4 Negara Eropa Ini Bisa Anda Kunjungi Tanpa Visa

Saat memiliki rencana liburan atau sekadar jalan-jalan ke luar negeri, ada satu hal yang mungkin membuat Anda kurang nyaman, visa. Bagi traveler, mengurus visa mungkin menjadi salah satu hambatan terbesar ketika ingin berkunjung ke luar negeri, khususnya Eropa. Mengingat prosesnya yang terbilang cukup sulit.

Nah, jika selama ini Anda telah menunda perjalanan ke Eropa karena susahnya mengurus visa, kunjungi saja 4 negara Eropa bebas visa berikut. Dijamin seru dan tak akan mengecewakan!

 

Serbia

Serbia adalah negara Eropa yang tidak boleh dilewatkan

Sejak bulan November tahun 2014 lalu, Anda bisa berkunjung ke Serbia tanpa visa. Syaratnya adalah Anda harus menjadi pemegang visa Schengen (Amerika Serikat) yang masih valid atau mempunyai izin tinggal di wilayah tersebut. Jika Anda memenuhi syarat, Anda bisa berkunjung ke negara yang memiliki jurang terbesar di Eropa (jurang Djerdap) ini tanpa visa hingga 90 hari. Tentunya, visa yang Anda miliki tersebut tetap harus valid selama Anda berkunjung di Serbia.
Mengunjungi negara ini juga merupakan pilihan yang patut Anda pertimbangkan. Belgrade Fortress, sebuah kastil megah lengkap dengan Kalemegdan Park indah, hadir untuk memanjakan mata Anda. Keberadaan kota Novi Sad yang terletak di tepi Sungai Danube hingga kota klasik Subotica yang penuh hiasan bangunan cantik membuat negara yang memiliki desa tradisional (dibangun untuk kebutuhan film Life is a Miracle) ini menjadi salah satu negara Eropa yang tidak boleh Anda lewatkan. 

Baca Juga: 4 Tips  traveling dadakan

 

 Armenia

Armenia hanya membutuhkan VoA

Dengan modal paspor Indonesia, Anda hanya membutuhkan Visa on Arrival (VoA) untuk mengunjungi Armenia. VoA bisa segera Anda urus ketika sudah sampai di bagian imigrasi Zvarnots International Airport. Dengan visa ini, Anda bisa menikmati waktu di Armenia selama 120 hari. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi repot mengurus visa sebelum keberangkatan yang kadang memakan waktu cukup lama.
Berkunjung ke negara dengan ibu kota Yerevan ini juga tak akan membuat Anda kecewa. Mulailah perjalanan Anda dari ibu kota yang menyandang julukan sebagai kota paling kuno di dunia. Di sini Anda bisa berkunjung ke Matenadaran, museum tempat penyimpanan khusus berbagi manuskrip kuno dan institut penelitian ilmiah.
Lanjutkan perjalanan Anda dengan berkunjung ke Geghard (biara peninggalan zaman Medieval), lokasi yang masuk dalam daftar UNESCO Heritage Site. Jika Anda mencoba kereta gantung terpanjang di dunia, Wings of Tatev, maka perjalanan Anda di Armenia kali ini dinyatakan sempurna.

 

Rusia

September atau Oktober adalah musim gugur di Rusia

Bagi Anda pecinta sepak bola, Anda bisa menggunakan fasilitas bebas visa yang diberikan Rusia. Negara lintas benua ini bisa Anda kunjungi tanpa visa hingga akhir tahun dengan syarat Anda pemegang Fan ID (paspor bagi penonton Piala Dunia 2018 di Rusia). Apabila Anda tertarik mengunjungi Rusia, sebaiknya Anda memilih bulan September atau Oktober. Pada musim gugur, Rusia menawarkan pemandangan dan cuaca yang sangat menyenangkan.
Mengingat musim gugur juga bukanlah peak season kunjungan, otomatis harga tiket serta penginapan menjadi lebih murah. Cocok untuk Anda yang ingin mengunjungi Rusia dengan harga terbaik. Berbagai destinasi yang ada di Rusia, mulai dari Red Square di pusat kota Moskow, Katedral bergaya klasik, monumen bukit Mamayev, hingga museum Arsitektur Kolomenskoye wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda untuk membuat perjalanan kali ini sempurna.

 

 Turki

Turki bisa dikunjungi tanpa visa jika Anda memiliki paspor diplomatik atau dinas

Satu lagi negara di Eropa yang bisa Anda kunjungi tanpa via, Turki. Negara yang berada di perbatasan Eropa dan Asia ini bisa Anda kunjungi tanpa visa selama 30 hari apabila Anda memiliki paspor diplomatik atau dinas. Bagi pemilik paspor biasa, Anda bisa berangkat ke Turki dengan mengurus e-visa dengan cukup mudah. 
Apabila Anda tertarik mengunjungi Turki, sebaiknya Anda pergi saat musim panas. Negara yang memiliki karya arsitektur keren ini akan menghadirkan pantai indah yang cocok Anda nikmati di musim panas. Destinasi wisata seperti Hagia Sophia, Pantai Mediterania, Cappadocia (tempat trekking), hingga Grand Bazaar akan menjadikan perjalanan ke Turki makin bermakna.

Mengunjungi 4 negara Eropa tanpa visa di atas memang bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan. Minimal, Anda tak perlu repot-repot mengurus visa yang terkadang memang sedikit menyusahkan.

Ingin perjalanan Anda semakin nyaman? Gunakan saja Danamon Privilege yang akan memberikan Anda banyak kemudahan. Keleluasaan bertransaksi kapan dan di mana pun Anda berada akan membuat perjalanan kali ini dijamin makin menyenangkan!


BERITA TERPOPULER