Belum Punya Rencana Liburan Long Weekend 2018? Anda Bisa Lakukan di 5 Tempat Spesial Ini

Ada berapa destinasi wisata yang tercoret dari bucket list Anda tahun lalu? Kalau ternyata masih banyak yang belum terpenuhi, maka saatnya Anda realisasikan tahun ini! Apalagi, tahun 2018 ini surganya long weekend. Coba deh cek kalender, ada 4 long weekend yang bisa Anda pakai buat liburan seru. Cek di sini untuk mengetahui jadwal long weekend di 2018! Karena itu, yuk langsung pilih kapan hari yang tepat untuk pergi berlibur!

Nah, kalau sudah menentukan di long weekend mana Anda akan berlibur, sekarang saatnya Anda untuk menentukan destinasi liburan. Tidak perlu jauh-jauh, 5 tempat yang masih di Indonesia ini siap membuat long weekend Anda lebih berwarna. Check this out!

Jalan-jalan ke Banda Neira Sambil Mendengarkan Alunan Band Banda Neira

Di Maluku, Kepulauan Banda, terdapat suatu daerah bernama Banda Neira. Pulau yang memiliki nama sama dengan grup musik bergenre folk ini memiliki banyak potensi wisata yang bisa Anda explore selama long weekend, salah satunya adalah Gunung Api Banda. Untuk sampai ke sana, Anda hanya perlu menyeberang selama 10 menit menggunakan perahu kecil dari Pulau Neira. Gunung Api Banda akan menyambut Anda dengan gulungan awan putih bak cotton candy yang berkumpul di puncaknya. Dari salah satu kaki gunungnya, Anda bisa melihat rumah-rumah penduduk sekitar. Sementara dari sisi kaki gunung lainnya, terhampar jutaan pepohonan hijau yang sangat panoramik.

Jika Anda beruntung, Anda akan bertemu dengan berbagai jenis burung endemik dan kus-kus di sana. Pesona flora seperti anggrek, pohon pala, dan tanaman hasil suksesi alami lainnya juga siap memanjakan mata yang selama ini terforsir untuk bekerja. Belum lagi panorama pantai dan laut yang luar biasa indah.

Tokoh dunia seperti Mick Jagger dan Putri Diana saja sudah sempat menikmati Banda Neira. Belum lagi Sjahrir dan Hatta yang mengaku jatuh cinta sejak pertama kali mereka menapaki tempat ini. Bagaimana dengan Anda?

Menikmati Keindahan Laut di Pulau Weh

Keindahan laut Raja Ampat, Derawan, Bunaken, atau Kepulauan Seribu memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun jika Anda menghindari wisata laut yang mainstream, Pulau Weh bisa jadi alternatif sempurna untuk liburan long weekend di tahun 2018 ini!

Berada di barat laut Pulau Sumatera, Pulau Weh menyuguhkan lautan dengan air yang sangat jernih. Anda bahkan bisa melihat sekumpulan ikan blue tang, longnose butterfly, dan ikan warna-warni lainnya berkeliaran walaupun hanya dengan mata kosong. Beragam bentuk dan warna terumbu karangnya pun siap menjadikan liburan Anda menjadi lebih sempurna. 

Beach Hopping di Pulau Sumba

Ingin menjelajah pantai-pantai, tapi malas kalau harus ke Bali karena ramai? Kamu bisa melakukan beach hopping di Pulau Sumba. Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini memiliki banyak pantai indah yang bisa menjadi destinasi liburan long weekend terbaik di Indonesia. 

Salah satunya adalah Pantai Walakiri di Sumba Timur. Saat sedang surut, area pasir di pantai ini akan lebih luas. Kamu pun bisa bermain lebih jauh dan seru-seruan dengan teman-teman atau keluarga. Di sini juga terdapat area mangrove yang bisa kamu explore. Sebaiknya kamu datang ke Pantai Walakiri saat sore hari agar bisa menikmati panorama sunset

Berkemah di Gunung Argopuro

Bagi yang ingin menghabiskan liburan long weekend dengan suasana sepi, berkemah di Gunung Argopuro bisa menjadi alternatif destinasi yang oke. Tapi kamu harus meluangkan waktu setidaknya lima hari empat malam untuk mendaki Gunung Argopuro, mengingat gunung ini memiliki trek pendakian terpanjang se-Jawa.

Rasa lelah selama pendakian pasti akan langsung terbayar dengan pemandangan indah yang kamu jumpai di puncak. Gunung Argopuro memiliki tiga area puncak, yang semuanya masih termasuk wilayah Jember. Bagi yang tertarik, siapkan peralatan outdoor-mu dari sekarang!

Melihat Surga Kupu-Kupu di Taman Nasional Bantimurung, Sulawesi Selatan

Berjarak 1-2 jam perjalanan dari kota Makassar, melihat surga kupu-kupu di Taman Nasional Bantimurung akan menjadi liburan akhir pekan yang sempurna. Dengan luas mencapai 47 ribu hektar kamu bisa melihat 100 jenis kupu-kupu paling langka yang ada di dunia. Selain melihat kupu-kupu, kamu bisa melihat air terjun dan museum kupu-kupu yang tidak akan kamu temui di tempat lain.

Jika kamu sudah menentukan destinasi tempat wisata tetapi masih bingung soal tiket pesawat. Kamu bisa coba ikutan promo Danamon LEBIH BliBli yang memberikan e-voucher gratis mulai dari 200 ribu sampai 1 juta rupiah setiap transaksi di BliBli.com dengan jumlah tertentu. Jangan lewatkan kesempatan ini, karena program ini hanya berlaku sampai April, lho! Lumayan kan, kamu bisa menghemat tiket pesawat ke Aceh, Sumba atau bahkan ke Makassar.

Jadi, dari kelima rekomendasi di atas, mana yang kira-kira akan kamu lakukan untuk liburan long weekend di tahun 2018 mendatang? Apa pun pilihannya, semoga kamu bisa menghabiskan akhir pekan yang seru dan menyenangkan, ya! Jangan ragu untuk share foto-foto kamu dan mention Instagram kami di @myDanamon.



BERITA TERPOPULER