Hindari 5 Kegiatan Boros yang Sering Dilakukan Tanpa Sengaja

Mungkin Anda pernah merasakan gaji mencukupi, namun sering habis sebelum akhir bulan. Tentu Anda bertanya-tanya apa yang membuat hal tersebut terjadi. Salah satu jawabannya adalah melakukan kegiatan yang tanpa sengaja membuat pengeluaran semakin membengkak. Maka dari itu, agar tidak boros dan bisa terhindar dari pengeluaran yang membengkak, Anda perlu ketahui kegiatan apa saja yang berpotensi menguras pengeluaran. Apa sajakah? Berikut ulasannya yang perlu Anda simak.

Jajan Kopi Premium

 

Bagi sebagian orang, minum kopi adalah rutinitas yang harus dipenuhi setiap hari. Hal tersebut memang sah-sah saja dilakukan, namun dalam batasan yang sewajarnya. Apabila Anda melakukannya terus menerus maka akan menguras keuangan. Terlebih bila Anda membeli kopi premium di kafe atau coffee shop.
Bayangkan saja untuk secangkir kopi premium memiliki rata-rata harga Rp20 ribu hingga Rp50 ribu. Memang hal ini pada awalnya biasa saja, namun coba Anda hitung kembali. Katakanlah Anda rutin setiap hari ke coffee shop, pasti pengeluaran akan semakin meningkat. Jika ditotal, untuk secangkir kopi premium uang akan berkurang sekitar Rp1 juta per bulannya.

Makan di Luar

 

Selain jajan kopi premium, agar tidak boros Anda juga perlu mengurangi makan di luar. Terkadang di saat gajian, seseorang bisa “kalap” menghabiskan uang untuk makan di luar. Makan di luar memang tidak ada salahnya, meski begitu jangan Anda lakukan setiap hari. Makan di luar seperti di kafe paling tidak harganya Rp50 ribu untuk sekali makan. Kegiatan ini  tidak hanya menikmati makanan berat saja, membeli camilan juga bisa menguras keuangan Anda, terutama bila Anda membeli camilan di restoran-restoran cepat saji.

Bila Anda lakukan setiap hari dan tiga kali makan di luar semisalnya, sudah berapa banyak uang yang dihabiskan? Solusinya adalah, Anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah atau dengan membeli makan di rumah makan dengan harga murah. Selain sehat dan irit, membawa bekal dari rumah juga melatih Anda untuk bangun pagi untuk memasak.

Menggunakan Transportasi Online

 

Saat ini transportasi online menjadi pilihan banyak masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Terutama bagi pekerja kantoran di kota besar. Kondisi jalanan yang macet di pagi hari dan jam sibuk menjadi alasan utama banyak orang menggunakan layanan transportasi online. Akan tetapi, menggunakan layanan transportasi online juga berpengaruh pada kondisi keuangan Anda. Semakin jauh jarak yang ditempuh, maka semakin mahal pula ongkos yang akan Anda keluarkan.
Tips agar tidak boros selain menggunakan transportasi online adalah dengan memanfaatkan transportasi massal konvensional. Salah satunya menggunakan bus kota atau kereta rel listrik (KRL). Dengan mengurangi penggunaan transportasi online, Anda bisa menghemat biaya transportasi dan dapat Anda gunakan untuk keperluan lainnya. Namun, jika jarak kantor dekat dengan rumah, tidak masalah menggunakan transportasi online.

Membeli Gadget Baru

Hal boros yang bisa menguras pengeluaran dan kantong Anda adalah membeli gadget baru. Hampir setiap bulan selalu saja ada gadget baru dengan fitur yang lebih canggih. Selain itu, harga yang ditawarkan cukup menggiurkan. Namun, selama gadget Anda masih layak digunakan, sebaiknya tahan keinginan Anda untuk membeli yang baru agar tidak boros.
Bila Anda harus membeli karena performa gadget mulai berkurang, sebaiknya perhatikan dulu budget. Jangan sampai karena gengsi dan demi tuntutan gaya hidup, Anda membeli gadget mahal namun tidak sesuai dengan kebutuhan.

Perawatan Kecantikan

Memiliki tubuh yang sehat memang penting, maka dari itulah Anda perlu melakukan perawatan tubuh. Meski begitu, dalam merawat tubuh penting juga disesuaikan dengan budget Anda. Terlebih saat Anda membeli produk perawatan terbaik, terutama produk perawatan bagi wanita. Bahkan dilansir dari Divine Caroline, untuk perawatan kecantikan seorang wanita bisa saja menghabiskan hingga 12 US$ atau setara Rp100 juta.
Selain produk perawatan yang mahal, merawat tubuh di salon juga akan membuat pengeluaran membengkak. Jadi, agar tidak boros dalam merawat tubuh, sebaiknya lakukanlah perawatan yang bisa dilakukan di rumah. Boleh saja Anda pergi ke salon, namun dalam waktu-waktu tertentu saja.

Setelah Anda mengetahui hal apa saja yang membuat hidup semakin boros, kini saatnya Anda untuk menabung. Menabung di bank pun kini semakin mudah dengan berbagai fitur menarik yang ditawarkan, salah satunya adalah layanan D-Bank dari Bank Danamon. Fitur ini bisa membuat hidup Anda nyaman dan terbebas dari boros. Semoga bermanfaat!