Ingin Cepat Punya Rumah Setelah Menikah? Simak Tipsnya Berikut Ini!

Pasangan yang sudah menikah tentu ingin memiliki hunian sendiri dan hidup mandiri dengan pasangan. Namun, banyak didapati pasangan yang baru menikah masih ikut tinggal dengan orang tua karena beragam alasan.

Jika Anda tergolong yang tidak ingin berlama-lama merepotkan orang tua, ikuti cara membeli rumah setelah menikah berikut ini. Dengan menerapkan tips punya rumah sendiri, Anda tidak perlu merasa sungkan karena terlalu lama tinggal di rumah orang tua setelah menikah. 

Sejak awal harus terbuka tentang kondisi finansial masing-masing

 

Tips punya rumah untuk pasangan pengantin baru adalah mengetahui kondisi finansial masing-masing. Ini adalah langkah pertama yang harus Anda tempuh untuk selanjutnya memikirkan rencana untuk mewujudkan keinginan memiliki rumah setelah menikah. Anda dan pasangan harus sama-sama terbuka dan jujur tentang kondisi keuangan masing-masing. Berapa tabungan yang dimiliki, berapa investasi yang dipunya, serta adanya aset tambahan akan menjadi pertimbangan bagaimana langkah Anda selanjutnya untuk menyusun cara membeli rumah setelah menikah. 

Anda harus mempertimbangkan apakah pendapatan pribadi dan pasangan bisa mencukupi untuk segera mencicil biaya rumah idaman. Jika tidak mencukupi, Anda bisa memikirkan untuk mencari usaha tambahan dengan bisnis atau usaha sampingan. Mengetahui kondisi finansial masing-masing akan membuat Anda dan pasangan bisa memberi masukan dan memperbaiki kondisi keuangan yang sekarang. 

Manfaatkan uang dari hadiah resepsi pernikahan untuk bayar DP

 

Hal yang lumrah dalam budaya Indonesia untuk memberikan amplop uang ketika menghadiri pesta pernikahan. Amplop uang ini berfungsi sebagai kado pernikahan sekaligus ucapan selamat kepada pasangan yang baru menikah. Jika Anda mengundang banyak rekan dan kolega, tidak dipungkiri akan ada banyak uang yang Anda dapatkan. Nah, daripada digunakan foya-foya, lebih baik gunakan untuk membayar DP cicilan rumah. Jika perkiraan harga rumah sekarang mencapai puluhan hingga ratusan juta, maka setidaknya Anda sudah menyiapkan 5% -25% dari total yang harus dibayarkan. 

Buat rekening bank khusus

 

Untuk memisahkan dana kebutuhan pribadi dan untuk membeli rumah, pisahkan rekening keduanya. Anda bisa mulai menabung untuk membeli rumah di rekening yang telah dibuat khusus. Konsistenlah dalam mengisi tabungan cicilan rumah ini sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Anda dan pasangan masing-masing bisa menyisihkan pendapatan untuk dimasukkan dalam rekening bersama ini. Memisahkan tabungan untuk beli rumah dari rekening pribadi bisa menghindarkan uang tercampur dengan anggaran keperluan lainnya. Adanya rekening yang dibuat khusus juga memudahkan dalam memonitor arus pemasukannya. 

Pertimbangkan menggunakan KPR

 

Cara membeli rumah setelah menikah bisa dengan KPR. Langkah ini termasuk yang paling mudah dan banyak dilakukan oleh banyak pasangan baru menikah. Cicilan yang ditawarkan oleh KPR tergolong murah dengan tenor yang cukup panjang hingga jangka puluhan tahun. Mulailah rajin untuk melihat penawaran KPR yang diberikan oleh pihak bank untuk menemukan yang sesuai dengan kemampuan finansial. 

Kurangi jalan-jalan dan makan di luar

 

Tips punya rumah segera setelah menikah bisa diusahakan dengan mengurangi pengeluaran yang bisa dihemat. Contohnya nongkrong di luar dan jalan-jalan. Daripada digunakan untuk kesenangan sesaat, lebih baik Anda mengalokasikan dana ini untuk membeli hunian impian. Meskipun alokasi dana untuk makan dan jalan tidak terlalu besar, namun jika Anda menjumlahkan keseluruhannya dalam satu tahun, sangat lumayan untuk membantu cicilan rumah. 

Memiliki rumah sendiri bukanlah hal yang mustahil. Anda juga bisa memanfaatkan fitur D-Save Plus pada aplikasi D-Bank untuk memudahkan Anda dalam disiplin menabung, agar impian memiliki rumah pribadi bisa segera terwujud.


BERITA TERPOPULER