5 Tips Mencicil Mobil bagi Para Pasangan yang Baru Menikah

Mencicil mobil memang jadi dambaan banyak orang. Terlebih bagi Anda yang sudah berumah tangga. Apalagi ketika jarak antara rumah dan kantor cukup jauh, sehingga transportasi umum bukanlah opsi  yang tepat. Namun, ada kalanya Anda merasa ragu untuk membeli mobil karena takut tak bisa membayar cicilan. Tenang saja, dengan lima tips di bawah ini, mencicil mobil bagi pasangan muda tak akan terasa susah. Apa saja tipsnya? Simak selengkapnya di artikel di bawah ini. 

 

Sebaiknya Tidak Dibarengi dengan Mencicil Rumah

 

Bagi Anda dengan gaji di bawah Rp5 juta per-bulan dan hanya salah satu dari Anda yang bekerja, sebaiknya tak membarengi mencicil mobil dengan mencicil rumah. Hal ini akan membuat Anda kewalahan dan justru akan susah untuk menabung. Prioritaskan salah satu, mencicil rumah dulu atau mobil dulu. Keduanya memang hal penting namun bukan berarti keduanya harus dijalani bersamaan. 

Namun bila Anda benar-benar merasa sanggup untuk melakukannya, perhatikan baik-baik pengeluaran Anda per-bulan. Anda mungkin harus rela tidak bersenang-senang (belanja hal-hal di luar kebutuhan primer) selama beberapa bulan ke depan untuk melunasi keduanya secara bersamaan.

Baca Juga: Pengelolaan keuangan untuk persiapan pernikahan

 

Bekas Tidak Masalah Selama Kualitas Masih Baik

 

Jangan ragu untuk mengambil mobil bekas. Tak semua yang bekas berarti jelek, karena masih banyak dealer yang menjual mobil bekas dengan kualitas baik. Yang perlu diperhatikan selain kondisi luarnya adalah kilometer atau jarak tempuh yang sudah digunakan oleh mobil tersebut dan kapan mobil tersebut dibeli oleh pemilik sebelumnya. 

Ada beberapa mobil yang sudah pindah tangan lebih dari sekali, Anda juga harus memperhatikan hal tersebut. Selain itu, meski sekarang sedang tren untuk mengambil kendaraan vintage, Anda sebaiknya tak mengikuti tren tersebut. Karena kendaraan vintage umumnya memiliki biaya perawatan yang lebih tinggi. Sehingga, uang Anda yang seharusnya bisa digunakan untuk hal lain bisa jadi nanti habis hanya untuk merawat kendaraan vintage tersebut.

 

Family Car Lebih Baik

 

Menyambung dari poin sebelumnya, family car bisa menjadi pilihan yang lebih baik daripada kendaraan vintage. Karena, family car umumnya memiliki harga yang rendah dengan bensin yang lebih irit. 

Meski memang modelnya itu-itu saja dan tak bisa dikatakan sekeren mobil vintage atau sport, namun untuk segi investasi  masa depan, family car lebih baik. Terlebih ketika Anda ingin memiliki keluarga yang besar, adanya family car bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli mobil baru di saat anak Anda sudah banyak nanti.

Baca Juga: 5 Hal sebelum beli mobil pertama

 

Mobil di Bawah 100 Juta Bisa Dijadikan Pilihan

Ada banyak mobil di bawah Rp100 juta yang bisa jadi pilihan Anda. Mulai dari jenis family car yang besar hingga yang lebih kecil. Mobil-mobil ini umumnya memang mobil bekas dengan model yang lebih lama, namun tidak masalah bila mobil tersebut masih bisa Anda gunakan dalam jangka waktu enam hingga tujuh tahun ke depan. 

Dengan pengeluaran Rp100 juta saja untuk mobil, Anda jadi bisa lebih leluasa untuk melakukan cicilan kebutuhan lainnya plus menabung untuk masa depan. Selain itu, Anda pun bisa lebih mudah untuk berinvestasi karena mobil yang tak terlalu mahal.

 

Gunakan KPM yang Baik

 

Selain tips-tips di atas, Anda juga bisa meminta bantuan pada penyedia KPM (Kredit Pemilikan Mobil). Namun tak boleh sembarang KPM, Anda harus mencari penyedia KPM yang baik seperti KPM Prima dari Bank Danamon. KPM Prima ini bekerja sama dengan Adira Finance yang sudah terkenal lama di dunia pembiayaan dan asuransi kendaraan bermotor.

Inilah lima tips mencicil mobil bagi pasangan muda yang bisa dilakukan. Jadi, Anda tak perlu bingung soal biaya. Intinya, Anda harus menghitung semua biaya yang kira-kira dibutuhkan untuk beberapa tahun ke depan, jangan lupa juga Anda harus tetap memiliki biaya darurat untuk kebutuhan yang di luar kendali Anda. 


BERITA TERPOPULER