RINGKASAN INFORMASI PRODUK 

Layanan Pembukaan Rekening Danamon Melalui Aplikasi Pihak Ketiga  

 

DATA RINGKAS

Penjelasan Produk

Layanan Pembukaan Rekening Danamon Melalui Aplikasi Pihak Ketiga (“Layanan”) adalah layanan dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bagi calon Nasabah untuk melakukan pengisian data pembukaan rekening Danamon secara online melalui aplikasi pihak ketiga yang telah bekerja sama dengan Danamon. Pembukaan rekening ini akan disetujui setelah proses verifikasi oleh pihak Danamon berhasil dilakukan. Rekening yang akan dibukakan bagi Nasabah melalui Layanan adalah Tabungan Danamon Save yang merupakan produk tabungan dalam mata uang Rupiah (Rp) yang dikeluarkan oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank Danamon”) yang diperuntukan khusus bagi nasabah Perorangan dengan pembukaan khusus digital melalui DBank Registration.

Jenis Produk

Layanan Perbankan Elektronik

Penerbit

PT Bank Danamon Indonesia Tbk

Manfaat Layanan Pembukaan Rekening Danamon Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Pembukaan rekening menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan keinginan Nasabah. Nikmati pula Layanan e-channel D-Bank PRO untuk mempermudah transaksi perbankan Anda. Manfaat tambahan lainnya dari rekening Danamon Save yang dibuka melalui Pihak Ketiga adalah:

  1. Bebas Biaya Admin  
    Nasabah tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. 
  2. Bebas Biaya Transaksi 
    ;Nasabah akan mendapatkan keuntungan bebas biaya transaksi tarik tunai sebanyak 20 (dua puluh) kali per bulan melalui jaringan ATM Bersama, ALTO dan Prima, dan transfer ke bank lain melalui jariangan BI Fast sebanyak 20 (dua puluh) kali per bulan dengan menjaga saldo sebelum transaksi minimal Rp1.000.000 (satu juta rupiah).
  3. Pembukaan Mudah
    ;Proses pembukaan rekening tabungan Danamon Save kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke cabang melalui aplikasi mobile banking Danamon yaitu DBank PRO.
  4. Fitur Transaksi Terkini
    ;Nasabah dapat menikmati kemudahan layanan fitur transaksi terkini seperti fasilitas mobile banking (D-Bank PRO), internet banking (D-Bank PRO website, Danamon SMS, ATM dan Hello Danamon untuk menambahkan kenyamanan Nasabah dalam bertransaksi di mana saja dan kapan saja.

 

Fitur Rekening Danamon Save: 

Mata Uang

Rupiah

Media Pelaporan Transaksi

e-Statement

Setoran Awal Minimum

Rp 0

Saldo Ditahan

Rp 0

Minimum saldo yang harus dijaga untuk menghindari penalti

Rp 0

Minimum Saldo mendapatkan bunga

Rp 500.000

Suku Bunga

  • Suku bunga Danamon Save dapat diakses oleh Nasabah pada media komunikasi yang tersedia pada Bank Danamon, termasuk namun tidak terbatas pada website resmi Bank Danamon.
  • Bunga Danamon Save diperhitungkan berdasarkan saldo harian dan akan dibukukan ke rekening Danamon Save yang bersangkutan setelah dikurangi pajak pada akhir bulan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Rekening Gabungan

  • Tidak diperbolehkan

Fasilitas Kartu Debit/ATM/ATM Bank Danamon 

Kartu Debit/ATM Bank Danamon hanya dapat diberikan kepada Nasabah Perorangan.

Kartu Debit/ATM Bank Danamon dapat dipergunakan untuk melakukan transaksi pada: 

  1. Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Danamon, ATM Bersama, ALTO, Prima maupun ATM lain yang memasang logo Maestro atau Cirrus. 
  2. Mesin setor tunai/Cash Deposit Machine (CDM) Bank Danamon. 
  3. Tempat-tempat (merchant) yang memasang mesin Electronic Data Capture (EDC) yang berlogo Maestro, Mastercard maupun Mastercard Electronic, 
  4. Layanan Hello Danamon 1-500-090. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat Nasabah melakukan transaksi dengan Kartu Debit/ATM Danamon: 

