Jangan Tertipu Diskon Palsu Di E-commerce

Belanja di e-commerce memang menyenangkan. Apalagi sebagian besar produknya dijual dengan harga terjangkau hingga diskon besar-besaran. Meskipun begitu, jangan sampai Anda tertipu diskon palsu. Nyatanya, belanja di e-commerce memang harus teliti dan tak boleh buru-buru. Anda mau belanja aman dan nyaman di e-commerce dan tak ingin mengulang kesalahan masa lalu? Simak dulu tips belanja aman berikut agar Anda tak lagi tertipu!

 

Pertimbangkan nama dan situs website


Riset nama website yang Anda kunjungi sebelum membeli

Ketika Anda ingin mencoba membeli sebuah produk dari situs belanja online yang baru pertama kali Anda gunakan, melakukan riset terhadap situs tersebut harus jadi bahan pertimbangan. Anda bisa periksa nomor telepon seller yang tercantum dan menghubunginya untuk memastikan kebenarannya. Lakukanlah juga pencarian di Google dan temukan berbagai ulasan dari customer yang telah berbelanja di situs tersebut.
Apabila dalam riset itu Anda melihat banyak ulasan mengecewakan, tak usah pikir panjang. Tinggalkan saja situs website itu dan beralih pada situs yang lebih terpercaya. Biasanya, berbagai situs website tak jelas menarik customer dengan iming-iming diskon besar. Tapi, jangan sampai Anda tertipu untuk yang kesekian kali. Jika situs website tersebut sudah jelas penuh dengan komplain dan kekecewaan, sudah sepantasnya langsung Anda tinggalkan.

 

Lihat deskripsi dan foto produk


Baca deskripsi produk dengan teliti sebelum membeli

Saat ingin berbelanja barang online, satu hal yang wajib Anda hindari, terburu-buru. Belanja online memang menawarkan kemudahan, tapi jangan lupa berbagai kekurangan juga dihadirkan. Salah satunya Anda tak dapat melihat produk secara langsung. Keadaan ini sangat memungkinkan Anda untuk membeli produk yang tak sesuai harapan, hanya karena tergiur akan diskon yang dirasa menguntungkan.
Oleh karena itu, Anda wajib rajin dan teliti membaca deskripsi dan foto produk. Anda harus waspada terhadap produk bermerek yang dijual dengan diskon besar-besaran. Sangat mungkin produk tersebut palsu, atau seller-nya hanya ingin mendapatkan uang Anda. Bukannya untung, Anda malah buntung.
 

 

Pertimbangkan reputasi seller


Riset perlu dilakukan jika Anda ragu dengan reputasi seller

Menjadikan reputasi seller sebagai bahan pertimbangan ketika berbelanja online mungkin merupakan cara paling aman yang bisa Anda lakukan. Jika diskon yang dicantumkan berasal dari seller yang terpercaya, keraguan Anda boleh berkurang bahkan hilang. Oleh karena itu, sebelum tergerak oleh tawaran diskon yang menggiurkan, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apakah reputasi seller tersebut baik atau tidak.
Anda bisa dengan mudah menilai reputasi seller dari berbagai testimonial pembeli yang sebelumnya pernah melakukan transaksi. Namun, Anda tetap harus extra hati-hati karena kini banyak juga seller yang nakal hingga ‘menjual’ testimoni. Akan tetapi Anda tak perlu terlalu khawatir. Anda bisa dengan mudah melakukan penelusuran dengan teliti melalui forum serta media seller tersebut berjualan sehingga mengetahui reputasinya.

 

Bandingkan harga sebelum promo


Jangan mudah tergiur promo

Meskipun bisa dibilang jarang, masih saja ada merchant yang sering berlaku curang. Harga produk yang ditawarkan sengaja dinaikkan, lalu ditambahkan label diskon besar-besaran. Hal ini dilakukan untuk menarik customers, tapi jangan sampai Anda terbujuk oleh diskon palsu ini. Sebaiknya, Anda terlebih dahulu mencari tahu harga barang incaran Anda sehingga otomatis Anda akan tahu apakah label diskon yang dicantumkan itu asli atau palsu. 

Selain itu, Anda juga bisa membandingkan harga yang tertera sebelum promo. Jika perbandingan harganya terlalu jauh, Anda patut curiga dan melakukan pertimbangan lebih dalam. Anda juga bisa mencari tahu harga barang yang sama di merchant lainnya untuk melihat perbedaan yang ada. Jika terlalu jauh berbeda, Anda bisa memutuskan dengan bijaksana apakah diskon tersebut layak dipercaya atau sekadar tipuan belaka.

Baca Juga: Suka Belanja Online Pilih 7 Waktu Terbaik Ini

 

Jika perlu, gunakan VPN berbayar



VPN

Banyak orang kini menggunakan kartu kredit ketika belanja online. Cara ini memang sangat mudah dilakukan, tapi jangan sampai Anda jadi korban penipuan. Pasalnya, tidak sedikit kasus penipuan kartu kredit yang terjadi melalui internet atau belanja online. Pencurian yang terjadi akibat pencurian identitas ini pastinya harus Anda hindari. Apalagi, hingga saat ini tak ada satu pun lembaga yang dapat menjamin Anda tak mungkin jadi korban.

Oleh karena itu, pastikan data Anda selalu aman ketika berbelanja online. Salah satunya dengan cara menggunakan Virtual Private Network (VPN) berbayar. Apabila Anda ingin melakukan pembayaran tagihan secara online, pastikan Anda menggunakan VPN berbayar agar transaksi Anda berlangsung dari jaringan yang aman. Anda perlu menggunakan VPN berbayar karena sangat mungkin diskon yang menggiurkan itu bentuk penipuan. Jadi, lebih baik sedia payung sebelum hujan.

Berhati-hatilah dalam membeli produk di e-commerce, apalagi jika diskon menggiurkan yang membuat Anda penasaran. Pastikan kebenaran diskon produk dan jadikan aktivitas berbelanja Anda aman dan nyaman.

Ingin keamanan dan kenyamanan berbelanja di e-commerce kesayangan makin maksimal? Gunakan saja D-Bank Danamon yang akan memudahkan Anda bertransaksi langsung melalui smartphone Anda. Transfer uang belanja online jadi lebih mudah dan fleksibel, karena Danamon tahu yang Anda butuhkan!


BERITA TERPOPULER