8 Usaha Sampingan yang Bisa Dicoba untuk Menghasilkan Uang Tambahan


Usaha sampingan bisa menjadi solusi jika Anda sedang menginginkan pemasukan tambahan. Terlebih jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan investasi atau melakukan alternatif lainnya. Belum lagi mengingat betapa beragamnya kebutuhan yang harus dipenuhi. Mulai dari biaya pendidikan anak hingga cicilan rumah, rasanya akan sulit terpenuhi jika Anda hanya mengandalkan gaji bulanan. Berangkat dari kondisi itulah Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk melakukan usaha sampingan.
Ingin memulai usaha sampingan namun bingung apa jenis usaha yang cocok untuk Anda lakukan? Jangan khawatir, dalam artikel ini akan dibahas beberapa rekomendasi usaha sampingan yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghasilkan uang tambahan.

Bisnis Menu Diet Sehat

 

Akhir-akhir ini gaya hidup sehat mulai populer kembali. Mulai dari tren bike to work hingga mengonsumsi menu makanan sehat yang dianggap sebagai kunci untuk bisa membuat tubuh senantiasa dalam keadaan sehat. Apabila Anda jeli, tren gaya hidup sehat ini bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Anda bisa mencoba untuk membuat bisnis menu diet sehat. Bisnis ini punya peluang yang amat besar, karena di zaman modern ini semua orang sangat menginginkan kepraktisan sehingga cenderung memilih untuk membeli menu diet sehat yang sudah siap makan. Jadi cobalah untuk mulai mencari tahu soal seluk beluk bisnis menu diet sehat ini.

Usaha Camilan atau Snack

Bisnis kuliner memang tidak pernah ada matinya. Makanan akan selalu menjadi kebutuhan pokok seseorang yang harus dipenuhi. Berangkat dari fakta ini, peluang untuk menjalankan bisnis makanan pun akan selalu terbuka. Jika merasa kesulitan untuk membuka bisnis makanan berat yang mengenyangkan, Anda bisa mulai dari camilan atau snack. Usaha camilan tidak akan membutuhkan modal yang lebih besar dibandingkan bisnis makanan berat. Selain itu, camilan atau snack juga lebih awet dibanding makanan berat sehingga risiko membuang makanan karena basi pun bisa dihindari.
Anda bisa menarget pasar anak muda yang memang gemar mencoba hal-hal baru. Cobalah untuk membuat camilan yang menarik hati generasi muda, baik itu secara visual maupun dari cita rasanya sendiri.

Baca Juga: 4 Alternatif Tempat untuk Anda yang Pertama Kali Mengembangkan Bisnis

Menjadi Guru Les Privat

 

Jika dunia pendidikan menjadi minat utama Anda, maka menjadi guru les privat bisa dipertimbangkan. Kebutuhan terhadap guru les privat akan selalu ada karena anak sekolah saat ini masih membutuhkan tambahan pelajaran untuk persiapan ujian kenaikan kelas atau bahkan ujian nasional. Anda bahkan bisa membuka kelas sesuai dengan keahlian tanpa harus mengajarkan materi lainnya. Selain itu, penghasilan yang bisa didapat dari pekerjaan sampingan ini pun terbilang lumayan. Asal Anda mampu mengatur waktu dengan baik maka bukan tidak mungkin lagi bahwa pemasukan yang didapat pun akan besar jumlahnya.

Jasa Freelance Photographer

Selain menjadi guru les privat, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menjadi seorang fotografer lepas atau freelance photographer. Jangan salah, pemasukan yang bisa didapat dari profesi ini juga lumayan menjanjikan. Peluang untuk menjadi fotografer yang menguntungkan pun selalu terbuka karena saat ini banyak acara atau event yang membutuhkan jasanya. Selain membuka jasa fotografi untuk acara-acara, Anda juga bisa mengirimkan karya fotografi ke perlombaan atau situs berbagi foto seperti Shutterstock atau 123rf yang memang membuka peluang bagi fotografer untuk mendapatkan apresiasi berupa uang.

