2 Ide Bisnis Kreatif  yang Bisa Kamu Coba Saat Musim Hujan

Siapa pun boleh memulai bisnis. Di manapun dan kapan pun, bahkan di saat musim hujan sekalipun. Ide bisnis biasanya muncul ketika kita melihat bahwa ada orang lain di luar sana yang membutuhkan suatu produk dan jasa sedangkan saat ini pemenuhannya masih terbatas. Misalnya ketika di musim hujan, kebutuhan masyarakat di musim hujan juga berbeda. Ini dia 2 (dua) ide bisnis kreatif yang bisa kamu coba dan jajaki di musim hujan ini.

Buat Jasa Cuci Sepatu
Mencuci sepatu ini sebenarnya bukanlah hal yang mudah, seperti yang kita ketahui bahwa sepatu sendiri memiliki banyak jenis bahan, misal sepatu yang berbahan canvas, kulit, sintetis, mesh, nubuck, suede dan yang terbaru sepatu berbahan primeknit. Bahkan uniknya lagi salah satu apparel merek olahraga terkenal asal Jerman, Adidas sudah berhasil menciptakan sepatu dengan printing laser 3D!

Nah dari sekian banyaknya bahan dan jenis sepatu yang ada, pasti treatment dalam membersihkannya pun berbeda, misal pada bahan suede yang sudah pasti alergi dengan air, dan tidak boleh sembarang dibersihkan. Ada alat, cairan dan obat khusus untuk membersihkan sepatu tersebut.

Coba bayangkan jika sepatu kamu seharga jutaan rupiah, dikarenakan cara mencucinya yang salah mengakibatkan warnanya pudar, struktur bahannya rusak, atau bahkan kulit sepatunya pun rontok, sudah dijamin kalian pasti sedih banget!

Oleh karena itu dengan dasar pembelajaran tips and trick lewat internet, video tutorial YouTube dan sumber-sumber referensi dari pakar sepatu lainnya, kamu bisa banget nih untuk menjajaki bisnis ini, kamu bisa membuat jasa laundry sepatu yang memang menawarkan hal tersebut.

Ada beberapa contoh bisnis laundry sepatu yang cukup sukses, baik di dalam dan luar negeri. Di Amerika ada laundry sepatu bernama Jason Markk, laundry sepatu ini menawarkan harga mulai dari $10 tergantung dari kondisi sepatunya sendiri. Sejak dibuka pada tahun 2007 lalu, sudah puluhan ribu pasang sepatu yang berhasil dibersihkan oleh Jason Markk, bahkan uniknya lagi Jason Markk juga menjual cairan dan sikat khusus sebagai pembersih sepatunya. Hal ini membuat Jason Markk sangat populer diluar sana, saat ini produk-produk pembersih dari Jason Markk ini sudah dijual dilebih dari 200 toko dan 30 negara, keren kan? (http://jasonmarkk.com/about/) 

Tidak mau kalah, dari dalam negeri sendiri bisnis ini sudah mulai menjamur. Rockikz, gerai laundry sepatu milik salah satu personel Saint Locco, Iwan Hoediarto ini bermula dari Pasar Santa, dan sekarang sudah membuka banyak gerai lainnya di Jakarta dan kota lain. Salah satu keunggulan Rockikz adalah selain menawarkan laundry sepatu, Rockikz juga memiliki jasa untuk recolor shoes, customize shoes dan personalisasi lainnya. 

Jangan khawatir untuk memulai usaha laundry sepatu ini, kamu hanya harus tahu terlebih dahulu tentang jenis bahan sepatu dan cara mencucinya, treatment dan kesabaran dalam pencucian masing-masing sepatu akan menjadi kunci untuk menjalankan usaha ini. Setelah semuanya siap, kamu sudah bisa mempromosikannya lewat media sosial dan tawarkan promo yang menarik bagi 5 atau 10 sepatu pertama yang masuk. Gunakan relasi, teman, saudara, atau bahkan sewa buzzer untuk mempromosikan usaha kamu ini, so masih ragu untuk mulai membuka usaha laundry sepatu?

Jasa Cuci Mobil Lengkap Beserta Kafe yang Nyaman


Satu masalah yang umum dihadapi di musim hujan adalah kendaraan kotor. Sedangkan tak semua orang punya waktu mencuci kendaraan mereka. Ini juga bisa kamu jadikan sebagai ide bisnis untuk membuka jasa pencucian mobil. Tetapi bukan sekedar jasa cuci mobil biasa, kamu bisa menambahkan sebuah kafe yang sangat nyaman lengkap dengan fasilitas yang memadai.

Di kota-kota besar di Indonesia, masih jarang ditemui sebuah car wash yang memiliki fasilitas kafe untuk menghabiskan waktu ketika mobil sedang dicuci. Padahal, konsep ini bisa jadi hal yang sangat bagus karena tidak semua orang mempunyai waktu khusus untuk mencuci mobil. Dengan menambahkan fasilitas kafe seperti internet kencang, entertainment PlayStation atau bahkan pijat refleksi gratis akan menjadi nilai lebih pada car wash kamu.

Salah satu contoh bisnis car wash lengkap dengan kafe yang nyaman adalah Car Spa Café di Australia. Mereka mempunyai pilihan jasa cuci mobil dari yang express, seluruh interior bahkan khusus mobil-mobil mewah. Selain itu, mereka juga punya kafe dengan pilihan makanan dan minuman yang sangat lengkap. Jadi, pelanggan kamu bisa cuci mobil sekalian hangout bersama teman-teman.

Konsep car wash ini akan semakin lengkap jika kamu mempunyai kerja sama dengan komunitas mobil yang ada di kota-kota besar. Jadi kamu bisa memberikan promo kepada komunitas-komunitas tersebut atau bahkan car wash kamu bisa dijadikan basecamp. Tentu itu akan menjadi nilai lebih untuk meningkatkan marketing.

Nah terkadang masalah umum yang dihadapi oleh para pelaku bisnis khususnya pemula adalah kesulitan dalam mencari modal untuk memulai usahanya tersebut. Kamu tak perlu khawatir karena kini ada Danamon Solusi UKM. Danamon Solusi UKM bisa membantu kamu berupa investasi ruko, investasi usaha, maupun modal kerja. Program yang satu ini bisa memberikan pinjaman untuk kamu mulai dari 500 juta hingga 20 miliar rupiah, lho! Jadi tunggu apa lagi, yuk realisasikan ide bisnismu sekarang!