Waspadai 5 Penyakit yang Rawan Muncul Saat Musim Hujan

Musim hujan menjadi saat yang harus diwaspadai karena menjadi waktu bagi virus dan bakteri berkembang dengan lebih cepat. Jika daya tahan tubuh tidak prima, bukan tidak mungkin Anda akan terserang penyakit musim hujan. Untuk itulah, penting untuk Anda mengetahui penyakit saat musim hujan agar tahu pencegahan dan penanganannya. Apa sajakah penyakit tersebut?

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Deman berdarah dengue adalah penyakit saat musim hujan yang bisa menyerang baik anak-anak maupun orang dewasa. Meski lebih banyak disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti, namun DBD bisa juga menular dari satu penderita ke orang lain jika kondisi daya tahan tubuh orang tersebut sedang menurun. Jadi, bisa dikatakan bahwa DBD merupakan penyakit musim hujan yang bisa menular dan Anda patut waspada. 

Jika Anda mengalami panas tinggi selama beberapa hari, dengan disertai nyeri sendi dan otot, waspada gejala tersebut adalah gejala DBD. Begitu juga ketika suhu tubuh Anda naik turun dalam beberapa hari. Ada baiknya segera periksakan kondisi ini agar tidak terlambat penanganan karena DBD bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diobati dengan tepat.

Malaria

Penyakit yang awalnya dari Papua Barat, Papua, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Maluku Utara ini disebabkan oleh infeksi parasit plasmodium yang dibawa oleh nyamuk anopheles. Pada musim hujan, peningkatan penyebaran wabah malaria meningkat seiring dengan perkembangan parasit yang semakin meningkat dalam kondisi yang lembab. Anda harus waspada terhadap berbagai macam gigitan nyamuk di musim hujan agar terhindar dari penyakit malaria maupun DBD.

Tipes

Mengonsumsi makanan yang terinfeksi bakteri Salmonella typhi akan membuat Anda mengalami gejala demam tinggi, muntah, diare, kehilangan nafsu makan, dan dehidrasi. Infeksi bakteri ini diawali dari makanan maupun minuman yang terkontaminasi kotoran manusia. Agar Anda tidak terkena penyakit tipes saat musim hujan, ada baiknya untuk selalu menjaga kebersihan tangan sebelum makan dan banyak minum air putih.

 

Flu

Flu atau influenza adalah penyakit musim hujan yang paling sering menyerang. Daya tahan tubuh yang menurun akibat kelelahan dan cuaca yang lembab tentu bukan perpaduan yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Penyakit saat musim hujan ini penularannya sangat cepat. Anda bisa dengan mudah tertular flu jika melakukan kontak dengan penderita. Terlebih bila Anda berada di ruangan yang sama dengan penderita flu yang sedang bersin atau batuk. Penularannya akan semakin cepat. Meski flu adalah penyakit yang umum diderita, namun sebaiknya Anda tidak menyepelekan kondisi ini agar pekerjaan tidak terganggu.

Untuk mencegahnya, Anda bisa memperbanyak minum air putih dan menambah asupan vitamin C. Usahakan untuk makan sajian yang hangat untuk mengurangi gejala yang timbul. Jika flu sudah menyerang, ada baiknya Anda istirahat sejenak untuk memulihkan kondisi.

Leptospirosis

Hati-hati ketika bagian tubuh Anda bersentuhan dengan genangan air, tanah basah, dan tanaman di jalan karena siapa tahu ada bakteri Leptospira interrogans. Bakteri ini merupakan penyebab penyakit leptospirosis atau yang lebih dikenal dengan kencing tikus. Leptospira interrogans disebarkan oleh tikus melalui kencing. Di samping tikus, hewan pengerat lain seperti anjing, babi, sapi, dan reptile juga berpotensi menularkan penyakit yang sama.

Sekilas, penyakit musim hujan memang terlihat menakutkan. Namun, jika Anda memperhatikan pola makan seimbang dan selalu menjaga kebersihan diri serta lingkungan, maka penyakit saat musim hujan tidak akan menyerang. Semoga Anda sehat selalu!


BERITA TERPOPULER