Hari Bank Dunia, Lihat Perjalanan Layanan Perbankan di Era Digital


Setiap tahunnya, selalu ada peringatan Hari Bank Sedunia yang dirayakan pada tanggal 1 April. Tahun ini, Hari Bank Dunia juga dirayakan untuk melihat bagaimana dunia perbankan telah banyak membantu dunia berputar bergerak menuju ke arah yang lebih baik.

Dunia perbankan memang perlu disebutkan dalam perubahan kehidupan manusia karena dengan adanya bank, banyak sekali hal positif yang didapatkan oleh masyarakat. Dari yang masih berbentuk layanan perbankan konvensional hingga menuju ke era digital, semuanya sudah dirasakan hampir semua orang. 
Dari yang awalnya hanya menjadi tempat menyimpan uang agar lebih aman, tempat menabung untuk dipakai pada masa mendatang, hingga sekarang bisa menjadi tempat investasi dan memberikan kemudahan sangat banyak kepada para penggunanya, respon positif selalu didapatkan dari dunia perbankan karena kehadiran bank sangatlah membantu.

Sekarang bagaimana perjalanan dari perkembangan layanan perbankan hingga bisa masuk ke era digital, era yang sangat memberikan kemudahan untuk nasabah lama hingga para nasabah baru? Berikut cerita untuk memperingati Hari Bank Dunia.

Transformasi Bank Gunakan Teknologi dalam Pelayanannya

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, layanan perbankan dahulu hanya dipakai untuk menyimpan uang saja. Ketika belum ada bank, semua orang menyimpan uang mereka di rumah dan bisa menimbulkan masalah pada kemudian hari seperti dicuri oleh pihak lain atau pun masalah-masalah lainnya yang sangat mengganggu.

Namun, seiring berkembangnya zaman, bank juga menaikkan kualitas layanan mereka demi mempermudah nasabah sekaligus menarik nasabah baru agar mau menabung di bank. Salah satu caranya adalah menggunakan medium teknologi yang setiap tahunnya selalu berinovasi. Walau tidak semua teknologi bisa dipakai untuk layanan perbankan, tetap saja ada beberapa teknologi yang akhirnya diterapkan ke dalam dunia perbankan dan hasilnya memuaskan.

Ada masanya setiap orang yang ingin transfer uang harus datang ke ATM terdekat terlebih dahulu, tapi sekarang semuanya bisa dilakukan hanya dengan smartphone yang ada di genggaman Anda. Ya, aplikasi mobile menjadi produk unggulan dari dunia perbankan yang selalu memiliki niat dalam memberikan layanan terbaik kepada para nasabah.

Baca Juga: Penasaran Seberapa Penting Kartu Kredit Bagi Anda? Berikut Informasi Lengkapnya

Tren Layanan Perbankan dalam Bentuk Aplikasi Mobile

Tren layanan perbankan dalam bentuk aplikasi mobile memang semakin hari semakin marak. Tidak hanya dari bank-nya saja, tetapi kesadaran nasabah untuk memakai aplikasi mobile juga semakin terasa. Salah satunya adalah aplikasi D-Bank dari Danamon.  Di dalam aplikasi unggulan dari bank yang sudah berdiri sejak tahun 1956 ini, semua hal bisa Anda lakukan untuk memudahkan Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Apa saja keunggulan dari D-Bank?

D-Bank, Aplikasi Mobile Banking

D-Bank dirilis oleh Danamon sebagai aplikasi mobile unggulan untuk memberikan kemudahan bagi para nasabah. Di dalam aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan segala bentuk pelayanan karena pada dasarnya ini adalah aplikasi mobile banking dari Danamon. Dari hanya sekadar transfer hingga cek saldo, semua bisa dilakukan di sini. Ada banyak kelebihan lainnya dari D-Bank yang tidak dimiliki oleh aplikasi mobile banking milik bank lainnya.

Di dalam D-Bank, Anda bisa membuka rekening dengan mudah karena adanya e-KYC. Anda juga bisa menempatkan deposito secara online, jadi jika Anda tidak memiliki waktu ke cabang, Anda tetap bisa melakukan aktifitas perbankan.

Sebuah layanan terbaru dari Danamon untuk membuka rekening online yang segala halnya bisa ditentukan sesuai preferensi Anda sendiri. Ditambah layanan yang paling menarik adalah tarik tunai tanpa kartu ATM. Anda bisa tarik tunai kapan saja walau tidak membawa kartu ATM.