Mendirikan Online Shop

Keberadaan internet memang memberi pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan. Bukan hanya menawarkan kemudahan dalam hidup, internet juga bisa membantu Anda untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan mendirikan online shop. Ya, dengan adanya internet Anda bisa mendirikan sebuah toko virtual tanpa harus bingung memikirkan dana untuk mendirikan toko fisik. Sistem dropship bahkan memungkinkan Anda untuk bisa memiliki bisnis online yang menjanjikan tanpa adanya modal sama sekali. Cobalah memulai dengan mencari tahu tentang barang yang sedang laris di pasaran dan banyak dicari orang.
Bisnis online ini sering diremehkan orang karena tidak memiliki toko fisik dan penghasilannya dianggap tidak menentu. Padahal, pemasukan yang bisa didapat dari bisnis online pun tak main-main asal Anda menjalankannya dengan tekun dan giat

Freelance Content Writer

Apabila Anda hobi menulis dan ingin menghasilkan uang tambahan dari hobi tersebut maka menjadi freelance content writer adalah jawabannya. Lewat pekerjaan ini Anda tidak hanya bisa menyalurkan hobi, tetapi juga bisa mendapatkan pemasukan tambahan yang tidak main-main jumlahnya. Terlebih freelance content writer dapat dilakukan sambil mengisi waktu luang di sela-sela kesibukan Anda. Ini karena sistem waktu kerja dari freelance content writer tidak mengikat. Nah, jika memang tertarik untuk menjalani usaha sampingan seperti ini, Anda bisa coba mencari lowongannya di internet atau bertanya pada kerabat yang sudah lebih dulu berkecimpung pada bidang tulis menulis secara online ini. 
Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengirimkan tulisan ke redaksi majalah atau surat kabar. Biasanya media cetak akan memberikan kompensasi atas tulisan Anda. Coba carilah topik yang sedang hangat diperbicangkan dan bahas dari sudut pandang yang menarik agar redaksi memuat tulisan Anda.

Baca Juga: 5 Cara Pintar Promosi Usaha dalam Pameran Bisnis

Jasa Dekorasi Event

Tidak semua orang memiliki kemampuan estetika yang baik. Lebih-lebih saat harus melakukan dekorasi untuk sebuah acara. Jika Anda merasa punya kemampuan estetika yang bagus maka usaha sampingan berupa jasa dekorasi event bisa dipertimbangkan. Sekarang jasa yang satu ini sangat dibutuhkan karena orang lebih sering menyelenggarakan acara. Anda bisa memulainya dari acara-acara kecil seperti ulang tahun atau acara lamaran kerabat. Jika masih merasa ragu, Anda dapat memulai langkah dengan mengumpulkan vendor sebagai supplier barang dekorasi. Dari situ Anda bisa memperluas networking supaya usaha sampingan ini bisa berkembang.

Freelance Graphic Designer

Memiliki skill tertentu memang bisa mendatangkan keuntungan. Di era ekonomi digital seperti sekarang ini, salah satu skill yang bisa menghasilkan uang tambahan adalah kemampuan untuk membuat desain grafis. Pasalnya belakangan ini memang banyak industri yang membutuhkan jasa desain grafis sehingga peluang untuk bisa mendapat keuntungan darinya pun besar. Anda para graphic designer bisa membuat portofolio yang menarik calon klien di situs pribadi atau bahkan situs pencarian kerja. Jangan ragu juga untuk mengirimkan karya Anda pada ajang perlombaan untuk mendapatkan hadiah.

Untuk bisa menghasilkan uang tambahan di samping gaji bulanan, Anda bisa mulai mempertimbangkan langkah-langkah yang telah dipaparkan dalam ulasan di atas. Terlebih jika Anda memang memiliki skill seperti menulis atau membuat grafis yang menarik.

Namun apabila Anda sudah memiliki bisnis namun ingin lebih menggembangkan usaha Anda, manfaatkanlah Danamon Solusi UKM. Danamon Solusi UKM merupakan sebuah produk solusi untuk membantu Anda mengembangkan usaha kecil dan menengah, karena Danamon percaya, setiap bisnis tentu memiliki peluang untuk berkembang.


BACA JUGA