Pertama Kalinya Dalam Sejarah, 4 Anak Asal Indonesia Gandeng Pemain Man Utd Turun Lapangan Old Trafford

Jarak puluhan ribu kilometer tidak menyurutkan dukungan pecinta bola di Indonesia untuk mendukung klub idolanya yang berada di Inggris sana. Puluhan bahkan ratusan orang setiap minggu berkumpul di kafe, bernyanyi-nyanyi, bahkan menangis di depan sebuah layar besar. Para pendukung tersebut mengubah atmosfer kafe kecil menjadi layaknya stadion.

Di antara ratusan ribu pendukung Manchester United (Man Utd) di Indonesia itu, hanya segelintir dari mereka yang bisa merasakan haru seru menonton dan mendukung Man Utd berlaga di lapangan secara langsung. Tentu saja lebih membanggakan bila dukungan itu dengan menjadi Kids Mascot di setiap pertandingan yang akan dilangsungkan.

Sudah tahu dong apa itu Kids Mascot? Mereka adalah sekumpulan anak-anak kecil yang terpilih untuk mendampingi para pemain sepak bola ketika memasuki lapangan. Khusus untuk Premier League, pemilihan Kids Mascot sangat ketat, sehingga Man Utd pun tidak sembarangan memilih anak-anak di setiap pertandingannya. Mereka melalui Man Utd Foundation secara regular mencari anak-anak terpilih dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Tak ayal, mendapat kesempatan berharga tersebut akan menyisakan cerita super-istimewa bagi anak-anak yang paling beruntung di Indonesia. Nah, pada tanggal 26 Desember 2017 kemarin ada 4 putra bangsa yang sangat beruntung berada langsung di stadion Old Trafford sebagai Kids Mascot Man Utd saat melawan Burnley di pertandingan boxing day akhir tahun 2017! Siapa saja mereka? Let’s check these out!


Menuju Pengalaman Tak Terlupakan Seumur Hidup

Empat anak beruntung tersebut adalah Tristan Lontoh (9 tahun), Roger Fernando Loe (10 tahun), Ryan Farrell Susanto (11 tahun), dan Rifky Tofani (11 tahun). Mereka adalah anak-anak dari orang tua yang terpilih dalam program Danamon Red Match dan lelang D-Point. Program tersebut adalah penambahan saldo tabungan yang berlangsung dari bulan September hingga akhir Oktober 2017 lalu. Dalam program itu, para orangtua anak-anak terpilih tersebut telah melakukan setoran rata-rata Rp 100 juta pada rekening TabunganMU atau mengumpulkan minimum 1000 poin melalui lelang D-Point.

Hal ini menunjukkan bahwa kesempatan yang diperoleh oleh anak-anak beruntung tersebut rasanya bagaikan kesempatan 1 banding 1000. Sehingga tak berlebihan jika setelah pemenang atas program ini diumumkan, antusiasme para orang tua sangat luar biasa. Anak-anaknya berada satu lapangan dengan pemain sepak bola elit dunia tentu sebuah kebanggaan sendiri bagi para orang tua!

 

Persiapan Yang Menggugah Perasaan Senang

Kebahagiaan usai pengumuman pemenang benar-benar terasa ketika anak-anak tak dapat menyembunyikan luapan kegembiaraan membayangkan akan berada satu lorong ruang ganti hingga bergandengan tangan memasuki lapangan bersama para pemain Man Utd yang selama ini mungkin hanya bisa mereka bayangkan dalam mimpi. Kebahagian itu berlanjut saat salah satu orang tua anak-anak terpilih tersebut memperlihatkan antusiasmenya dengan telah berada di London sejak tanggal 23 Desember 2017, padahal meeting day dilangsungkan saat boxing day yaitu 26 Desember 2017.

Setelah menunggu dengan perasaan tegang campur senang, meeting day pun tiba. Para orang tua dan anak-anak sudah siap di Holiday Inn Express Manchester Salford Quays. Wajah Tristan, Roger, Ryan dan Rifky tampak sangat berbunga-bunga, menunjukkan ketidaksabarannya menanti untuk segera tiba di Stadion Old Trafford.

