Keistimewaan Umrah Saat Bulan Ramadan

Saat bulan Ramadan tiba, banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan pahala, umrah adalah salah satunya. Sebagai salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah (khususnya di Masjid Al Haram). Umrah akan memberikan pengalaman berkesan jika dilakukan saat bulan Ramadan, juga memiliki banyak keistimewaan. Apa saja? Berikut informasi lengkapnya!

Pahala Setara dengan Ibadah Haji


Sebenarnya, umrah dan haji merupakan dua kegiatan ibadah yang hampir sama. Hanya saja, umrah dan haji mempunyai waktu pelaksanaan yang berbeda. Tidak seperti ibadah haji yang hanya dapat dilaksanakan pada beberapa waktu antara tanggal 8-12 Dzulhijah, ibadah umrah bisa dilakukan kapan saja (kecuali hari Arafah 10 Dzulhijah, dan hari-hari Tasyrik 11-13 Dzulhijah).

Dengan melakukan umrah saat Ramadan, Anda akan mendapat sejumlah keistimewaan. Salah satunya adalah berupa pahala yang setara dengan pahala menunaikan ibadah haji. Keistimewaan ini disampaikan sendiri oleh Rasullullah SAW melalui sabdanya yang berbunyai “Jika Ramadan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782).

Seperti Beribadah bersama Rasulullah

Tidak hanya memiliki nilai pahala yang sama seperti menunaikan ibadah haji, umrah Ramadan juga memiliki keistimewaan seperti beribadah bersama Rasullullah SAW. Sebagaimana ada beberapa amalan yang mempunyai keistimewaan bila dilakukan pada waktu tertentu, hal yang sama juga berlaku bagi penunaian ibadah umrah.
Keistimewaan satu ini juga disampaikan melalui sabda Rasullullah SAW dalam lafazh Bukari yang berbunyi “Sesungguhnya umrah di bulan Ramadan seperti berhaji bersamaku.” (HR. Bukhari no.1863). Bila Anda tertarik mendapatkan keistimewaan ini, tentu saja umrah Ramadan sangat layak untuk Anda pertimbangkan.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu 5 Keuntungan Menabung di Bank Syariah

Kesempatan Salat Tarawih di Masjidil Haram

Jika Anda menunaikan ibadah umrah saat Ramadan, Anda akan berkesempatan untuk melaksanakan salat tarawih di Masjidil Haram. Suasana menunaikan ibadah salat tarawih di Tanah Suci tentu saja terasa istimewa. Meskipun jumlah salat tarawih di Masjidil Haram sama dengan jumlah salat tarawih di Indonesia pada umumnya (yaitu 20 rakaat, dan ditambah witir 3 rakaat), namun biasanya satu kali salat Tarawih diisi dengan pembacaaan 1 juz Al-quran.

Jadi, tidak mengherankan bila pelaksaan salat Tarawih di Masjidil Haram bisa memakan waktu mulai dari 2 hingga 2,5 jam. Umumnya, salat tarawih di sini selesai pukul 22:00 waktu setempat. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena lantunan ayat dari imam-imam besar Masjidil Haram dijamin dapat meluluhkan hati yang mendengarnya. Bukannya rasa bosan yang akan melanda, malah Anda akan terharu hingga menitikkan air mata.

Buka Puasa di Masjid Nabawi


Kegiatan buka puasa tentu menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu selama bulan Ramadan. Pernahkah Anda membayangkan berbuka puasa di Masjid Nabawi, Madinah yang dapat memberikan sensasi spiritual tersendiri? Meskipun pasti menyenangkan, berkesan tidaknya suasana buka puasa tergantung pula pada lokasinya. Dalam hal ini, berbuka puasa di Masjid Nabawi akan memberikan Anda keseruan yang dijamin berkesan dan tak mudah dilupakan.

Anda bisa mendapatkan keistimewaan tersebut dengan melakukan umrah saat Ramadan. Masjid Nabawi yang merupakan pusat bagi warga dan umat Islam yang sedang beribadah untuk berbuka puasa selalu dipenuhi ribuan jamaah. Anda bisa menikmati makanan berbuka puasa gratis yang disediakan oleh petugas masjid. Mulai dari kurma, roti, air putih, hingga kopi bisa Anda santap sebagai menu buka puasa sembari menikmati kebersamaan di Masjid Nabawi.

Itulah beberapa keistimewaan umrah saat Ramadan yang perlu Anda ketahui. Dengan mempertimbangkan keistimewaan-keistimewaan yang telah disebutkan di atas, bukanlah sebaiknya Anda segera merencanakan umrah Ramadan? Tak perlu bingung bila Anda belum mempunyai cukup uang. Anda bisa memanfaatkan Tabungan BISA Umrah iB dari Danamon yang akan membantu mewujudkan impian umrah saat Ramadan Anda. 

Setiap bulannya, setoran rutin akan didebet otomatis dari rekening Anda ke rekening Tabungan BISA Umrah iB. Jumlah setoran rutin bulanan dan jangka waktunya bisa Anda tentukan sendiri, jadi dapat disesuaikan dengan kondisi finansial Anda. Tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan gratis pertanggungan asuransi syariah yang nilainya mencapai Rp200 juta. Wujudkan impian umrah dengan Tabungan BISA Umrah iB dari Danamon! Mari umrah saat Ramadan!


BACA JUGA