya Outstanding Balance jika Anda tidak melunasi tagihan kartu kredit tiap bulannya. Sayangnya tidak semua orang memerhatikan hal itu, padahal hal ini sangat wajib untuk diperhatikan.

Demi kebaikan Anda sendiri, Anda sebaiknya membayar penuh tiap tagihan yang ada karena jika tidak, biaya outstanding balance itu akan menumpuk dengan sendirinya dan akan merugikan untuk Anda pada masa mendatang.

Bagi yang ingin memiliki kartu kredit, bisa gunakan Kartu Kredit Danamon untuk transaksi berbelanja, membayar tagihan bulanan, transfer dana, dan juga tarik tunai. Segera gunakan layanan terbaik dari Bank Danamon yang bisa memberikan kemudahan untuk Anda dalam bertransaksi setiap harinya.


BERITA TERPOPULER