Punya Dana Lebih? Inilah Prediksi Investasi yang Menguntungkan Sepanjang Tahun 2018

Apabila Anda memiliki sejumlah dana lebih yang bisa diinvestasikan, tentu Anda harus memanfaatkannya. Apalagi menimbang berbagai manfaat yang dihadirkan oleh investasi, hampir tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak melakukannya. Didukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin baik, investasi menjadi pilihan yang menarik.

Untuk membantu Anda membuat keputusan investasi pada tahun 2018 ini dengan baik, berikut sudah kami dirangkum khusus untuk Anda prediksi investasi yang menguntungkan sepanjang tahun 2018. Check it out!

 

1. Bisnis Hotel & Restoran

Bisnis hotel dan restoran tahun 2018 ini diprediksi memiliki risiko yang cukup tinggi di mata bank. Hal ini tercermin dari rasio kredit macet alias non-performing loan (NPL) sektor penyediaan akodomasi dan penyediaan makanan dan minuman yang tinggi pada awal tahun 2018. Per Januari tahun ini, rasio NPL sektor penyediaan akomodasi dan penyediaan makan dan minum mencatat rekor tertinggi dalam tujuh tahun terakhir.

Kondisi ini merupakan NPL tertinggi dibandingkan 10 sektor lapangan usaha utama lainnya. Sebagai perbandingan, rasion NPL pada sektor penyediaan akodomasi dan penyediaan makan dan minum pada Januari 2018 adalah sebesar 4,33%. Sektor akomodasi, makanan dan minuman sangat erat hubungannya dengan tingkat konsumsi masyarakat. Khusus untuk akomodasi, kesulitan terletak pada daya beli dan juga imbas kemajuan teknologi. Kehadiran aplikasi penyedia tempat tinggal di daerah wisata mengurangi okupasi perhotelan. 

Meskipun demikian, potensi bisnis sektor makanan dan minuman serta akomodasi masih terbilang bagus. Hal ini mengakibatkan share konsumsi terhadap ekonomi Indonesia masih berada di atas 50%. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut bahwa salah satu faktor penyebab tingginya NPL adalah bisnis hotel yang kurang optimal pada akhir tahun lalu. Hal ini berimbas pada kondisinya tahun ini. Sehingga, sebaiknya Anda pertimbangkan dengan matang jika ingin mencoba bisnis ini.

Baca Juga: Pemerintah gencar bangun infrastruktur

 

2. Emas

Apabila Anda memiliki uang lebih yang bisa digunakan untuk investasi, Anda patut mempertimbangkan investasi emas. Dibanding investasi dolar, bahkan investasi emas dianggap lebih menguntungkan. Mengingat beberapa keputusan pemerintah Amerika Serikat terkait suku bunga membuat sejumlah masyarakat merasa emas menjadi pilihan investasi yang lebih menjanjikan. Tahun 2018 ini, emas juga memiliki nilai positif yang bisa Anda andalkan, berbeda dengan dolar yang menunjukkan tren negatif tahun ini.

Anda juga tidak perlu khawatir karena emas selalu mudah untuk dijual kembali, dengan harga yang tidak akan mengecewakan. Untuk memulai investasi emas di zaman sekarang pun cukup mudah, tidak perlu menyimpan bentuk fisiknya, Anda tetap dapat berinvestasi menguntungkan. Oleh karena itu bagi Anda yang menjadikan emas sebagai investasi di tahun ini, Anda dapat menikmati keuntungannya yang cukup menjanjikan di kemudian hari. Terlebih dikarenakan emas tidak akan tergerus inflasi, pastinya sangat cocok menjadi investasi yang Anda pilih. 

3. Real Estate

Investasi real estate atau properti pada tahun 2018 ini juga diprediksi semakin banyak peminatnya. Mengingat pembelian produk properti tidak lagi hanya menjadi kebutuhan tempat tinggal, pastinya investasi satu ini cukup menjanjikan. Terlebih hanya dalam hitungan waktu satu tahun, harga sebuah properti dapat dipastikan akan terus mengalami peningkatan. Apalagi jika didukung oleh faktor geografis, investasi satu ini memiliki masa depan cukup cerah.

Jika memiliki dana lebih, Anda dapat mencoba membeli properti seperti rumah yang tahun ini akan selalu dilirik dan dicari. Investasi properti tahun 2018 ini tetap bisa menjadi pilihan, terlepas dari naiknya harga properti, karena untuk jangka panjang, investasi ini menghadirkan keuntungan berlipat yang menggiurkan. Anda dapat membeli properti di daerah yang sedang berkembang secara infrastruktur untuk mendapat keuntungan lebih besar.

