Hari Pelanggan Nasional: Yuk, Lakukan 5 Hal Ini untuk Jadi Pelanggan yang Lebih Cerdas!

Setiap tanggal 4 September, masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pelanggan Nasional. Peraturan mengenai Hari Pelanggan Nasional sendiri telah ditetapkan oleh pemerintah lewat Keputusan Presiden No. 13 Tahun 2012. Lantas, sebagai seorang pelanggan, sudahkah Anda menjadi pelanggan cerdas?

Apa saja yang perlu dilakukan untuk menjadi pelanggan cerdas? Berikut beberapa poin penting yang bisa Anda simak dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rajin membandingkan produk

 

Sebagai pelanggan cerdas, tentu langkah awal yang perlu dilakukan sebelum membeli sebuah produk atau barang adalah dengan membandingkan harga. Dengan membandingkan produk tersebut, Anda akan lebih menghargai diri sendiri dan menghindari konsekuensi keuangan. Membandingkan di sini tidak cuma dari segi harga, melainkan juga kualitas, kuantitas dan testimoni dari pelanggan.

Untuk membandingkan produk satu dengan yang lain, Anda bisa mengunjungi situs jual-beli online. Di sana Anda bisa melihat harga-harga yang ditawarkan. Bila Anda sudah menemukan harga yang cocok, maka produk tersebut bisa Anda beli. Dalam membandingkan, jangan hanya terpaku satu atau dua situs jual beli saja. Sebaiknya paling tidak lakukanlah perbandingan di tiga situs online yang berbeda.

Membeli sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial

 

Terkadang di Hari Pelanggan Nasional, seseorang akan lebih mudah tergoda oleh diskon besar-besaran yang diberikan penjual, baik di toko online maupun offline. Alhasil, banyak yang membeli produk hanya berdasarkan keinginan dan bukan kebutuhan. Padahal, antara keinginan dan kebutuhan itu merupakan hal yang berbeda. Contohnya keinginan adalah bila ingin membeli gadget baru namun yang lama masih bisa digunakan. Namun, gadget ini akan menjadi kebutuhan yang perlu dibeli saat yang lama sudah rusak atau tidak bisa digunakan lagi.

Selain itu, ketika diskon besar-besaran, seseorang juga lupa mengukur kemampuan finansial. Sering kali konsumen hanya membeli barang karena emosi sesaat dan tanpa pertimbangan matang. Bahkan cenderung sering memaksakan diri membeli barang tersebut meskipun kemampuan finansial dinilai masih kurang. Bila hal ini Anda lakukan, maka pengeluaran pun akan membengkak.

Catat tanggal penting pelanggan

 

Untuk menjadi pelanggan cerdas, ada baiknya Anda mencatat tanggal-tanggal penting mengenai kewajiban sebagai seorang pelanggan. Misalnya saja Anda memiliki cicilan kartu kredit, cicilan kendaraan, hingga cicilan KPR. Catatlah kapan tanggal jatuh tempo dari cicilan-cicilan tersebut. Tujuannya adalah selain melatih kedisiplinan, Anda juga dapat menghindari biaya keterlambatan yang cukup membebani.

Jangan sampai karena banyak diskon besar-besaran di Hari Pelanggan Nasional membuat Anda lupa untuk membayar tagihan-tagihan tersebut. Sebaiknya Anda bayarkan terlebih dahulu tagihan-tagihan tersebut, kemudian setelah semua tagihan dan cicilan sudah terbayar, Anda bisa berbelanja kebutuhan lainnya. Hindari hal sebaliknya seperti mengabaikan pembayaran hingga tanggal jatuh tempo. Uang untuk membayar kewajiban semakin berkurang dan justru tagihan semakin membengkak. Inilah yang membuat Anda pusing memikirkannya, bukan?

Mengurangi penggunaan plastik saat berbelanja

 

Masalah lingkungan saat ini menjadi perhatian banyak pihak, terutama mengenai penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah mengurangi penggunaan sampah plastik ketika berbelanja. Memang, masalah sampah plastik menjadi sorotan di kota besar seperti Jakarta. Data dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik seperti dilansir dari BBC Indonesia menyebutkan jika konsumsi kantong plastik per hari di Jakarta mencapai 5.2 ton.

Bisa Anda bayangkan betapa besarnya konsumsi kantong plastik tersebut. Bila hal ini terus dibiarkan, tentu sangat berbahaya bagi lingkungan, mengingat sampah plastik termasuk kantong maupun tas kresek akan terurai dalam waktu sangat lama. Kontribusi dan peran serta masyarakat, termasuk Anda, sangat diperlukan untuk mengurangi sampah plastik ini.

Pilih produk yang mengerti dan memberikan konsumen kendali

 

Selanjutnya, dalam berbelanja pastikan pula kalau produk yang Anda beli memberikan kendali dan membuat Anda merasa nyaman serta aman. Dalam hal ini, Anda perlu membiasakan diri membeli produk yang sudah tersertifikasi oleh pihak terkait. Contohnya saja memiliki label SNI sebagai jaminan terhadap kesehatan, keamanan, maupun keselamatan konsumen.

Tidak hanya itu, sebagai pelanggan cerdas Anda pun perlu memperhatikan manfaat dari produk yang dibeli, komposisi, hingga masa berlaku produk. Jangan sampai Anda terkecoh dengan harga murah yang ditawarkan dan akhirnya membuat Anda lupa untuk memeriksa kondisi produk tersebut apakah sesuai dengan standar atau tidak.

Dari ulasan tersebut, apakah Anda sudah menerapkan salah satu poinnya dalam berbelanja? Sebagai pelanggan cerdas, hendaknya Anda terapkan poin di atas tidak hanya saat Hari Pelanggan Nasional, tetapi juga setiap hari ketika berbelanja. Semoga bermanfaat!


BERITA TERPOPULER