Itulah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh D-Bank. Tapi jika melihat tulisan di atas, ada penyebutan e-KYC yang menjadi produk unggulan Danamon dalam layanan membuka rekening baru. Apa itu e-KYC?

e-KYC, Permudah Verifikasi Calon Nasabah

 

Pada dasarnya, e-KYC adalah layanan yang dibuat Danamon untuk mempermudah verifikasi calon nasabah baru yang ingin membuka rekening. Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mengunduh aplikasi D-Bank Registration (one-link buat download app D-Bank Registration).

Dengan menggunakan D-Bank Registration untuk membuka rekening, calon nasabah tinggal mengunduh aplikasi di Google Play atau AppStore. Lalu mengisi data diri yaitu online form sesuai instruksi, mengirimkan dokumen berupa foto e-KTP, foto diri sendiri alias selfie dan foto diri bersama e-KTP. 

Setelah itu, calon nasabah dapat memilih proses verifikasi (know your customer atau KYC) untuk pembukaan rekening. Calon nasabah bisa memilih mau memakai video call bersama video banking office atau datang langsung ke cabang Danamon terdekat. Setelah itu, nasabah bisa memilih beberapa cara untuk mengirimkan kartu debit/ATM ke tangan nasabah. Bisa dikirimkan ke rumah atau diambil di cabang Danamon terdekat.

Betapa mudahnya membuka rekening online di Danamon dengan sistem e-KYC yang mutakhir dan belum dimiliki oleh bank lainnya. Tidak hanya e-KYC saja, tetapi layanan perbankan zaman sekarang juga memiliki e-Wallet yang menjadi bentuk keseriusan mereka dalam mempersatukan dunia perbankan dengan perkembangan teknologi.

e-Wallet 

e-Wallet adalah produk terbaru dari dunia perbankan. Ketika pada masanya semua harus memakai uang tunai untuk membayar transaksi atau malah memakai kartu debit atau kredit, sekarang bisa juga dilakukan dengan e-Wallet. e-Wallet memberikan kemudahan dalam membayar segala bentuk jenis transaksi asalkan semua sudah bekerja sama dengan layanan e-Wallet tersebut. Dari pembayaran online maupun offline, Anda bisa melakukannya dengan e-Wallet yang memiliki saldo tersendiri juga untuk Anda gunakan.

Baca Juga: Masa Depan Teknologi Fintech di Indonesia

Digital lounge

Dunia perbankan juga merambah ke treatment di dunia nyata dengan memberikan fasilitas Digital Lounge. Di dalam Digital Lounge ini, nasabah bisa lebih nyaman dalam mengurusi urusan perbankan mereka seperti tarik tunai atau pun transfer serta bisa menanyakan hal-hal penting mengenai layanan yang disediakan oleh bank tersebut.

OJK Bentuk Tim Task Force untuk Penerapan Digital Banking di Indonesia

Penerapan Digital Banking di Indonesia juga menjadi perhatian dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Keseriusan mereka dalam mengawasi hal ini dilakukan membentuk task force. Dengan task force yang dibentuk, OJK ini memperhatikan betul bagaimana penerapan Digital Banking di Indonesia berjalan serta tidak menyalahi peraturan yang sudah dibuat. Dengan hal itu, Digital Banking di Indonesia bisa berjalan dengan lancar dan nasabah pun senang dalam menyambut hal ini. 

Tantangan Layanan Perbankan di Era Digital

Di dalam era digital, ada beberapa tantangan yang harus diterima oleh layanan perbankan, yaitu strategi berbahaya dari fintech, cyber crime yang terus mengancam, regulasi yang menyusahkan, serta pendekatan kepada nasabah yang memiliki karakteristik berbeda-beda. Tapi jika semua masalah itu bisa diredam secara perlahan-lahan, maka niscaya perkembangan layanan perbankan di dalam era digital bisa semakin besar di Indonesia.

Memperingati Hari Bank Dunia bisa dilakukan dengan membaca perkembangan layanan perbankan hingga era digital yang memberikan wawasan serta edukasi penting dalam melihat lebih rinci tentang dunia perbankan yang terus menjadi teknologi sebagai salah satu tumpuan mereka saat ini. Selamat Hari Bank Dunia!


BACA JUGA