Simak Informasi Berikut Sebelum Membeli Rumah Atau Apartemen

Rumah maupun apartemen memiliki fungsi yang sama, sebagai tempat tinggal. Namun, ketika seseorang dihadapkan pada pilihan antara membeli rumah atau apartemen, masih banyak yang masih ragu dan penuh pertimbangan.

Wajar saja, menghabiskan sejumlah uang yang cukup besar untuk membeli tempat tinggal tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal dengan matang agar keputusan yang Anda ambil tak akan mengecewakan baik diri Anda sendiri maupun pasangan.

Bagi Anda yang hidup di kota besar, mungkin apartemen terdengar seperti pilihan yang tepat. Namun, jika Anda memikirkan masa depan, membeli rumah rasanya lebih menjanjikan. Apabila berbagai pertimbangan dan pemikiran seperti ini masih terus menghantui Anda, ada baiknya simak dulu sejumlah informasi berikut agar Anda dapat mengambil keputusan dengan mantap!

Melihat Kebutuhan dan Tujuan Jangka Panjang

Mengingat biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli properti hunian tergolong cukup besar, wajar saja apabila Anda harus memikirkan dengan matang. Hal pertama yang harus masuk dalam daftar pertimbangan Anda adalah perihal kebutuhan dan tujuan. Coba diskusikan bersama pasangan Anda, hunian seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan. Ingat bahwa hunian yang Anda beli tidak hanya akan Anda tinggali satu atau dua hari.

Umumnya, properti hunian terbagi menjadi dua jenis, yaitu rumah dan apartemen. Kedua jenis hunian ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sehingga, sebaiknya keputusan Anda memilih satu diantaranya berdasarkan gaya hidup dan kebutuhan Anda.

Misal, yang Anda butuhkan sekarang adalah tinggal di lokasi strategis dengan biaya terjangkau, namun di lokasi tersebut harga sebuah rumah sangat tinggi. Jika kebutuhan Anda saat ini bisa dipenuhi oleh apartemen, tidak ada salahnya jika Anda melirik jenis hunian apartemen.

Baca Juga: Pasangan Muda Jangan Ragu Memulai Cicilan Rumah

Biaya

Biaya merupakan poin paling penting untuk Anda pertimbangkan. Mungkin Anda sudah mempunyai gambaran soal hunian impian, namun jika Anda memiliki biaya terbatas, tentu tak baik jika Anda terlalu memaksakan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda bandingkan dengan seksama harga hunian rumah dan apartemen untuk mendapatkan harga terbaik sesuai kondisi pasar dan kebutuhan Anda. Tentu Anda harus realistis, melihat biaya yang mampu Anda keluarkan untuk saat ini.

Namun, jika Anda mempertimbangkan kemungkinan akan jenuh lama tinggal di apartemen dan lebih condong membeli rumah, keputusan itu juga tidak ada salahnya. Apalagi rumah memiliki kelebihan lebih mudah untuk dijual kembali dan bisa gunakan KPR untuk membelinya. Sertifikat rumah juga bisa Anda gunakan saat membutuhkan dana mendesak. Jika tujuan jangka panjang Anda adalah investasi, maka rumah adalah jawaban terbaik, karena dibanding apartemen, harga rumah mengalami kenaikan yang jauh lebih tinggi. 

Lokasi

Biasanya, hunian yang berada di lokasi strategis pasti dijual dengan harga yang lebih tinggi. Mengingat lokasinya yang dekat dengan pusat kota atau dekat dengan layanan transportasi umum. Tentu Anda tak terlalu tertarik menghabiskan waktu 1-2 jam setiap harinya hanya untuk pergi ke kantor karena lokasi rumah yang terlalu jauh.

Oleh karena itu, apabila Anda adalah seseorang dengan mobilitas yang tinggi, membeli hunian berupa apartemen bisa jadi pilihan yang paling tepat. Mengingat apartemen biasanya berada pada lokasi yang strategis di wilayah perkotaan. Sehingga bagi Anda yang bekerja di pusat kota, dari segi akses akan lebih mudah dan cepat.

