4 Alternatif Tempat untuk Anda yang Pertama Kali Mengembangkan Bisnis

Ketika mengembangkan usaha, ada banyak hal yang perlu Anda pikirkan dan pertimbangkan, salah satunya adalah tempat usaha. Tentu Anda butuh tempat untuk menjalankan usaha Anda, terlebih jika Anda hendak mengembangkan usaha tersebut. Namun, memiliki tempat usaha tidaklah segampang membalikkan telapak tangan, apalagi biaya selalu menjadi hambatan. Lalu, apa solusinya?

Nah, beberapa alternatif tempat berikut bisa sangat bermanfaat bagi Anda yang pertama kali mengembangkan usaha. Check these out! 

 

Garasi Rumah

 

Dalam mengembangkan sebuah bisnis, tentu memiliki tempat usaha merupakan salah satu prioritas Anda. Akan tetapi, hal ini sepertinya tidak bisa segera dilakukan, mengingat keterbatasan modal serta biaya yang tersedia. Meskipun memiliki tempat usaha yang strategis adalah pilihan ideal, namun jika belum mampu, apa yang harus Anda lakukan? Jika Anda terkendala masalah biaya, tidak perlu terlalu khawatir menentukan tempat usaha. Anda dapat menyulap rumah Anda menjadi tempat usaha, khususnya garasi. Space yang luas dan kosong tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai tempat usaha yang berbiaya rendah namun cukup efektif. Anda hanya perlu menyesuaikan kondisi garasi tersebut dengan tipe usaha Anda.

Jika Anda membutuhkan tempat yang menyediakan meja, kursi, hingga sambungan listrik, Anda dapat menyulap garasi rumah menjadi kantor kecil yang cukup nyaman. Anda juga dapat meberikan sentuhan interior desain apabila diperlukan. Mengingat kondisinya yang tidak berada di dalam rumah, Anda tetap dapat menjalankan bisnis dengan lancar tanpa menganggu privasi keluarga Anda. Cukup menarik, bukan?

Beberapa tipe usaha menarik juga bisa Anda mulai dari garasi rumah. Mulai dari jualan kue, rumah makan, baju, warung internet, café, laundry, hingga salon motor. Tak perlu gengsi, apalagi jika usaha Anda dapat berjalan pesat dan memberikan keuntungan besar. 

Baca Juga: 4 cara pintar melihat potensi pasar untuk sebuah bisnis

 

Co-working Space

 

Familiar kah Anda dengan co-working space? Seperti namanya, co-working space merupakan sebuah tempat berkumpulnya para individu dengan latar belakang pekerjaan atau bisnis yang berbeda. Co-working yang berarti kerja sama atau kolaborasi membuat alternatif tempat usaha satu ini pas bagi Anda pengusaha pemula. Mengusung konsep transparansi, Anda dapat bertemu dengan orang-orang baru di sini.

Co-working space merupakan hasil dan solusi dari semakin banyaknya startup yang bermunculan di Indonesia. Para pengusaha baru tentunya belum memiliki biaya cukup besar untuk memiliki tempat usaha sendiri, oleh karena itulah tempat ini dihadirkan sebagai solusi. Suasana yang dihadirkan biasanya cukup profesional sehingga dapat mendukung semangat dan produktivitas kerja. 

Bagi Anda yang baru saja mengembangkan usaha, Anda pasti memerlukan sebuah tempat yang pas untuk melakukan koordinasi bersama tim, dan co-working adalah jawabannya. Di sini, Anda tidak hanya dapat menjalankan usaha dengan lebih optimal, namun juga mendorong pengembangan usaha Anda. Mengingat terdapat banyak usaha yang menggunakan co-working space, Anda berkesempatan bertemu dengan orang baru dan membuka potensi kerja sama yang dapat mendorong perkembangan usaha Anda.

Alternatif tempat usaha satu ini tidak hanya ditujukan untuk para startup founder saja, akan tetapi juga untuk individu yang mempunyai bisnis digital hingga para freelancer profesional. Bagi Anda yang membutuhkan tempat untuk bekerja di luar rumah namun tidak terlalu ketat seperti kantor, maka co-working space adalah tempat usaha yang tepat bagi Anda. Berbagai fasilitas seperti Wi-Fi hingga meeting room pun dapat Anda manfaatkan secara optimal dan mendorong perkembangan usaha Anda. 

Baca Juga: Cara efektif mengelola utang dan piutang dalam berbisnis

 

Virtual Office

Virtual office atau yang dikenal juga dengan sebutan kantor virtual adalah sebuah lokasi usaha yang hanya terdapat di dunia maya. Alternatif tempat usaha satu ini bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh sebuah alamat kantor fisik dengan cara disewa. Anda dapat menyewa virtual office untuk menggunakan alamat virtual office tersebut sebagai alamat bisnis Anda.