Di sana, anak-anak sekaligus para orang tua disambut dengan hangat oleh perwakilan Man Utd untuk wilayah Asia Pasifik, Hollie Avil. Oleh Avil, mereka diberi briefing, apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika nanti menjadi Kids Mascot. Anak-anak pun mendengarkan penjelasan Avil dengan seksama. Tentu, mereka ingin agar momen berharganya itu berjalan sempurna. 

Berangkat ke Stadion Old Trafford Dengan Tampilan Bak Pemain Sepakbola Profesional 

Hangatnya sambutan yang diberikan kepada anak-anak rasanya makin sempurna ketika mereka langsung dihadiahi jersey yang lengkap beserta celana dan kaos kakinya. Anak-anak tak menduga bahwa mereka akan berangkat ke Stadion Old Trafford sudah ber-jersey lengkap bak pemain sepak bola profesional.

Sesampainya di stadion, anak-anak pun tak ingin melewatkan momen tersebut begitu saja. Mereka langsung berfoto ria di landmark terkenal seperti patung Trinity dan tulisan besar “Manchester United”. Hal kecil yang bagi anak-anak merupakan pengalaman istimewa.

Sebelum masuk ke stadion, Tristan, Roger, Ryan, dan Rifky juga sempat membagikan ceritanya tentang sang idola yang hendak diajak bergandengan tangan. Anak-anak sebagian besar memilih Paul Pogba, Ibrahimovic, dan De Gea. Tetapi tentu saja, tidak semuanya bisa menggandeng Paul Pogba atau De Gea secara bersamaan. Sehingga ada rasa penasaran sekaligus gemelitik ketegangan yang mereka rasakan.

Lalu pada pukul 11 waktu Inggris, anak-anak langsung diarahkan menuju ruang ganti untuk di-briefing lebih lanjut. Setelah briefing selesai, kejutan langsung terjadi. Anak-anak ternyata sudah dijadwalkan untuk bertemu para pemain Man Utd yang sejak tadi mereka tunggu-tunggu. Untuk menyempurnakan momen membahagiakan itu, kertas untuk tanda tangan De Gea, Paul Pogba, Phil Jones, dan beberapa pemain Man Utd lainnya bahkan juga sudah disiapkan untuk anak-anak yang sejak pagi setia menunggu kesempatan itu terjadi. 


Gemuruh Chant Glory-Glory Man United Menggelorakan Semangat Langkah Kids Mascot Bersama Para Pemain Manchester United

Saat tiba waktunya berjalan dan bergandengan tangan bersama para pemain Man Utd, anak-anak terlihat cukup tegang. Namun, ketika gemuruh chant glory-glory terdengar sangat kencang, anak-anak pun seakan mendapat suntikan semangat untuk melangkah dengan lantang. Mereka tampil begitu menyatu dengan para pemain Man Utd.

Momen itu, kata Hollie Avil, adalah sejarah baru bagi Man Utd. Baru pertama kalinya terjadi ada Kids Mascot dari luar Inggris lebih dari dua orang di dalam satu pertandingan. Avil pun menyebut bahwa keistimewaan itu diberikan kepada anak-anak Indonesia sebagai bentuk apresiasi. Indonesia memang merupakan salah satu negara dengan basis fans Man Utd terbanyak di dunia.

Keistimewaan itu ternyata berlanjut pada Rifky, yang bernasib baik berkesempatan menggandeng De Gea, pemain idolanya. Saat hasil itu diumumkan, Rifky terlihat senang luar biasa hingga hampir menitikkan air mata. Reaksi Rifky memang bisa dimengerti, usut punya usut, ternyata Rifky merupakan seorang kiper di sekolah sepak bola yang dia ikuti di Indonesia. Tentu kesempatan tersebut bagaikan dream come true baginya.

“Senang. Saya memang ingin bergandengan tangan dengan De Gea,” ujar Rifky ketika ditanya bagaimana perasaannya setelah menjadi Kids Mascot. Tidak hanya Rifky pastinya yang senang dan sumringah atas momen bersejarah menjadi Kids Mascot. Anak-anak lain juga sangat senang berjalan bergandengan tangan bersama Paul Pogba, Nemanja Matic, dan Marcus Rashford. Sungguh merupakan salah satu pengalaman yang hanya bisa terjadi sekali seumur hidup mereka.

