8 Trik Sukses Beli Tiket Pesawat Murah Jelang Lebaran

Membeli tiket pesawat murah jelang lebaran memang bukan hal yang mudah. Apalagi di tengah maraknya pembeli di waktu dekat. Namun, bukan berarti Anda tak bisa menemukan harga yang pas di kantong. Ikuti delapan trik sukses membeli tiket pesawat murah jelang lebaran berikut, agar Anda bisa mudik atau berlibur tanpa was-was dengan harga yang ditawarkan.

1. Lebih Awal Berburu, Lebih Baik

Persiapan lebih awal lebih baik. Berburu tiket jauh-jauh hari bisa menjadi opsi yang sangat baik untuk Anda yang mau mencari tiket pesawat murah jelang lebaran. Umumnya, tiket pesawat yang dibeli beberapa bulan sebelum hari H bisa lebih murah daripada Anda membelinya satu hari sebelum hari H.

Hal ini disebabkan oleh kursi yang semakin minim dan tidak adanya promo. Promo-promo penerbangan umumnya diadakan jauh-jauh hari. Jadi, Anda setidaknya harus proaktif dalam mencari promo tersebut, supaya tidak ketinggalan harga menarik yang bisa membuat Anda berhemat ratusan ribu.

Trik ini sebaiknya dilakukan sesegera mungkin oleh Anda yang memiliki rute populer untuk mudik. Seperti Jawa Timur atau daerah-daerah yang bukan Jakarta. Karena, pasti akan sangat banyak orang yang melakukan penerbangan ke daerah-daerah tersebut.

2. Pilih Penerbangan Jelang Dini Hari

Selain tentang kapan Anda memesan tiketnya, harga tiap penerbangan umumnya juga berbeda berdasarkan jam penerbangannya. Jam-jam sibuk seperti jam enam sore atau sembilan pagi umumnya memiliki harga yang cukup mahal. Beberapa penerbangan jam pertama pun harganya terkadang sangat tinggi bila dibandingkan dengan penerbangan terakhir yang umumnya menjelang dini hari.

Bila Anda memang mencari tiket pesawat murah jelang lebaran, memilih penerbangan jelang dini hari bisa jadi opsi yang baik. Hal ini bisa membuat Anda berhemat sedikit, meskipun biasanya perbedaan harga tak sampai lebih dari Rp500 ribu tentunya. 

Baca Juga: Perbedaan KTA dan Dana Tunai Kartu Kredit


3. Lakukan Pemesanan Tengah Malam 

Saat tengah malam, biasanya ada tiket-tiket yang dijual dengan harga lebih murah. Oleh karena itu, bagi Anda yang memang berniat untuk mencari tiket dengan harga terjangkau, jangan lelah untuk melakukan pemesanan tengah malam. Apalagi bagi Anda nasabah dari Bank Danamon.

Bank Danamon kini memiliki aplikasi D-Bank. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan aneka pembayaran, termasuk dengan pembayaran pesawat. Bisa dilakukan lewat opsi transfer dana atau dengan membeli tiket pesawat langsung (khusus untuk maskapai Garuda dan Lion Air). Sehingga, Anda tak perlu repot untuk keluar tengah malam hanya demi membayar tiketnya. 

Cukup gunakan aplikasi D-Bank yang bisa Anda unduh di Play Store untuk Android atau App Store untuk pengguna iOS. Apalagi di saat puasa seperti saat ini, Anda pastinya akan bangun lebih awal untuk menyiapkan sahur. Manfaatkan kesempatan ini untuk melakukan pemesanan tiket pesawat juga. 


4. Pahami Jenis Maskapai 

Setiap maskapai memiliki jam dan waktunya tersendiri untuk melakukan promo. Dengan memahami hal ini, Anda bisa dengan tepat dan efektif saat mencari tiket murah. Sehingga Anda tak perlu bolak-balik melihat smartphone atau komputer Anda untuk mencari promo. Beberapa maskapai juga memiliki kerja sama dengan sejumlah aplikasi penjualan tiket pesawat. Jangan lupa juga untuk menyalakan notifikasi dari aplikasi tersebut di smartphone Anda agar tidak ketinggalan harga promo.

5. Gunakan Mode Incognito Atau Private Browsing

Untuk mendorong pembelian, beberapa website menggunakan cookie pada browser Anda untuk menyelidiki apakah Anda sudah melihat halaman tiket tersebut beberapa kali atau tidak. Bila Anda diketahui telah berada di halaman tersebut dalam beberapa waktu, harga tiket pesawat umumnya akan menjadi lebih mahal. Karena itu Anda sebaiknya menggunakan mode tidak terlihat di beberapa browser. Seperti mode Incognito milik Chrome atau Private Browsing miliki Mozilla Firefox. 

Dengan menggunakan mode tersebut, Anda tidak akan terdeteksi oleh website tersebut sehingga harga yang dibayarkan tidak akan berubah. Caranya, buka mode tidak terlihat tersebut sebanyak dua window. Kemudian, masuk ke dalam website penjual tiket pesawat lalu cari tiket yang Anda inginkan. Setelahnya, copy alamat dari laman tersebut dan tutup window yang pertama. Setelahnya, paste alamat dari laman tersebut ke window yang lain dan lakukan pembelian di halaman itu. 

6. Jangan Takut untuk Menggunakan Dua Maskapai

Maksudnya, tidak masalah untuk menggunakan dua jenis maskapai untuk perjalanan pulang dan pergi Anda. Ketika memang ada maskapai yang memiliki harga lebih murah saat Anda memesannya untuk perjalanan pulang atau pergi, jangan ragu untuk mengambilnya. Hal ini tidak merepotkan ketika Anda melakukan pemesanan secara online. 

Baca Juga: Perhatikan 5 hal sebelum beli mobil pertama


7. Hari Selasa dan Tanggal Tua Bisa Jadi Opsi

Selain memesan jauh-jauh hari, Anda juga bisa memanfaatkan hari Selasa dan tanggal tua. Maskapai umumnya menurunkan harga di kedua waktu ini. Umumnya karena memang orang jarang melakukan pemesanan di hari selasa dan tanggal tua. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil tiket yang lebih murah.

Namun Anda memang sebaiknya melakukan ini selambat-lambatnya satu minggu sebelum terbang agar perbedaan harganya cukup signifikan. Bila Anda melakukan hal ini saat hari H atau satu hari sebelumnya, trik ini tidak akan terlalu berpengaruh.

8. Naik dan Turun di Bandara Sekunder

Beberapa kota besar memiliki lebih dari satu bandara. Surabaya misalnya, Terminal 2 dikhususkan untuk maskapai dengan harga lebih mahal daripada Terminal 1. Anda bisa menggunakan trik ini untuk mencari harga tiket yang lebih murah. Meski memang umumnya bandara sekunder ini tidak memiliki fasilitas sebaik bandara utama, yang penting Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga murah, bukan?

Sekarang, Anda sudah tahu trik untuk membeli tiket pesawat murah jelang lebaran. Jadi, apa yang Anda tunggu? Segera lakukan pemesanan tiket mudik Anda sekarang juga. Jangan lupa untuk langsung membeli tiket penerbangan PP agar Anda tidak kebingungan saat pulang nanti.



BERITA TERPOPULER