6 Tips Belanja Aman Saat Harbolnas Agar Tidak Kalap

Sejumlah promo potongan harga menarik pasti sudah disiapkan oleh e-commerce Indonesia saat Harbolnas 11.11. Anda pun sebagai customer pastinya juga sudah tidak sabar menunggu hari ini karena terbayang bisa membeli barang yang diinginkan dengan harga yang lebih murah. Meski demikian, jangan sampai uang Anda terkuras habis karena iming-iming harga murah. Atau yang lebih menakutkan adalah terkena penipuan yang dilakukan oleh toko online tersebut. Pasti Anda tidak ingin hal ini terjadi. Untuk itu, simak tips belanja Harbolnas berikut ini!

Berbelanja di situs terpercaya

Saat ini, di Indonesia banyak situs e-commerce yang menawarkan berbagai macam produk. Tentunya, saat Harbolnas 11.11, semua situs ini akan berlomba-lomba memberikan diskon untuk barang-barang yang mereka jual. Dari sekian banyak situs, pastikan bahwa tempat Anda berbelanja online merupakan situs yang terpercaya. Jangan sampai terkena penipuan yang dilakukan oleh e-commerce saat Harbolnas 11.11. Tak jarang, ada beberapa situs belanja online yang sengaja menaikkan harga terlebih dahulu, untuk kemudian dilabeli diskon tertentu saat Harbolnas.

 

Perhatikan review dan rating toko online

Untuk melihat apakah situs e-commerce yang akan dijadikan tempat belanja online termasuk kredibel atau tidak, cobalah lihat pada review dan rating toko online tersebut. Jangan sampai, karena tergoda dengan diskon besar dan harga barang yang menjadi sangat murah, Anda membeli di tempat yang salah. Jika rating dan review toko online tersebut jelek, maka kualitas barang yang dijual pun juga tidak bagus. Bisa saja, dibalik diskon besar dan harga barang yang sangat murah saat Harbolnas 11.11, ternyata produk tersebut adalah barang palsu. 

Jangan malas melakukan perbandingan harga

Tips belanja Harbolnas agar tetap hemat adalah dengan rajin-rajin melakukan perbandingan harga dari sekian banyak situs toko online yang ada di Indonesia. Anda bisa membandingkan terlebih dahulu harga barang-barang di situs e-commerce saat sebelum Harbolnas 11.11. Hal ini untuk mengetahui apakah toko online tersebut benar-benar memberi diskon atau hanya pura-pura memberi harga murah setelah menaikkan harga jualnya. Lebih gampang lagi jika Anda sudah memiliki situs langganan. 

 

Tetapkan anggaran belanja

Agar dompet tidak jebol saat menghadapi hari belanja online nasional, buatlah anggaran biaya untuk dibelanjakan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kalap membeli semua barang diskonan tersebut. Patoklah berapa nominal yang akan digunakan untuk Harbolnas 11.11. Usahakan nominal ini tidak melebihi dari anggaran belanja yang biasa Anda lakukan setiap bulannya. 

Beli barang sesuai kebutuhan

Akan lebih baik bagi kesehatan keuangan jika Anda membeli barang yang memang sedang atau akan dibutuhkan dalam waktu dekat. Belilah barang yang memang sifatnya urgent terlebih dahulu. Baru kemudian barang yang sudah lama diinginkan. Sebagai contoh, dahulukan membeli skincare yang memang sudah habis, baru membeli outfit yang menjadi incaran. 

 

Pilih metode pembayaran yang aman

Pembayaran melalui transfer dianggap lebih aman untuk dilakukan daripada melalui kartu kredit. Tips belanja Harbolnas ini akan sangat bermanfaat bagi keamanan kantong Anda karena untuk menjaga limit kartu kredit agar tidak langsung habis dibelanjakan. Setelah melakukan pembayaran, jangan lupa juga menyimpan bukti pembayaran serta cek selalu proses pengiriman barang pesanan Anda.

Salah satu cara aman melakukan pembayaran di harbolnas 11.11. adalah melalui Danamon Online Banking yang menyediakan layanan transaksi perbankan melalui internet. Nikmati kemudahan fitur layanan di Danamon Online Banking untuk berbelanja di situs e-commerce favorit Anda. Semoga tips belanja harbolnas di atas bisa bermanfaat!


BERITA TERPOPULER