Kenapa penting? Hal ini mengingat banyaknya kasus penipuan yang mengatasnamakan pekerjaan. Memiliki alamat kantor yang jelas merupakan sebuah keuntungan dan keharusan jika Anda hendak mengembangkan usaha. Virtual office ini merupakan ruang bersama yang sama seperti kantor fisik pada umumnya. Manfaat yang ditawarkan juga mirip dengan kantor pada umumnya, seperti telepon, email, hingga fax.

Secara singkat, virtual office dapat dipahami sebagai jaringan yang dibagi oleh mitra bisnis dan pekerja mengambil dunia maya dan real estate digital melalui internet. Memanfaatkan virtual office sebagai alternatif tempat usaha Anda adalah salah satu cara paling efektif yang bisa Anda lakukan di zaman serba praktis seperti sekarang. Jika tertarik, Anda cukup menyiapkan dana sebagai ongkos sewa.

Sebelum menyewa virtual office, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal seperti lokasi, fasilitas yang tersedia, jasa asisten yang diberikan, konsep perusahaan, hingga sistem kepegawaian dan pasti harga sewanya. Tujuan Anda menyewa virtual office tentu untuk menekan biaya, oleh karena itu Anda dapat melakukan perbandingkan antara satu tempat dengan tempat lainnya untuk mendapat harga terbaik.

Menyewa virtual office sebenarnya sama dengan kantor pada umumnya. Terdapat staff surat-menyurat, resepsionis, hingga pengatur sistem domain perusahaan. Perbedaan utamanya hanyalah ruangan dan alamat fisik yang digunakan bersama oleh berbagai perusahaan yang menyewa virtual office tersebut. Dengan menyediakan jasa penyewaan bagi perusahaan berskala kecil hingga menengah, tentu tempat usaha ini berbiaya lebih murah dan patut Anda pertimbangkan.

Baca Juga: Tips agar pengajuan pinjaman dana bisnis disetujui

 

Ruko

 

Apabila Anda berniat untuk mengembangkan usaha Anda, tentu pemilihan tempat usaha harus benar-benar Anda perhatikan, apalagi jika usaha yang Anda jalankan sangat bergantung pada lokasi bisnis yang strategis. Nah, salah satu alternatif tempat usaha yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan usaha yang Anda jalankan adalah ruko. Jika Anda mampu memiliki ruko di lokasi yang tepat, besar kemungkinan usaha Anda dapat berkembang lebih besar.

Sebagian pebisnis kecil di Indonesia memiliki ruko atau rumah kecil untuk mengembangkan usahanya. Bangunan yang umumnya bertingkat antara dua hingga lima lantai ini sudah menjamur di berbagai wilayah Indonesia, dari kota besar hingga kota kecil, menunjukkan kepopulerannya di kalangan pebisnis pemula. Anda pun dapat memanfaatkan tempat usaha ini khususnya jika merek dagang Anda masih belum terlalu terkenal.

Hal ini berkaitan dengan lokasi ruko yang cukup strategis. Karena letaknya yang tidak berdiri sendiri, Anda tidak perlu terlalu bersusah payah mencari pelanggan karena biasanya pelanggan yang akan mendatangi tempat bisnis Anda. Terutama bagi Anda yang menjalankan usaha barang seperti jualan baju hingga buku, membuka ruko adalah hal yang tepat dilakukan untuk mengembangkan usaha Anda.

Ruko biasanya disewa dengan harga yang cukup besar, namun jika Anda bisa memiliki lokasi ruko yang tepat, biaya yang Anda keluarkan tersebut dapat menjadi investasi yang menguntungkan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memiliki ruko, salah satunya adalah lokasi yang strategis. Anda patut mempertimbangkan tingkat kepadatan penduduk di sekitar lokasi. Sebaiknya pilihlah lokasi yang dekat dengan pemukiman padat agar semakin besar potensi pasar dari usaha Anda.

Besaran pendapatan penduduk di sekitar lokasi juga penting untuk Anda ketahui. Hal ini berkaitan dengan daya beli konsumen. Tentu Anda tidak berniat membuka usaha di mana orang-orang tidak tertarik atau bahkan tidak mampu membeli produk Anda, bukan? Pertimbangkan juga minat konsumen terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jika Anda menawarkan jasa fotocopy, tentu memilih ruko yang dekat dengan area kampus atau sekolahan adalah pilihan lebih baik daripada area pasar.

Nah, itulah beberapa alternatif tempat usaha yang bisa digunakan bagi Anda yang baru pertama kali mengembangkan usaha. Pertimbangkanlah kebutuhan Anda untuk menentukan tempat usaha yang paling tepat dan sesuaikan dengan ketersedian dana yang Anda punya. Jika usaha Anda sudah berjalan dan perlu bantuan untuk mengembangkan usaha, Anda dapat mengunjungi Danamon Solusi UKM untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pengembangan usaha Anda. 




BERITA TERPOPULER