Ini Dia Waktu Beli Tiket Pesawat dengan Harga Murah!

Setelah bekerja selama berbulan-bulan, kini saatnya kamu merilekskan pikiran agar tidak penat. Dalam mempersiapkan liburan, langkah selanjutnya setelah kamu berhasil menentukan destinasi adalah reservasi tiket penerbangan. Sayangnya, harga tiket penerbangan yang mahal tak jarang membuat orang mengurungkan niatnya untuk bertamasya. Apa lagi jika tujuannya ke luar negeri. Tapi jangan menyerah dulu! Kamu bisa lho mendapatkan tiket pesawat murah di waktu-waktu berikut.

Sebisa Mungkin Hindari Hari Weekend

Di hari-hari weekend mulai Jumat hingga Minggu, pada umumnya harga tiket pesawat akan dibanderol lebih mahal. Hal ini disebabkan karena akhir pekan adalah saat di mana orang-orang melakukan liburan sehingga permintaan tiket untuk hari-hari tersebut akan meningkat. Akibatnya, hal ini akan berimbas pada harga tiket yang menjadi lebih mahal. Kalau kamu ingin liburan, sebaiknya pilih hari-hari biasa mulai Senin hingga Kamis untuk mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah. Expedia dan Airlines Reporting Corporation (ARC) mengatakan selisih membeli tiket di akhir pekan bisa sampai 10 dolar dibanding hari biasa.

Hari Selasa dan Rabu Adalah Saat yang Tepat untuk Melihat Penawaran 

Yup ini bukan sekedar teori kira-kira, Expedia dan Airlines Reporting Corporation (ARC) sudah mengeluarkan survey bahwa hari Selasa dan Rabu merupakan hari paling murah untuk membeli tiket pesawat. Alasan utama adalah tidak banyak orang yang akan membeli tiket pesawat di hari selasa dan rabu. Tentu masuk akal, karena kebanyakan orang akan mencari tiket di akhir pekan dan juga hari senin saat pertama kali masuk kerja. Lebih detail lagi, Business Insider menjelaskan bahwa waktu yang paling tepat ketika membeli tiket pesawat adalah Selasa sore karena maskapai akan melakukan pengecekan kapasitas kursi di hari tersebut.

Penerbangan Transit Bisa Lebih Murah dari Penerbangan Biasa

Independent.co.uk memberikan fakta bahwa penerbangan transit (connecting flight) bisa jadi lebih murah daripada penerbangan biasa atau direct flight. Misalnya kamu ingin berangkat ke London, kamu bisa memilih penerbangan transit lewat Turki atau Dubai terlebih dahulu. Penerbangan transit ini biasanya lebih murah daripada direct flight, karena memakan waktu yang lebih lama. Tapi tenang aja, kamu bisa sekalian liburan dadakan ke setiap negara yang kamu singgahi. Lumayan kan kamu bisa mendapatkan liburan tambahan.

Mei dan November Adalah Momen yang Tepat untuk Liburan

Menurut skyscanner.com, bulan Mei dan November adalah saat yang tepat untuk pergi liburan. Karena sudah lepas tahun baru, maka besar kemungkinan orang yang berlibur tidak terlalu membludak. Bulan-bulan tersebut adalah momen yang masih fresh setelah pergantian tahun sehingga orang-orang akan lebih fokus untuk bekerja mengejar target yang baru. Meskipun begitu, kamu juga harus ingat bahwa kombinasi hari perjalanan juga menentukan harga pesawatmu. Sekali lagi, hindari hari-hari akhir pekan, ya!

Tidak Ada Salahnya Kamu Pergi Saat Tanggal Tua

Mungkin ide ini membuatmu berpikir sebaliknya karena pada umumnya orang akan memesan tiket di tanggal muda setelah mereka gajian. Jangan salah! Justru di sinilah triknya. Maskapai penerbangan memberikan penawaran harga pesawat yang fluktuatif bukan tanpa alasan. Kalau kamu kurang yakin, coba perhatikan harga tiket untuk keberangkatan di tanggal menjelang akhir bulan. Kamu akan menemukan harga yang lebih terjangkau.

Hal ini disebabkan karena pada umumnya di tanggal tersebut kondisi keuangan menipis sehingga tak banyak orang yang berencana untuk liburan. Menurut skyscanner, maskapai sering memberikan promo di tanggal tua lho. Mulai sekarang kamu bisa merencanakan liburan jauh-jauh hari sebelumnya, jadi ini #SaatnyaPegangKendali atas liburanmu.

Mengetahui Waktu yang Tepat Saat Tiket Promo

Banyak orang yang meremehkan cara mendapatkan tiket promo. Salah satu alasan terbesarnya adalah karena tiket promo gampang habis dan tidak ada waktu yang pas untuk membelinya. Padahal, kamu bisa dengan mudah mendapatkan tiket promo jika mengetahui tips dan triknya seperti berikut ini.

Pertama kamu bisa follow semua media sosial penyedia jasa layanan tiket, karena promo-promo terbatas ini biasanya khusus buat para followers di media sosial.

Kemudian cara kedua adalah kamu bisa subscribe ke semua channel pembelian tiket pesawat melalui e-mail, karena pemberitahuan tiket promo biasanya khusus kepada orang yang subscribe ke channel mereka.

Cara ketiga, kamu bisa memanfaatkan momen tiket-tiket promo di e-commerce, salah satunya yang sekarang gencar memberikan tiket promo adalah Blibli.com. Kalau kamu #mauLEBIH untuk dapetin promo, langsung aja buka tabungan Danamon LEBIH dan dapetin e-voucher Blibli.com hingga Rp1.000.000 di sini. Selamat berlibur!



BERITA TERPOPULER