5 Cara Pintar Promosi Usaha dalam Pameran Bisnis

Pameran bisnis merupakan salah satu strategi promosi yang dimanfaatkan oleh para pengusaha dalam mengenalkan produk mereka. Sebagai ajang yang berpotensi meningkatkan penjualan serta menjaring konsumen dalam jumlah besar, tentu kesempatan bergabung dengan pameran bisnis tidak boleh disia-siakan.

Nah, apabila Anda berencana untuk mempromosikan usaha bisnis Anda dalam pemeran bisnis kali ini, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan. Penasaran? Berikut informasi lengkapnya!

 

Ciptakan Tagline yang Mudah Diingat

 

Hal pertama yang harus Anda siapkan untuk melalukan promosi usaha bisnis pada pameran bisnis kali ini adalah tagline yang mudah diingat. Apa pentingnya tagline? Frasa atau slogan yang digunakan untuk kepentingan promosi usaha ini penting agar konsumen dapat teringat dengan brand atau merek usaha yang Anda tawarkan. Tagline biasanya dirancang singkat dan padat agar lebih mudah diingat.

Biasanya, tagline menggunakan kata-kata yang jelas dan mudah dimengerti sehingga membuat orang yang mendengarnya, khususnya konsumen, dapat mencerna tagline secara lancar tanpa ada salah paham. Umumnya, tagline yang sukses akan membuat konsumen secara otomatis mengasosiasikan frasa tersebut dengan brand yang dipasarkan. Jadi, jika Anda menciptakan tagline yang mudah diingat untuk ajang promosi pada pameran bisnis kali ini, besar kemungkinan usaha bisnis Anda akan lebih dikenal.

Cobalah membuat tagline yang dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Anda harus membuat tagline yang menarik namun tentunya tetap berkaitan dengan brand yang ingin Anda pasarkan. Bahkan, beberapa perusahaan atau jenis usaha tertentu ada yang sengaja membuat tagline untuk bahan bercandaan agar nama atau merek perusahaannya dikenal oleh masyarakat luas.

Banyak perusahaan yang memiliki tagline melegenda sehingga dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Tagline yang dihadirkan memang sederhana, namun cukup menarik untuk tersimpan dalam memori dan mudah diingat. Contohnya adalah tagline dari KitKat “Ada break, ada KitKat”, Indomie “Indomie Seleraku”, Sosro “Apapun makanannya, minumnya teh botol Sosro”, hingga Dancow “Aku dan kau, suka Dancow”.  Beberapa tagline tersebut memang sederhana, namun memberikan dampak yang besar bagi perkembangan sebuah usaha. Tagline merupakan langkah pertama yang harus Anda perhatikan untuk membuat brand atau merek yang Anda tawarkan dikenal oleh masyarakat. Tidak heran jika tagline mempunyai peran penting dalam aspek promosi usaha, bukan?

Baca Juga: Cara efektif mengelola utang dan piutang dalam berbisnis

 

Logo Brand Unik dan Menarik

 

Anda juga sebaiknya menyiapkan logo brand yang unik dan menarik untuk mempromosikan usaha bisnis Anda secara optimal pada pameran bisnis kali ini. Logo brand merupakan salah satu hal paling penting dan tidak boleh Anda sepelekan. Logo dapat melambangkan bisnis yang Anda miliki, sementara merek sebagai identitas dari produk yang perusahaan Anda hasilkan.

Ada beberapa contoh logo dan merek yang telah mendunia, misalnya adalah bisnis makanan cepat saji McDonald’s. Logo perusahaan tersebut sangat sederhana, yaitu hanya huruf “M” berwarna kuning di dalam sebuah persegi berwarna merah. Meskipun sederhana, nyatanya logo tersebut dapat merepresentasikan perusahaannya secara sempurna dan diingat oleh masyarakat luas.

Usahakanlah untuk membuat logo brand yang unik, menarik, namun sederhana agar mudah diingat. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat logo seperti itu, misalnya mencari referensi. Anda dapat mencari referensi dari mana saja, bisa dari majalah, televisi, internet, bahkan dengan berkeliling ke mall sambil melihat berbagai logo brand yang ada untuk membuka kreativitas Anda.

