Pertama Kali Bepergian ke Luar Negeri Bersama Si Kecil? Simak Tipsnya Berikut Ini

Ketika Si Kecil memasuki usia 3 bulan, beberapa orangtua akan mulai merencanakan kapan waktu yang tepat untuk bepergian keluar bersama Si Kecil. Bahkan tidak jarang yang berani menunjuk luar negeri sebagai destinasi mereka. Selain sebagai ajang pelepas lelah dan mengurangi stress bagi para orangtua, jalan-jalan keluar negeri memang bisa dimanfaatkan sebagai media adaptasi dengan lingkungan yang baru bagi Si Kecil. Belum lagi, bepergian bersama anak-anak juga bisa memperkuat ikatan keluarga.

Namun, mengajak Si Kecil ke tempat umum atau keramaian memang memerlukan esktra persiapan. Untuk itu, berikut tips bepergian keluar negeri bersama Si Kecil yang perlu Anda perhatikan.

1. Konsultasikan Vaksin kepada Dokter

 

Membawa Si Kecil keluar negeri untuk pertama kalinya memang ngeri-ngeri sedap. Pasalnya, ada beberapa negara yang rentan menyebarkan suatu penyakit. Sebagai contoh, World Health Organization (WHO) mewajibkan siapapun yang ingin bepergian ke Etiopia, Sudan, Nigeria, atau daerah-daerah di Amerika Selatan untuk mendapat vaksin yellow fever.  Ada juga vaksin japanese encephalitis yang diwajibkan bagi siapapun yang hendak bepergian di kawasan Asia.

Oleh sebab itu, 4-6 minggu sebelum hari keberangkatan, pastikan Anda telah mengunjungi dokter untuk berkonsultasi.  Akan lebih baik jika Anda telah memiliki rencana perjalanan yang jelas, seperti: di mana lokasi tempat Anda menetap, berapa lama Anda di sana, hingga kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan untuk memudahkan dokter mengetahui vaksin apa saja yang sebaiknya diberikan. 

Baca Juga: 4 Negara Eropa ini bisa dikunjungi tanpa visa

 

2. Bawa Tas Khusus untuk Si Kecil

 

Jika Anda berpikir bisa membawa sedikit barang bawaan saat bepergian keluar negeri bersama Si Kecil, maka segeralah buang jauh-jauh pikiran tersebut. Khusus untuk berbagai keperluan pribadi Si Kecil saja, Anda harus menyiapkan satu tas khusus. Biasanya tas tersebut akan diisi oleh obat-obatan rutin, mainan, camilan atau makanan ringan, tabir surya, P3K, dan berbagai kebutuhan lainnya. Oleh sebab itu, siapkan waktu yang cukup banyak untuk packing, ya. Jangan sampai ada barang yang ketinggalan dan menyebabkan Si Kecil rewel seharian.

 

3. Membawa Mainan dan Bacaan selain Gadget

 

Karena Anda dan Si Kecil akan menghabiskan banyak waktu saat perjalanan, maka sudah wajib hukumnya untuk membawa pengalih kebosanan mereka. Namun, usahakan untuk tidak memberikan mereka gadget. Dikutip dari theAsianparent Indonesia, anak-anak yang menggunakan teknologi melebih batas waktu yang dianjurkan justru bisa menghambat tumbuh kembang otak, mental, bahkan fisik mereka.  Oleh sebab itu, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan satu set buku mewarnai dan pensil warnanya. Atau jika Anda tidak mau pensil warna tercecer, Anda bisa memberikan Si Kecil magnetic doodler atau buku bergambar favorit mereka.

Baca Juga: Ini waktu beli tiket pesawat dengan harga murah

 

4. Pilih hotel yang nyaman bagi Si Kecil

 

Memilih hotel yang tepat untuk liburan keluarga memang bukan pekerjaan mudah, apalagi jika Anda pergi ke luar negeri yang notabenenya adalah sebuah kawasan baru. Anda mungkin tidak berharap sampai mendapat hotel yang terlalu ekslusif, tetapi karena kali ini Si Kecil ikut pergi, tentu saja Anda harus memastikan bahwa hotel yang dipilih ramah anak dan menyediakan beberapa fasilitas dasar.

Untuk suasana yang lebih nyaman, Anda bisa memilih hotel dengan tipe vila atau pondok yang lokasinya terpisah antara satu dengan yang lain. Selain Si Kecil akan lebih leluasa bermain, tipe vila atau pondok ini biasanya menyediakan dapur yang bisa Anda gunakan untuk memasak makanan Si Kecil. Hotel yang ramah anak juga biasanya memiliki fasilitas dasar seperti: kolam renang (indoor maupun outdoor), taman bermain, atau bahkan aktivitas khusus untuk keluarga.

Kabar baiknya, karena bepergian ke luar negeri membutuhkan biaya yang cukup besar, maka Anda bisa menghemat di bagian penginapan ini. Dengan kartu Danamon American Express, Anda bisa mendapat banyak kelebihan.

Jika Anda ingin bepergian ke luar negeri, apalagi untuk pertama kalinya, bersama Si Kecil, maka mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik adalah sebuah kunci. Oleh sebab itu, segera praktekan empat tips bepergian ke luar negeri di atas, dan liburan Anda dipastikan terhindar dari kerepotan. Selamat berlibur!


BERITA TERPOPULER