Ingin Berqurban Tiap Tahun? Simak Dulu 5 Caranya Berikut Ini

Sebagai seorang muslim, Anda tentu ingin berqurban setiap tahunnya. Berqurban memang merupakan kewajiban, khususnya bagi Anda yang mampu. Tapi, Anda tak perlu menunggu hingga memiliki harta berlimpah ruah dahulu untuk bisa berqurban. Apabila Anda memiliki niat yang baik, ada banyak jalan yang bisa Anda lakukan. Yuk terapkan 5 cara ini agar Anda bisa berqurban setiap tahun, mulai sekarang!

 

Rutin Menyicil Tiap Bulan


Jika Anda serius menjalankan niat berqurban setiap tahunnya, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah rutin menyicil tiap bulan. Mungkin sebelumnya Anda pernah menyicil saat membeli alat elektronik atau barang-barang lainnya. Pada dasarnya konsep cicilan produk elektronik dengan menyicil hewan qurban sama saja. Anda cukup menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk melakukan cicilan.

Pertama, pilihlah jenis hewan qurban Anda inginkan. Sesuaikanlah dengan kemampuan Anda secara financial. Pilih yang kira-kira pas dan tidak terlalu memberatkan. Ingat bahwa berqurban bukanlah hal yang perlu Anda paksakan. Setelah memilih jenis hewan qurban dengan harga yang sesuai, rutinlah menyicil harganya tiap bulan.

Misal, Anda memilih kambing dengan harga Rp3.000.000 untuk qurban tahun depan. Dengan prediksi kenaikan harga 10%, harga kambing bisa naik menjadi Rp 3.300.000. Jika Anda menyicil selama 10 bulan, maka nominal yang harus Anda sisihkan setiap bulannya adalah Rp 330.000. Cara ini akan terasa lebih mudah dan ringan, bukan?

Baca Juga: 5 Tips Agar Anda Lebih Rajin Menabung

 

Ikut Arisan Qurban

Jika menabung terdengar susah bagi Anda, mencoba ikut arisan qurban juga tidak ada salahnya. Cara ini bisa jadi cara paling mudah yang bisa Anda lakukan. Apalagi bagi Anda yang merasa kesulitan untuk menyimpan uang untuk membeli hewan qurban. Mengikuti arisan akan membuat Anda merasa berkewajiban untuk menyetor sejumlah uang setiap bulannya dengan rajin.

Apabila ingin agar uang arisan yang sudah Anda kumpulkan tak terpakai untuk urusan lain, mintalah nama Anda untuk dipilih paling akhir menjelang hari raya qurban. Pastikan juga bahwa uang arisan yang akan Anda dapatkan cukup untuk membeli hewan qurban yang Anda inginkan.

 

Buat Rekening Baru


Untuk memastikan Anda mengumpulkan uang qurban dengan optimal, buatlah rekening baru. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kegagalan mengumpulkan uang untuk membeli hewan qurban. Jika uang qurban dan uang sehari-hari untuk kebutuhan disatukan, akan lebih sulit bagi Anda untuk memisahkan penggunaan keduanya.

Agar aman, segeralah buat rekening baru untuk memisahkan uang tabungan qurban dengan rekening tabungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Usahakan untuk tidak menggunakan uang tabungan qurban yang sudah Anda kumpulkan dengan kebutuhan lainnya. Karena hal itu hanya akan membuat usaha Anda mengumpulkan uang membeli hewan qurban jadi kacau.

 

Bisa Juga Menabung Dengan Emas


Mengumpulkan uang memang bisa terasa menyusahkan, namun mempertahankannya tidak kalah menyulitkan. Apabila Anda sudah mengumpulkan uang untuk membeli hewan qurban, jangan sampai karena kepentingan lainnya uang tersebut malah Anda gunakan. Belilah perhiasan emas untuk menyimpan uang yang sudah Anda kumpulkan tersebut. Cara ini bisa membuat Anda tak perlu lagi khawatir akan menggunakan uang qurban secara tiba-tiba.

Baca Juga: Perbedaan Antara Investasi Deposito dengan Reksa Dana

 

Pilih Qurban Kolektif


Jika membeli hewan qurban sendiri masih terasa terlalu berat bagi Anda, berqurban secara kolektif juga bisa Anda coba. Pilihlah qurban kolektif yang bisa Anda beli dengan cara patungan bersama teman atau saudara Anda yang juga ingin melakukan qurban kolektif. Pilihan ini bisa jadi lebih ringan soal nominal uang yang harus Anda keluarkan, dan bisa terasa lebih menyenangkan karena Anda mengumpulkan biayanya bersama-sama.

Apabila Anda sudah berniat membeli hewan qurban, jangan ragu dan segera realisasikan. Anda bisa menggunakan salah satu cara di atas untuk dapat menjalankan niat baik Anda tersebut. Ingin agar rencana qurban Anda tidak akan gagal? Daftarkan saja diri Anda di Tabungan BISA Qurban iB. Anda bisa merencanakan qurban terbaik Anda sekarang dengan mudah dan pastinya menyenangkan!


BERITA TERPOPULER