Salah satu daerah yang cocok untuk investasi ini adalah Bekasi. Bekasi cocok sebagai daerah investasi properti tahun ini karena Anda masih dapat membeli rumah di kawasan ini dengan harga relatif murah. Namun, dalam hitungan satu hingga dua tahun ke depan, harga rumah di Bekasi diprediksi akan mengalami peningkatan sehingga akan sangat menguntungkan jika Anda membelinya sekarang.

Selain rumah, investasi pada bidang properti lainnya seperti apartemen juga diprediksi mulai mendapat perhatian dari masyarakat. Alih-alih Bekasi, investasi properti ini sebaiknya Anda lakukan di daerah-daerah lain khususnya pada daerah yang dekat dengan kawasan kantoran atau letaknya strategis. Di Surabaya, pasar apartemen bahkan menunjukkan nilai rapor yang lebih baik daripada Jakarta. Hal ini dipicu oleh kondisi arus lalu lintas Surabaya yang tidak sepadat Jakarta. 

Oleh karena itu, Anda dapat melirik Surabaya jika tertarik terjun ke dalam investasi properti. Terlebih investasi apartemen di Surabaya tahun ini diketahui mengalami peningkatan dibanding tahun 2017 lalu. Arus lalu lintas menjadi faktor penting karena apartemen di Surabaya dilirik sebagai salah satu tempat transit untuk berbagai kepentingan bisnis, khususnya bagi pebisnis yang memiliki mobilitas tinggi.

Selain Surabaya, Anda juga bisa mempertimbangkan Bandung dan Yogyakarta yang juga menawarkan peluang investasi properti yang cukup menjanjikan. Kedua kota ini dikenal sebagai salah satu tempat wisata, sehingga memiliki properti di kedua kota ini pastinya bisa jadi kesempatan investasi yang layak Anda pilih.

Baca Juga: Potensi ikan di Ambon potensi bisnis abon

 

4. Bursa Saham

Tahun 2017 lalu, para investor dan trader saham mampu tersenyum, karena kondisi pasar saham yang cukup kondusif dengan sukses mencetak rekor penutupan yang cukup memuaskan. Lalu, bagaimana dengan prediksi investasi bursa saham satu ini? Secara garis besar, investasi bursa saham di Indonesia tahun 2018 ini diprediksi mendapat sejumlah tantangan, salah satunya adalah faktor tahun politik hingga kenaikan suku bunga Fed.

Kendati demikian, sebagian besar pakar ekonomi di Indonesia masih cukup optimis dengan kondisi investasi satu ini. Mengingat kondisi ekonomi di Indonesia yang semakin kokoh, besar kemungkinan pasar saham di Indonesia akan mengalami peningkatan. Selain itu, kekhawatiran mengenai kondisi politik yang berpengaruh terhadap bursa saham juga tampaknya tidak perlu terlalu dicemaskan. Pasalnya, perputaran uang di tahun politik ini lebih banyak daripada biasanya, sehingga memicu bursa saham bergerak lebih tinggi.

Mengandalkan kinerja saham Indonesia yang mencatatkan performa cukup baik sepanjang tahun 2017 lalu, maka menjadikan bursa saham sebagai pilihan investasi Anda tahun ini patut untuk dipertimbangkan. Terjadi penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang didukung oleh sektor saham keuangan yang mencatatkan performa terbaik. 

Jika tahun lalu sektor saham keuangan dan saham industri dasar dan konsumsi menjadi primadona, maka tahun ini sejumlah sektor saham seperti tambang, konsumsi, dan bank bisa Anda perhitungkan. Harga komoditas juga diprediksi akan mengalami peningkatan. Apakah Anda tertarik mencoba investasi bursa saham ini?


5. Deposito

Deposito merupakan produk investasi yang menawarkan Anda imbal balik yang menarik. Sebagai alternatif selain tabungan, deposito hadir sebagai investasi aman khususnya bagi Anda yang tidak ingin mengambil risiko besar. Tingkat imbal balik yang ditawarkan oleh deposito juga cukup menarik, dengan nilainya yang stabil atau setara dengan laju inflasi, sekitar 6 persen setiap tahunnya.

Tahun 2018 ini, deposito juga diprediksi tetap menjadi pilihan banyak investor saat ini. Bukan hanya menawarkan sisi imbal balik yang menarik, namun juga karena deposito menawarkan kemudahan dalam pembukaan rekening, penarikan, hingga memberikan pilihan jangka waktu yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dana yang Anda simpan melalui deposito juga dijamin aman, karena berbagai kegiatan deposito mendapat pengawasan spesial dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda memiliki investasi yang paling menguntungkan pada tahun 2018 ini. Untuk mendapatkan hasil investasi dengan keuntungan maksimal, Anda juga dapat mengandalkan Danamon Regular Investment Plan. Tertarik? Segera bergabung sekarang!


BERITA TERPOPULER