Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Anda Beli Mobil Pertama

Memiliki mobil baru tentu menjadi keinginan bagi setiap orang terlebih bagi Anda yang sudah berkeluarga. Dengan memiliki mobil, Anda dapat membawa keluarga berlibur di akhir pekan. Selain itu, manfaat lain yang didapatkan adalah efisiensi dalam hal biaya dan waktu, apalagi jika Anda masih memiliki balita. Bepergian dengan kendaraan pribadi, menciptakan kenyamanan untuk anak-anak dan keluarga. Namun, membeli mobil baru mengharuskan Anda mempersiapkan dana dalam jumlah yang cukup besar.

Dalam membeli mobil untuk kali pertama, usahakan agar Anda tidak tergesa-gesa mengambil keputusan. Pastikan juga Anda telah berunding secara matang dengan pasangan sebelum memutuskan untuk membeli mobil. Untuk menghindari kerugian, inilah 5 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli mobil.

1. Tentukan budget

Tentukan budget dan jangan melebihinya

Saat membeli mobil baru ada beberapa hal yang berkaitan dengan pembayaran yang harus Anda cermati lebih lanjut, seperti harga mobil secara keseluruhan, angsuran bulanan, pajak mobil, hingga asuransi mobil. Sebaiknya Anda menentukan mobil apa yang ingin dibeli, mulai dari tipe nya, tahun keluaran mobil tersebut, kekuatan mesin, hemat atau tidaknya penggunaan BBM. Disadari atau tidak, beberapa hal inilah yang dapat mempengaruhi nilai dan harga sebuah mobil. Tentukan budget serta patuhi apa yang sudah menjadi ketentuan Anda.

Baca Juga: 5 Tempat Spesial Untuk Long Weekend 

2. Apa yang Anda butuhkan? Apa yang tidak Anda butuhkan?

Tentukan kebutuhan, bukan keinginan

Saat ingin membeli mobil, pertimbangkan terlebih dulu apa yang menjadi tujuan pembelian tersebut. Apakah untuk kenyamanan keluarga? Atau sebagai transportasi sehari-hari serta keperluan usaha? Bila ditujukan untuk keperluan keluarga, pilihan yang paling cocok adalah mobil jenis minibus. Sementara untuk keperluan usaha, bisa mobil jenis box atau pick up. Sebisa mungkin Anda menekan rasa gengsi atau sekadar ikut-ikutan tren. Jadi, pilih jenis mobil sesuai tujuan dan paling bisa memenuhi kebutuhan.


3. Test Drive

Test Drive harus dilakukan sebelum membeli

Test Drive penting untuk mengetahui kekurangan mobil yang hendak dibeli. Umumya, pihak dealer akan memberikan Anda waktu selama kurang lebih 30 menit untuk melakukan Test Drive. Di sinilah Anda dituntut untuk teliti dalam memperhatikan ukuran kabin dan kapasitas bagasi, serta hal-hal teknis lainnya seperti jenis transmisi, akselerasi mesin, maupun handbrake. Coba juga untuk memarkir mobil dalam berbagai macam posisi supaya Anda yakin bahwa mobil yang akan dibeli nantinya tidak akan menyulitkan saat di lahan parkir terbatas.


4. Cari tahu harga yang didapat orang lain dengan mobil sejenis

Cari informasi harga di sumber terpercaya

Bagi Anda yang baru pertama kalinya membeli mobil, mencari informasi lengkap terkait mobil itu sangat penting. Selain memahami berbagai tipe, Anda juga bisa mengetahui mobil apa yang memiliki kualitas terbaik, apa saja kelebihan serta kekurangannya. Lebih lanjut, Anda juga perlu mencari tahu harga yang didapat orang lain dengan mobil sejenis yang akan Anda beli. Hal ini dilakukan agar Anda dapat menemukan dealer atau penjual dengan penawaran harga terbaik.

Baca Juga: 4 Tips Traveling Dadakan  

5. Pertimbangkan perawatan

Membeli mobil berarti siap mengeluarkan biaya perawatan

Last but not least, pertimbangkan juga perawatan mobil yang harus Anda lakukan. Merawat mobil dengan benar akan menjaga mesin tetap awet serta bodi mulus selama bertahun-tahun pemakaian. Perhatikan waktu pergantian oli, air radiator, serta pemakaian transmisi yang disarankan. Tak peduli jenis mobil manual atau matic yang Anda beli, perawatan mobil umumnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Apabila Anda membeli mobil baru untuk dipakai beraktivitas sehari-hari, sangat disarankan untuk memilih jenis mobil yang tidak boros bensin. Pastikan juga Anda memilih mobil baru dengan memanfaatkan Kredit Pemilikan Mobil (KPM) Prima. Membeli mobil baru pasti lebih mudah, menyenangkan, dan menguntungkan.


BERITA TERPOPULER