Meskipun mengandalkan referensi, Anda tetap harus memperhatikan porsi kemiripan logo yang Anda buat. Jika terlalu mirip dengan logo dari perusahaan lain yang sudah populer, bisa-bisa logo brand Anda tersebut bermasalah dan sang pemilik logo original memperkarakan perihal kemiripan logo tersebut. Usahakan untuk membuat logo brand Anda seunik dan semenarik mungkin plus mengedepankan sisi originalitas.

Baca Juga: 4 Tips pengajuan pinjaman dana bisnis disetujui

 

Adakan Event Interaktif

 

Jika Anda ingin melakukan promosi usaha bisnis di pameran bisnis dengan sukses, Anda sebaiknya juga mengadakan event interaktif. Selama pameran bisnis berlangsung, tentunya Anda harus berusaha untuk berinteraksi secara langsung dengan pengunjung. Mengadakan event interaktif akan membuat pengunjung lebih tertarik dengan usaha Anda dan promosi yang Anda lakukan berpotensi sukses.

Anda dapat berdiri menawarkan produk dengan senyuman yang ramah dan bahasa yang baik. Apabila Anda melakukan interaksi dengan pengunjung dengan baik, paling tidak pengunjung bersedia untuk melihat-lihat stand usaha bisnis yang Anda punya. Selain itu, Anda juga dapat mengadakan event interaktif berupa tanya jawab seputar bisnis untuk memberikan informasi kepada pengunjung.

Anda dapat menampung pertanyaan yang diajukan seputar usaha bisnis dan memberikan jawaban yang singkat, padat, dan jelas. Event interaktif seperti ini lebih berpotensi untuk mencuri perhatian pengunjung sehingga promosi yang ingin Anda lakukan menjadi lebih lancar. Sediakan juga berbagai produk sampel yang bisa dicoba oleh pengunjung agar pengetahui mereka mengenai produk yang Anda tawarkan semakin luas. 

Baca Juga: 4 Anak muda Indonesia dengan perusahaan bervaluasi 1 miliar dollar

 

Promosi Lewat Media Sosial

 

Zaman sekarang, media sosial pastinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, termasuk promosi usaha bisnis dalam pameran bisnis. Sebelum melakukan promosi di pameran bisnis tersebut, Anda dapat mempromosikan terlebih dahulu lewat media sosial. Cara ini cukup ampuh untuk mengumpulkan perhatian dari berbagai pihak untuk berkunjung ke acara pameran bisnis di mana Anda melakukan promosi.

Apalagi saat ini banyak konsumen yang mendapatkan informasi mengenai brand atau produk melalui media sosial sehingga memanfaatkannya secara maksimal adalah pilihan yang layak Anda lakukan. Mempromosikan usaha bisnis Anda melalui media sosial juga dapat memberikan banyak manfaat pada perkembangan usaha Anda, mulai dari peningkatan brand awareness hingga loyalitas konsumen terhadap brand.

 

Ajak Influencer Bergabung

 

Untuk menjaring lebih banyak perhatian pengunjung dalam pameran bisnis yang Anda hadiri, Anda dapat mengajak influencer untuk bergabung dalam acara tersebut. Influencer sangat penting untuk membuat pengunjung tertarik terhadap produk bisnis yang Anda tawarkan. Apalagi kebanyakan konsumen lebih mempercayai informasi yang diberikan oleh seseorang yang memang cukup dipercaya.

Terlebih di era digital seperti sekarang, influencer bukanlah hal baru. Sebagai orang-orang yang memiliki pengaruh kuat di media sosial, influencer pastinya dapat membawa pengaruh baik terhadap peningkatan bisnis Anda. Kampanye pemasaran melalui influencer saat ini juga memiliki tingkat korelasi yang lebih tinggi terhadap penjualan. Tertarik mencoba?

Itulah lima cara pintar yang bisa Anda lakukan untuk melakukan promosi usaha bisnis dalam pameran bisnis Anda kali ini. Dengan melakukan cara di atas, usaha bisnis Anda akan mendapat lebih banyak perhatian dari masyarakat sehingga dikenal luas dan dapat berkembang lebih besar.

Buat Anda yang tengah menjalankan sebuah usaha, jangan lupa juga untuk mengunjungi Danamon Solusi UKM untuk mendapatkan solusi dalam pengembangan usaha yang Anda jalani, ya. Semoga bermanfaat!