 

Kejutan Yang Menambah Momen Kebahagiaan

Kebahagiaan anak-anak ternyata tak berhenti sampai di situ. Mereka kembali diberi kejutan yang menambah jumlah kenangan tak terlupakan usai menggandeng para pemain MU ke tengah lapangan, mereka tak lantas kembali ke tunnel. Selama beberapa menit, mereka “ikut” pemanasan bersama pemain Manchester United. Mereka bahkan sempat bermain kejar-kejaran dengan maskot Man Utd, Fred the Red, menikmati setiap detik berharga yang pernah mereka punya.

Selepas “ikut” pemanasan, anak-anak kembali ke tunnel dan langsung diberikan jaket untuk menghangatkan tubuh mereka. Benar saja, suhu saat pertandingan itu mencapai minus 1 derajat. Namun demikian, udara dingin bahkan tak membuat semangat anak-anak berkurang. Mereka tampak begitu ceria ketika kembali berkumpul bersama keluarga.

Di family tribune, anak-anak pun menikmati jalannya pertandingan yang cukup menegangkan. Sorak-sorai dan lalu lalang teriakan stadion yang digemakan 76.000 ribu penonton seakan membakar semangat anak-anak ditengah serunya pertandingan. Bak film dramatis yang hampir mengundang tangis, Man Utd harus terlebih dahulu ketinggalan melawan Burnley sebelum akhirnya berhasil menutup pertandingan kala itu dengan skor imbang, 2-2.

 

Inggris dan Sejuta Kenangan


Selepas hari pertama, anak-anak masih menanti kejutan di hari kedua, yaitu stadium tour. Berkumpul di meeting point yang sama seperti hari sebelumnya, para orang tua dan anak-anak dijemput dengan bus Man Utd yang sangat mewah. Keceriaan mereka di Inggris benar-benar dijaga dari awal sampai akhir.

Sesampainya di stadion, mereka langsung melakukan tur. Semua fasilitas stadion dijelaskan dengan sangat detail, sampai akhirnya mereka tahu bahwa ternyata di dalam tunnel ada ruangan VIP untuk menjamu orang penting di Man Utd. Salah satu orang penting yang pernah dijamu di ruangan VIP tersebut adalah Tom Cruise.

Selain itu, mereka juga diajak kembali ke masa lalu. Masa ketika Manchester United lahir di tahun 1878 sampai bisa menjadi salah satu klub tersukses di Liga Inggris dan juga di dunia saat ini. Sungguh pengalaman yang luar biasa bagi 4 anak-anak beruntung Indonesia.

 

Pengalaman Bagi Anak-Anak Yang Membekas Dan Tak Terlupakan

Dalam hidup, mungkin pengalaman yang membekas dan tak terlupakan hanya terjadi beberapa kali dan bisa dihitung dengan jari. Pengalaman di Inggris kali ini adalah satu diantaranya yang membuat momen tersebut jadi makin bermakna.

Pengalaman yang membekas dan tak terlupakan itu dipastikan oleh raut wajah anak-anak yang tampak tak lepas dari senyuman. Meski suhu saat pertandingan berlangsung sangat dingin, tubuh anak-anak seakan panas terbakar semangat. Saat menjalani tur di hari kedua pun, mereka sama sekali tak terlihat kehabisan tenaga.

Mereka begitu excited mengingat momen bergandengan tangan dengan para pemain Man Utd hingga stadium tour. Sungguh sebuah senyum yang tak mengenal mendung dari awal hingga akhir momen itu berlangsung.

Pengalaman yang membekas dan tak terlupakan itu terjadi karena adanya usaha dan kesetiaan yang ditunjukkan oleh para orang tua. Melihat anak-anak mereka bahagia, tentu menjadikan hidup terasa lebih berwarna. Anda juga bisa mengikuti program Danamon Red Rewards dan Danamon Red Hot Deals. Program ini akan memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan official merchandise Man Utd secara gratis dan penawaran menarik lainnya di berbagai merchant favorit Anda. Ikuti programnya dan hadirkan tambahan kebahagiaan bagi keluarga Anda sekarang juga!