5 Hal Ini Sebaiknya Anda Beli Sebelum Usia 35 Tahun

Berapa usia Anda saat ini? Semakin bertambahnya suatu usia, biasanya kebutuhan hidup akan semakin bertambah pula. Itulah kenapa Anda disarankan untuk mempersiapkan diri sedini mungkin demi memenuhi peningkatan berbagai kebutuhan tersebut.

Caranya adalah dengan membeli investasi aset untuk menjamin kehidupan Anda saat usia sudah tak muda lagi nanti. Usahakan pula untuk membelinya sebelum usia 35 tahun selagi Anda masih tergolong muda. Apa saja aset tersebut?

 

1. Properti

Properti mengalami kenaikan hingga mencapai 4,6% pada tahun 2017

Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga properti selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Pada 2017 lalu, kenaikannya bahkan mencapai 4,6%. Inilah alasan utama kenapa Anda sangat disarankan untuk membeli aset berupa properti, entah itu tanah, rumah, atau apartemen. Dengan harga yang selalu naik, Anda pun bisa mendapatkan harga jual yang lebih tinggi dari harga beli. Semakin cepat Anda membelinya, maka akan semakin baik agar bujet yang harus Anda keluarkan tidak terlalu banyak.

Baca Juga: Simak informasi berikut sebelum membeli rumah atau apartemen


2. Investasi Emas

Investasi emas dapat dijual ketika dibutuhkan

Selain properti, masih ada investasi aset lain yang juga hampir selalu naik harga jualnya tiap tahun, yaitu investasi emas. Investasi aset satu ini bisa menjadi opsi bagus bagi Anda yang berusia 20-an awal dan masih menabung untuk DP properti. Dalam hal ini, investasi emas yang dimaksud adalah emas batangan yang dikeluarkan oleh PT Antam.
Sebelum melakukan pembelian, cek dulu harga emas di situs resmi PT Antam. Dengan begini, Anda bisa tahu kapan harga emas sedang turun dan saat itulah Anda bisa melakukan pembelian. Pada beberapa tahun mendatang, jika harga emas sedang naik, Anda bisa menjualnya jika memang diperlukan.

 

3. Asuransi

Bandingkan jumlah premi dan fasilitas apa saja yang diberikan Asuransi

Saat ini, Anda mungkin sudah mendapatkan asuransi yang di-cover oleh kantor tempat Anda bekerja. Meski begitu, tak ada salahnya untuk tetap membeli asuransi pribadi di luar kantor, misalnya asuransi kesehatan tambahan, asuransi kendaraan, atau asuransi harta benda. Dengan mendaftar asuransi pribadi, seluruh risiko akan ter-cover oleh pihak asuransi sehingga membuat hidup Anda lebih tenang. Lakukan riset terlebih dulu untuk membandingkan jumlah premi dan fasilitas apa saja yang bisa Anda dapatkan dari berbagai perusahaan asuransi.

Baca Juga: Tips berinvestasi yang harus diketahui


4. Investasi Dana pensiun

Persiapan dana pension sebaiknya dimulai dari usian 20-an

Semakin bertambahnya usia, kondisi tubuh biasanya tak akan seprima saat masih muda dulu. Pada suatu titik, Anda pasti harus pensiun dari dunia kerja. Jika sudah pensiun, jumlah pemasukan pasti akan berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali. Nah, untuk mempersiapkan masa pensiun, sejak usia 20-an sebaiknya Anda sudah membeli investasi untuk dana pensiun.
Misalnya, Anda bisa membeli properti rumah untuk dijadikan kos-kosan. Jadi, saat pensiun nanti Anda masih bisa mendapatkan pemasukan dari usaha kos-kosan tersebut. Sebagai opsi lain, Anda juga bisa membeli asuransi dana pensiun yang bisa Anda cairkan saat sudah menginjak usia tertentu sesuai kesepakatan.

Baca Juga: Perhatikan 5 hal ini sebelum beli mobil pertama


5. Kendaraan Pribadi

Kendaraan pribadi menjadi opsi asset yang layak dipertimbangkan

Saat ini memang fasilitas kendaraan umum sudah cukup memadai, apalagi ditambah dengan hadirnya layanan transportasi berbasis online. Meski begitu, membeli kendaraan pribadi seperti motor atau mobil tetap menjadi opsi investasi aset yang layak dipertimbangkan. Dengan memiliki kendaraan sendiri, Anda bisa lebih leluasa pergi ke mana pun tanpa harus khawatir tidak akan mendapatkan transportasi umum di jalan nanti.
Tidak harus membeli kendaraan secara tunai, Anda bisa memanfaatkan program cicilan yang biasanya berlangsung hingga jangka waktu lima tahun. Setelah lunas, jual kendaraan Anda dan usahakan untuk mengganti dengan yang baru. Selain demi keamanan berkendara, hal ini juga bisa menjadi semacam motivasi bagi Anda untuk terus giat bekerja agar bisa membeli aset kendaraan yang lebih baik lagi.

Itulah kelima hal yang sebaiknya Anda beli sebelum usia 35 tahun. Agar dananya segera terkumpul, Anda bisa mendaftar Tabungan Cita2ku dari Danamon. Tabungan berjangka dengan tenor 1-15 tahun ini menawarkan bunga dengan rate setinggi deposito sehingga uang yang Anda tabungkan pun bisa bertambah dengan cepat. Jadi, sudah sejauh mana persiapan Anda untuk menghadapi usia 35 tahun? 


BERITA TERPOPULER