Cara Tetap Hemat Meski Hobi Jalan-Jalan ke Mall

Jalan-jalan ke mall memang mengasyikkan, apalagi jika tidak ada pekerjaan saat weekend. Di mall, Anda bisa melakukan banyak kegiatan, mulai dari belanja hingga makan. Tetapi, jika Anda hobi ke mall dan selalu ke sana setiap akhir pekan, bisa-bisa pengeluaran Anda susah terkontrol bukan? Terlebih jika Anda adalah tipe orang yang mudah tergoda untuk belanja.

Nah, penasaran bagaimana caranya agar tetap hemat walau Anda hobi jalan-jalan di mall? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut!

 

1. Lebih Baik Jalan-Jalan Sendiri di Mall

Mungkin jalan-jalan sendirian di mall bukan hal yang biasa Anda lakukan, namun sangat layak Anda coba. Apabila Anda datang bersama dengan saudara atau teman dan melihat mereka membeli sesuatu yang menurut Anda bagus, besar kemungkinan Anda akan tergoda untuk juga membelinya. Padahal mungkin barang tersebut tidak terlalu Anda butuhkan. Harapan Anda untuk hemat pun gagal.

Oleh karena itu, cobalah sesekali untuk datang ke mall sendiri agar Anda dapat membeli barang yang memang Anda butuhkan. Jika datang sendirian, waktu yang Anda habiskan di mall akan lebih efektif karena Anda cenderung fokus terhadap tujuan Anda saja. Misalnya Anda ke mall hanya untuk belanja produk makeup, Anda dapat menahan diri dari membeli produk lainnya jika datang sendirian. Dengan begitu, otomatis uang yang Anda keluarkan pun tidak berlebihan.

Baca Juga: Seberapa penting kartu kredit?

2. Cek Harga Secara Online Sebelum Belanja

 Jika Anda berencana belanja di mall, ada baiknya Anda cek dulu harga barang tersebut secara online. Hal ini agar Anda mendapat informasi mengenai diskon-diskon yang mungkin tersedia. Anda tidak perlu datang setiap hari ke mall hanya untuk memeriksa secara langsung penawaran diskon yang belum tentu ada.

Anda dapat memanfaatkan teknologi dengan mencari informasi secara online. Cukup buka sosial media Anda dan cari nama store yang sedang Anda incar. Anda juga bisa langsung mencari ID dari mall yang hendak Anda kunjungi untuk mendapat informasi terkait diskon hingga penawaran menarik lainnya.

 

3. Membuat Daftar Belanja

Jika tujuan Anda datang ke mall adalah untuk belanja, sebaiknya Anda membuat daftar barang yang hendak Anda beli. Buatlah to-buy-list yang dapat membantu Anda mengenyampingkan pembelian barang yang tidak Anda butuhkan. Apabila Anda hanya fokus membeli barang-barang dalam daftar belanja, maka pengeluaran yang tidak perlu akan dapat diantisipasi. Usahakan jangan tergoda dengan diskon-diskon besar, jika barang diskon tersebut sama sekali tidak Anda butuhkan.

 

4. Pakai Uang Elektronik Bisa Dapat Promo

Anda juga dapat menggunakan uang elektronik apabila Anda tertarik untuk mendapatkan promo-promo spesial yang dapat membuat Anda lebih hemat saat jalan-jalan ke mall. Umumnya, uang elektronik dihadirkan untuk mempermudah pembayaran serta menawarkan berbagai keuntungan seperti promo atau diskon yang bisa Anda manfaatkan. Sehingga, dengan menggunakan uang elektronik Anda dapat menjadi lebih hemat setiap kali jalan-jalan ke mall.

Baca Juga: Pengelolaan keuangan untuk persiapan pernikahan

 

5. Tetap Harus Menabung Setiap Bulannya

Jika Anda hobi datang ke mall, sebaiknya Anda tetap harus menabung per bulan. Anda tidak boleh melewatkan aktivitas menabung karena uang Anda bisa dengan mudah habis setiap kali jalan-jalan ke mall. Apabila Anda sulit mengontrol pengeluaran setiap kali ke mall, ada baiknya Anda mengurangi intensitas pergi ke sana. Batasi diri Anda dari aktivitas yang dilakukan di mall.

Misalnya, jika minggu ini Anda datang untuk makan, usahakan untuk tidak dibarengi dengan nonton bioskop. Melakukan banyak hal sekaligus saat berada di mall hanya akan membuat pengeluaran Anda membengkak. Usahakan untuk membatasi diri Anda dari melakukan aktivitas yang menuntut Anda mengeluarkan banyak biaya.

Nah, sebaiknya Anda coba lakukan beberapa cara di atas untuk menghemat pengeluaran saat jalan-jalan di mall. Jika Anda ingin lebih hemat, Anda dapat memanfaatkan Kartu Danamon Flazz yang menawarkan berbagai promo menarik yang bisa Anda manfaatkan. Berbagai pembayaran yang Anda lakukan juga jadi lebih mudah dan praktis tanpa ribet. Semoga bermanfaat!


BERITA TERPOPULER