Biaya Pemeliharaan

Jika Anda memutuskan untuk membeli rumah, berarti Anda siap bertanggung jawab untuk semua perawatan di dalamnya. Hal ini tentu berkaitan dengan biaya perawatan dan sejumlah uang yang harus Anda siapkan. Sedangkan, apabila Anda membeli apartemen, pengelola apartemen lah yang biasanya akan bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung apartemennya.

Otomatis, apabila ruangan Anda memiliki masalah yang merupakan tanggung jawab pengelola, Anda seharusnya tak perlu mengeluarkan biaya. Namun, hal ini kembali bergantung pada kebijakan pengelola apartemen itu sendiri. Mungkin saja Anda harus membayar sejumlah uang sebagai biaya pemeliharaan gedung.
Sementara itu, yang pasti apabila Anda memilih rumah, semua biaya pemeliharaannya mau tidak mau harus Anda tanggung sendiri. Namun, jika secara finansial Anda tidak merasa keberatan, rumah bisa jadi pilihan yang menyenangkan.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Anda Beli Mobil Pertama

Status Hak Milik Rumah

 

Sebelum memutuskan ingin membeli rumah atau apartemen, Anda terlebih dahulu harus mengecek status hak milik. Apabila Anda memutuskan untuk membeli rumah, artinya Anda memiliki rumah sekaligus tanah di mana bangunan rumah itu berdiri. Sedangkan, apabila Anda membeli apartemen, maka Anda hanya memiliki ruangan apartemennya saja. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan keduanya.

Anda harus teliti dalam mengecek legalitas pengembang properti karena tentu Anda tak ingin rugi akibat properti yang dibangun tidak sesuai dengan yang dijanjikan atau sengketa hukum lainnya. Untuk rumah, sertifikat Surat Hak Milik (SHM) sudah pasti harus ada. Sementara itu, untuk apartemen hanya diberikan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) yang batas waktu penggunaannya hingga 30 tahun.

Sebaiknya, Anda pikirkan terlebih dahulu secara matang apa yang sebenarnya Anda butuhkan dan jadikan ulasan di atas sebagai bahan pertimbangan. Apartemen memiliki kelebihan disegi lokasi lebih strategis, akses yang lebih mudah, harga cenderung lebih murah dari hunian rumah, berbagai fasilitas tambahan yang mungkin Anda butuhkan seperti gym hingga kolam berenang, hingga sistem keamanan yang lebih baik dengan adanya CCTV.

Kelemahan apartemen diantaranya tak bisa diperluas dan tak bisa dilakukan renovasi berarti hingga kemungkinan terburuk gedung apartemen runtuh akibat bencana alam misalnya, yang membuat Anda kehilangan hunian sementara waktu sebelum dibangun kembali. Sedangkan hunian rumah memiliki kelebihan bisa diperluas dan direnovasi sesuai keinginan, alat investasi menjanjikan karena nilainya yang dipercaya mengalami peningkatan, hingga sertifikat rumah yang mudah digadaikan saat dibutuhkan.

Kekurangan hunian rumah berada pada harganya yang cukup mahal dan lokasinya yang mungkin kurang strategis dibanding apartemen. Nah, setidaknya itulah kelebihan dan kekurangan apartemen dan rumah yang bisa jadi pertimbangan Anda. Tentukanlah apa yang Anda butuhkan dan wujudkan impian Anda sekarang. Ingin lebih bijaksana dalam mewujudkan impian Anda? Gunakan saja produk KPR dari Danamon.

Dengan fasilitas Danamon KPR Anda bisa segera mewujudkan rencana Anda untuk membeli, membangun ataupun merenovasi rumah Anda sekarang juga. Anda bisa memilih produk Danamon KPR sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmatilah berbagai keuntungan yang diberikan khusus bagi Anda dan keluarga. Tunggu apalagi? Inginkan dan wujudkan impian Anda sekarang!


BERITA TERPOPULER