Strategi Membeli Rumah Sesuai Gaji Agar Pengajuan KPR Disetujui

Hampir semua orang bermimpi mempunyai rumah sendiri. Namun untuk mewujudkan mimpi tersebut, diperlukan kerja keras dan perjuangan mengingat harga rumah yang terbilang mahal. Besarnya biaya yang diperlukan untuk membeli rumah membuat sebagian besar orang mempertimbangkan penggunaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Masalahnya, mendapatkan persetujuan pengajuan KPR ke bank bukanlah perkara mudah.

Jadi, ada baiknya Anda membeli rumah sesuai gaji. Lantas, bagaimana strategi membeli rumah sesuai gaji agar pengajuan KPR Anda disetujui? Simak informasi berikut ini! 

Miliki rekening tabungan aktif

Strategi membeli rumah sesuai gaji agar pengajuan KPR Anda disetujui yang pertama adalah dengan memiliki rekening tabungan aktif. Umumnya, setiap pekerja mempunyai rekening sebagai sarana menabung dan pemindahan uang yang mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Memiliki rekening tabungan aktif sangat penting karena bank membutuhkan bukti tertulis mengenai pendapatan yang dihasilkan setiap bulan untuk menetapkan nominal pinjaman yang mampu dibayar pemohon. Jika Anda mempunyai rekening sehat, pengajuan KPR akan disetujui selama berkas lainnya juga terdata dengan baik.

 

Memiliki riwayat kredit yang sehat

Agar pengajuan KPR Anda disetujui, Anda juga harus memiliki riwayat kredit yang sehat. Tidak masalah mempunyai riwayat kredit, asalkan proses pembayaran kredit yang Anda miliki berjalan dengan aman dan lancar. Tidak masalah pula jika riwayat kredit yang Anda miliki tidak relevan karena perjalanan kredit tersebut bisa tetap menjadi referensi bagi bank untuk melacak kepatuhan Anda sebagai calon pemohon dalam membayar cicilan KPR yang telah disetujui.

Cari tahu info KPR secara mendetail

Anda perlu mencari tahu informasi terkait KPR secara mendetail agar pengajuan KPR Anda disetujui. Kumpulkanlah berbagai informasi mengenai layanan KPR yang ingin Anda ajukan agar Anda dapat mempersiapkan hal-hal yang diperlukan. Mencari tahu informasi KPR secara mendetail akan membantu Anda mengetahui sejak awal segala informasi, mulai dari persyaratan hingga ketentuan yang ada. Cara mengakses informasi KPR ini pun tidaklah susah. Anda bisa mendapatkannya langsung melalui bank tujuan atau mencari informasi secara online pada website resmi bank yang bersangkutan.

 

Persiapkan dokumen persyaratan lengkap

Cara mengajukan KPR selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan dokumen persyaratan lengkap. Anda harus memastikan bahwa semua persyaratan yang diminta oleh bank sudah terpenuhi dengan baik, karena dokumen persyaratan lengkap sangat berpengaruh terhadap disetujui tidaknya pengajuan KPR Anda. Sebagai salah satu komponen dalam pengambilan keputusan, Anda sebaiknya tidak terburu-buru dalam melakukan pengajuan KPR. Ajukanlah KPR saat Anda sudah bisa memenuhi setiap persyaratan yang tersedia untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Perhatikan usia ideal pengajuan KPR

Satu lagi cara mengajukan KPR yang perlu Anda perhatikan, yaitu usia ideal. Usia Anda dapat menentukan panjang pendeknya tenor cicilan yang bisa diambil. Usia ideal pengajuan KPR adalah di bawah 40 tahun. Kenapa? Bank umumnya enggan meloloskan KPR saat pemohon berusia lebih dari 40 tahun karena kekhawatiran ketidakmampuan pemohon secara umur dan finansial untuk melunasi KPR dengan tenor 30 tahun. Jadi, sebaiknya mulailah mengajukan KPR saat Anda masih dalam usia produktif. Usia minimum mengajukan KPR adalah 21 tahun atau sudah menikah.

Siapkanlah berbagai hal yang berkaitan dengan pengajukan KPR Anda agar kemungkinan disetujui pengajuan KPR semakin besar. Anda juga bisa mempertimbangkan KPR Danamon yang menawarkan banyak kelebihan, mulai dari tenor pinjaman hingga 20 tahun, pembiayaan maksimal 70% dari harga properti, hingga pencairan pinjaman dalam 14 hari. Semoga bermanfaat!


BERITA TERPOPULER