Tips Hemat Meski Banyak Undangan Bukber

Ramadan menjadi bulan yang paling dinanti oleh umat muslim di dunia. Bulan ini dianggap sebagai bulan di mana umat muslim bisa panen pahala. Selain menjadi bulan yang menyenangkan, Ramadan tak jarang juga bisa menjadi bulan yang menakutkan. Mengapa demikian? Ini karena undangan untuk buka bersama (bukber) akan selalu datang dari teman, kolega, dan keluarga. Tak jarang, karena banyaknya undangan bukber yang Anda terima, mengakibatkan kantong menipis. Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, mari simak tips hemat menghadapi banyaknya undangan bukber di bulan Ramadan.

Batasi Jumlah Uang untuk Bukber Selama Ramadan

 

Cara pertama adalah dengan melakukan pembatasan alokasi dana. Tentukan berapa dana yang ingin Anda keluarkan untuk mengikuti acara bukber dengan teman-teman. Besar nominal yang akan dikeluarkan bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Di samping itu, Anda juga bisa rencanakan berapa undangan bukber yang akan dihadiri dengan dana yang sudah dianggarkan. Batasi pula bukber dengan teman atau komunitas yang sama agar Anda bisa buka puasa dengan teman yang lain. 

Tidak Harus Menghadiri Semua Undangan Bukber

 

Mulai dari rekan kantor, teman kuliah, sobat SMA, hingga kawan ketika SD pasti akan berbondong-bondong mengajak Anda untuk melakukan buka bersama. Namun, dari sekian banyak undangan yang datang, tak perlu memenuhi semuanya jika Anda tidak ingin uang di kantong terkuras. Cara agar hemat, pilihlah undangan buka bersama dengan teman atau rekan dekat yang memang Anda inginkan. Tak perlu sungkan untuk menolak ajakan buka bersama terlebih dengan teman atau kolega yang tidak terlalu dekat. 

Manfaatkan Promo di Berbagai Tempat Makan

 

Ketika Ramadan tiba, tak jarang banyak tempat makan yang menawarkan promo potongan harga di saat waktu berbuka dan sahur. Promo tersebut juga biasanya diikuti dengan minimal pembelian. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan buka puasa bersama dengan teman-teman. Dengan memanfaatkan promo, Anda bisa makan banyak dengan teman-teman, namun dengan harga yang lebih murah. Sangat menarik, bukan? Jangan sungkan untuk mengajak teman buka bersama di tempat yang sedang ada promo, karena percayalah semua orang suka dengan diskon. 

Adakan Bukber di Rumah Salah Satu Teman

 

Makan di rumah teman memang menjadi hal menyenangkan sejak dahulu. Daripada makan di restoran, mengapa tidak di rumah teman saja? Anda bisa tanyakan rumah siapa yang boleh digunakan untuk tempat buka bersama. Masalah makanan, Anda bisa membeli bahan mentah dan memasaknya bersama-sama. Hal tersebut lebih menghemat pengeluaran daripada harus makan di luar. Buka bersama intinya bukan pada makanan apa yang disantap, namun lebih ke arah silaturahmi yang dijalin. 

Bawa Bekal Takjil dari Rumah

 

Cara agar hemat menghadapi banyaknya undangan untuk buka bersama adalah dengan membawa takjil sendiri dari rumah. Jika Anda makan di restoran dan harus membayar sendiri menu yang dipilih, maka Anda sudah melakukan penghematan dengan mengurangi jumlah tagihan makan yang harus dibayarkan. Jadi, tinggal bayar saja main course yang dipesan. 

Untuk membantu Anda menjalankan tips hemat buka bersama selama bulan Ramadan, bisa gunakan Kartu Kredit Danamon Visa & MasterCard. Kartu kredit dari Danamon ini akan memudahkan Anda melakukan pembayaran dari transaksi yang dilakukan. Yang lebih menarik lagi, Danamon menawarkan banyak promo kartu Danamon Visa & Mastercard sepanjang tahun, terutama di restoran-restoran favorit. Tunggu apa lagi? Segera miliki Kartu Kredit Danamon Visa & MasterCard agar acara buka bersama hemat, namun tetap menyenangkan.


BERITA TERPOPULER