Baru Mulai Berbisnis? Simak Tips Mengatur Keuangan yang Tepat!

Bagi yang baru memulai bisnis, Anda perlu mengetahui cara-cara mengatur keuangan yang benar. Peran pengelolaan keuangan sangat besar, baik untuk usaha berskala besar maupun berskala kecil menengah, dalam membangun bisnis yang berkembang dan sukses. Dengan mengatur keuangan yang benar, bisnis yang Anda jalankan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal. Ingin tahu tips mengatur keuangan yang benar bagi bisnis yang baru mulai? Simak informasi berikut ini!

Rutin Pantau Empat Papan Skor

 

Papan skor merupakan salah satu pendorong utama pertumbuhan bisnis yang baru Anda mulai. Mengatur keuangan bisnis dengan memantau papan skor dapat memberikan bisnis Anda untuk berkembang lebih optimal. Papan skor sendiri terdiri dari empat hal, yakni sales (penjualan), gross profit (laba kotor), gross profit percentage (persentase laba kotor), dan nett income (pendapatan bersih). Anda perlu memantau setiap papan skor setiap kuartal guna mendapat sejumlah data seperti tren yang tengah berjalan, tercapai tidaknya target, hingga menganalisis keuntungan untuk mengembangkan bisnis pada periode selanjutnya.

Sederhananya, siklus yang berjalan adalah analisis – keputusan – tindakan – hasil. Siklus tersebut akan terus dilakukan setiap periode. Melalui langkah pemantauan papan skor ini, tren dan antisipasi di masa depan dapat diprediksi sehingga membantu Anda untuk menemukan cara yang tepat untuk mengatur keuangan bisnis. Anda dapat mengalokasikan dana pada pos-pos penting ketika tren menunjukkan peningkatan. Sebaliknya, Anda harus berusaha memperketat pengeluaran saat terjadi penurunan tren bisnis yang Anda jalani.

Sebisa Mungkin Hindari Risiko Utang Usaha

 

Dalam bisnis, modal merupakan hal utama yang harus dijaga dan dikembangkan. Ketika bisnis yang Anda mulai telah mendapat keuntungan, Anda perlu memperhitungkan penggunaan keuntungan tersebut agar tidak berakhir pada pengeluaran yang berlebihan. Meski sudah berhati-hati, selalu ada kondisi di mana bisnis Anda mungkin kekurangan modal dan Anda terpaksa harus berhutang. Namun, Anda sebaiknya tidak terburu-buru mengambil keputusan. Pertimbangkanlah setiap opsi selain berhutang untuk menjalankan bisnis Anda.

Selain itu, Anda sebaiknya juga menghindari piutang. Pembeli yang berutang pada Anda mungkin tidak akan terasa dampaknya bila jumlahnya tidak banyak. Meski demikian, hal tersebut dapat membawa dampak yang besar ketika jumlah piutang juga besar. Anda perlu membatasi piutang usaha. Jangan pula sampai terjadi penumpukan piutang yang malah menghambat perkembangan dan kelancaran bisnis Anda. Bila tidak teliti, piutang usaha tersebut akan menghambat kembalinya modal yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis.

Maksimalkan Laba untuk Kembangkan Usaha

 

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan usaha, memaksimalkan laba adalah salah satunya. Keberhasilan pengelolaan keuangan bisnis Anda bisa dikatakan berhasil jika laba yang Anda terima bisa dimanfaatkan untuk perkembangan usaha. Memaksimalkan laba juga dapat membuat bisnis Anda semakin maju dan besar. Dalam prosesnya, Anda mungkin harus menahan diri untuk tidak langsung menikmati laba untuk keuntungan pribadi. Meskipun berat, Anda sebaiknya memprioritaskan pengembangan usaha daripada kebutuhan pribadi Anda. Keuntungan yang Anda dapatkan juga bisa lebih besar dengan pemanfaatan laba yang optimal.

Manfaatkan Layanan Perbankan Digital

 

Untuk membantu Anda melakukan pencatatan dan aktivitas keuangan bisnis, Anda bisa memanfaatkan layanan perbankan digital. Anda bisa berinvestasi pada layanan perbankan digital untuk mengatur keuangan bisnis lebih baik. Pemanfaatan layanan perbankan digital juga bisa membuat segala proses keuangan dalam bisnis berjalan lebih lancar dan bisa dipertanggung jawabkan. Layanan ini juga bisa memberikan beberapa keuntungan seperti menghemat waktu dan pekerjaan mengatur keuangan bisnis. 

Itulah informasi tips mengatur keuangan bisnis yang baru mulai. Untuk Anda yang ingin mengatur keuangan bisnis lebih baik, Anda bisa menggunakan D-Financial. Produk Danamon yang merupakan tool untuk mendukung Usaha Kecil Menengah dalam mengembangkan serta mengelola bisnis ini dapat membantu mengatur keuangan bisnis lebih optimal. Semoga bermanfaat!



BERITA TERPOPULER