Sehatkan Kembali Keuangan Pasca Lebaran dengan Cara Ini

Pasca lebaran, kondisi keuangan Anda mungkin tidak sehat karena besarnya jumlah pengeluaran menjelang dan selama lebaran. Agar aktivitas yang Anda lakukan dapat berjalan dengan lancar, Anda perlu mengetahui sejumlah tips untuk membuat keuangan Anda kembali sehat. Meskipun tidak mudah, Anda masih bisa memastikan keuangan Anda masih bisa diandalkan hingga pendapatan kembali masuk untuk memenuhi kebutuhan. Berikut lima tips membuat keuangan kembali sehat pasca lebaran yang harus Anda ketahui!

Hitung kembali dana yang tersisa

 

Tips membuat keuangan kembali sehat pasca lebaran yang pertama adalah menghitung kembali dana yang tersisa. Terlepas dari besar kecilnya sisa dana yang Anda punya, usahakanlah untuk memanfaatkan sisa dana tersebut seoptimal mungkin hingga Anda memperoleh pemasukan lagi. Meskipun sulit, penting bagi Anda untuk menghindari utang dengan orang lain karena itu nantinya hanya akan menyusahkan Anda.

Dengan menghitung kembali dana yang tersisa pasca lebaran, Anda bisa memilih beragam pengeluaran yang bisa Anda tekan. Cobalah untuk memisahkan kebutuhan Anda menurut waktu pemenuhannya. Jika suatu kebutuhan tertentu tidak terlalu mendesak, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk memenuhinya dengan dana yang tersisa. Anda juga bisa membuat daftar dan catatan hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk kembali menyehatkan keuangan Anda pasca lebaran.

Buat daftar pengeluaran yang diprioritaskan

 

Mengingat dana yang Anda miliki pasca lebaran terbatas, penting bagi Anda untuk membuat daftar pengeluaran yang diprioritaskan. Susunlah kembali anggaran pengeluaran Anda agar uang sisa bisa memenuhi berbagai kebutuhan. Mulailah dengan membatasi pengeluaran bulanan. Selain menghemat membeli makanan dan minuman, Anda bisa menghemat di beberapa pengeluaran yang bisa ditekan, misalnya biaya internet bulanan. Bila selama ini Anda menghabiskan sekitar Rp400 ribu per bulan, kurangi biaya tersebut hingga Rp100 ribu saja.

Cek kembali daftar pengeluaran, apa ada yang bisa ditekan?

 

Selanjutnya, Anda juga perlu memeriksa kembali daftar pengeluaran Anda. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, agar keuangan pasca lebaran Anda kembali sehat, Anda perlu menekan berbagai pengeluaran yang memungkinkan. Bila biasanya Anda selalu membeli skincare sebulan sekali, Anda mungkin bisa menghentikan kebiasaan tersebut untuk hal-hal yang lebih penting. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memperkecil bujet makan harian dan menggunakan moda transportasi umum dengan biaya yang lebih murah dibanding ojek online untuk bekerja setiap harinya.

Berpuasa setelah lebaran

 

Bulan puasa memang sudah berakhir, tapi Anda tetap bisa berpuasa setelah lebaran. Selain bisa menambah pahala, berpuasa setelah lebaran juga bisa menghemat pengeluaran. Anda bisa puasa untuk membayar utang puasa di bulan Ramadan lalu. Puasa Senin dan Kamis juga bisa Anda pertimbangkan untuk menekan pengeluaran. Apalagi jika Anda masih kuat, tips satu ini layak untuk Anda lakukan.

Bolehkah berutang?

 

Bila sisa dana yang Anda miliki dirasa tidak mencukupi, penting bagi Anda untuk tidak terburu-buru menarik keputusan berhutang. Alih-alih langsung berutang untuk memenuhi kebutuhan pasca lebaran, Anda perlu melihat kembali daftar pengeluaran yang harus Anda bayarkan. Misalnya mulai dari pos pengeluaran rutin seperti biaya transportasi, makan, hingga pos pengeluaran lain seperti air dan listrik.

Daripada berutang, Anda bisa mempertimbangkan opsi menggadaikan barang-barang yang Anda miliki. Misalnya gadget mahal ataupun simpanan emas yang Anda punyai. Opsi ini bisa Anda lakukan untuk memperoleh likuidas ataupun dana segar untuk melengkapi berbagai kebutuhan yang Anda miliki. Tentu, barang-barang yang Anda gadaikan tersebut harus bisa ditebus kembali saat Anda menerima gaji atau pendapatan di bulan selanjutnya.

Lakukanlah beberapa tips membuat keuangan kembali sehat pasca lebaran di atas agar keuangan Anda kembali sehat. Dengan perhitungan dan langkah yang tepat, kondisi keuangan Anda pasti bisa kembali sehat. Jangan lupa untuk tetap rutin menabung di D-Save Plus yang mudah dan aman. Semoga bermanfaat!


BERITA TERPOPULER