Hindari 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Saat Berolahraga

Mungkin Anda sudah sering mendengar pepatah yang mengatakan dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Untuk mendapatkan tubuh sehat tersebut, cara yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga. Namun, dalam prakteknya tidak jarang seseorang dan mungkin termasuk Anda sering melakukan kesalahan olahraga. Hal tersebut apabila dilakukan secara berlebihan akan berdampak bahaya bagi tubuh. Berikut lima kesalahan saat berolahraga yang patut Anda hindari.

Melewatkan Pemanasan dan Pendinginan

 

Kesalahan olahraga yang sering dilakukan adalah melewatkan bagian pemanasan dan pendinginan, padahal keduanya sangat penting untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan aktivitas dan setelahnya. Gerakan pemanasan dan pendinginan akan membantu fleksibilitas otot untuk mencegah terjadinya cedera yang bisa berakibat buruk bagi tubuh kita. Sebaiknya, pemanasan dilakukan 5-10 menit sebelum berolahraga. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan suhu dan kinerja jantung serta pembuluh darah dalam tubuh sehingga risiko kram dapat diminimalisir.

Begitu pula dengan pendinginan, tujuannya adalah untuk mencegah cedera otot dan kram saat suhu tubuh meningkat. Maka dari itulah, perlu adanya penurunan suhu tubuh dengan cara pendinginan ini. Lakukanlah dengan cara perlahan dan yang paling penting adalah aturlah pola pernafasan.

Tidak Terprogram

 

Sesibuk apapun Anda, sebaiknya buatlah jadwal teratur untuk berolahraga dalam seminggu. Berdasarkan anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), olahraga untuk orang dewasa idealnya dilakukan minimal 150 menit per minggunya. Anda pun bisa membaginya agar tidak merasa berat dan berlebihan. Semisalnya saja melakukannya dalam 3-4 kali dalam seminggu.

Apabila Anda tidak memprogramkan olahraga, maka bisa saja akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menurunnya kinerja dan kualitas otak dalam 10 hari. Anda juga akan mudah terserang penyakit akibat menurunnya kekebalan tubuh.

Olahraga Secara Berlebihan

 

Meskipun olahraga sudah terprogram, Anda harus membatasi agar bisa menentukan waktu ideal. Olahraga secara berlebihan pun juga tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Seperti dilansir dari National Geographic, olahraga secara berlebihan justru akan membuat Anda menjadi depresi dan mudah marah. Hormon endorfin akan banyak dilepaskan saat berolahraga, namun hormon ini akan membuat Anda selalu terjaga jika berlebihan. Dampaknya, Anda akan sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup dan mempengaruhi mental.

Tidak hanya itu saja, olahraga berlebihan akan memproduksi hormon stres kortisol. Hormon ini akan membawa dampak buruk dalam tubuh termasuk mempengaruhi metabolisme. Dampak lainnya yang jelas anda rasakan ketika melakukan kesalahan olahraga berlebihan adalah tubuh akan merasa sangat lelah dan tidak berenergi. 

Tubuh Kurang Terhidrasi

 

Kesalahan saat olahraga yang juga sering dilakukan adalah tidak memperhatikan kadar air dalam tubuh. Sebenarnya, menjaga kadar air dalam tubuh dapat membuat Anda menjadi lebih bertenaga saat berolahraga. Apabila kondisi Anda kurang terhidrasi dengan baik maka akan mempengaruhi kadar oksigen dalam tubuh dan akan membuat Anda merasa kelelahan dini.

Agar tubuh tetap terhidrasi saat berolahraga, sebaiknya tetap minum air putih selama olahraga untuk mengganti cairan tubuh yang hilang melalui keringat. Setidaknya, minumlah sebanyak satu gelas atau 250 ml untuk setiap 15 menit. Terlebih bila Anda sedang melakukan olahraga yang cukup berat.

Gerakan Olahraga yang Tidak Tepat

 

Melakukan gerakan yang salah atau tidak tepat adalah kesalahan dalam olahraga lainnya yang juga sering dilakukan. Terutama bagi para pemula dalam mencoba melakukan olahraga baru. Contohnya saja, ketika Anda ingin berolahraga di gym, tentu Anda tidak tahu memulainya dari mana bukan? Jangan sampai Anda tiba-tiba langsung mengangkat beban tanpa tahu caranya terlebih dahulu.

Meskipun terlihat sepele, berolahraga dengan gerakan yang salah bisa berbahaya pada tubuh. Beberapa masalah yang akan dialami antara lain, kram otot, hingga cedera yang cukup serius. Maka dari itulah, sebelum melakukannya sebaiknya berkonsultasilah dengan ahlinya atau personal trainer terlebih dahulu.

Itulah kesalahan olahraga yang tidak disadari yang kita pernah melakukannya. Setelah membaca ulasan di atas, kini Anda pun bisa menghindarinya untuk mendapatkan tubuh lebih sehat dengan cara olahraga yang benar.


BERITA TERPOPULER