  1. Nasabah wajib mengganti PIN yang telah diberikan oleh Bank Danamon sebelum melakukan transaksi untuk pertama kalinya,
  2. Kartu Debit/ATM dan PIN hanya dapat digunakan oleh Nasabah sendiri dan tidak dapat dipindahtangankan/dipinjamkan kepada orang lain, 
  3. Ubahlah PIN secara berkala, hindari PIN yang mudah ditebak seperti tanggal lahir/tanggal pernikahan,
  4. Pastikan Kartu Debit/ATM sudah ditandatangani pada bagian belakang kartu,
  5. Pastikan saldo cukup dalam melakukan transaksi seperti penarikan tunai, pemindahbukuan, transfer, pembayaran tagihan dan lain-lain, 
  6. Kesalahan memasukkan PIN secara 3 kali berturut-turut pada hari yang sama akan mengakibatkan kartu terblokir,
  7. Jangan beritahukan PIN kepada siapapun karena bersifat pribadi dan rahasia,
  8. Jangan pernah menuliskan PIN pada Kartu Debit/ATM, 
  9. Sebelum melakukan transaksi debit di merchant, tanyakan terlebih dahulu apakah merchant mengenakan biaya tambahan,
  10. Pastikan PIN yang dimasukkan pada saat melakukan transaksi debit di Merchant tidak terlihat oleh siapapun,
  11. Pastikan Kartu Debit/ATM digesek satu kali dengan nominal transaksi yang benar pada EDC Merchant,
  12. Simpan slip transaksi pembelanjaan di Merchant sampai dipastikan bahwa transaksi tersebut tidak bermasalah, 
  13. Apabila Kartu Debit/ATM hilang/tertelan, segera menghubungi Hello Danamon 1- 500-090 untuk segera dilakukan blokir kartu.

Biaya

No

Fitrur

Nominal

1

Biaya administrasi bulanan

Bebas Biaya

2

Biaya ATM bulanan

Bebas Biaya

3

Kartu Debit/ATM baru (ketika buka rekening)

Bebas Biaya

4

Biaya penggantian Kartu Debit/ATM:

 

  • Ditelan mesin ATM

Gratis + Rp10.000 (biaya materai)

  • Kartu Debit/ATM hilang/ dicuri

Rp25.000 + Rp10.000 (biaya materai)

  • Rusak atau salah PIN

Rp25.000

5

Biaya cetak laporan transaksi/ lembar:

 

  • Bulan berjalan dan sampai 2 bulan terakhir

Rp5.000

  • Lebih dari 2 bulan

Rp10.000

6

Minimum saldo yang harus dijaga

Rp0

7

Penalti dibawah saldo minimum

Rp0

8

Biaya dormant

Rp.20.000

9

Penutupan Rekening

Rp50.000

10

Biaya laporan rekening elektronik (e-Statement)

Bebas Biaya

11

Penggunaan mesin ATM:

 

  • Cek Saldo di ATM Danamon

Bebas Biaya

  • Tarik Tunai di ATM Danamon

Bebas Biaya

  • Cek saldo di ATM Bersama, ALTO & Prima

Rp4.000

  • Tarik Tunai di ATM Bersama, ALTO & Prima

Rp7.500 (Bebas Biaya untuk 20 kali per bulan jika Saldo sebelum transaksi ≥ Rp1 juta)

  • Tarik Tunai di ATM Cirrus

Rp25.000

12

Penggunaan D-Bank PRO website & D-Bank

 

  • Transfer

 

  • Transfer SKN / SKN Transfer
  • Transfer RTGS / RTGS Transfer
  • Transfer Online (ATM Bersama/ALTO/PRIMA)
  • Transfer BI Fast

Rp2.900

Rp20.000

Rp7.500

Rp2.500 (Bebas Biaya untuk 20 kaliper bulan jika Saldo sebelum transaksi ≥ Rp1 juta)

Seluruh biaya transaksi yang timbul akan langsung didebet dari rekening Nasabah pada saat transaksi atau setiap bulan tergantung pada metode masing – masing produk/layanan.

 

Simulasi

Perhitungan Bunga Harian

Nominal

Saldo Rekening/ Account Balance: Rp10.000.000

 

Bunga untuk saldo dibawah Rp.50 Juta =

[(Rp500.000 x 0.00%) + (Rp9.500.000 x 0.50%)]/365

 

Rp 26.03

Pajak 20%: Rp26.03 x 20%

Rp 5.21

Bunga (net): Rp26.03 – Rp5.21

Rp20.82

Catatan: 

Tingkat suku  unga dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan sebelumnya kepada nasabah. 

Risiko Pembukaan Rekening Danamon Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

  1. Malware adalah program atau software yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, yang bisa mengalihkan data hasil input Nasabah untuk kepentingan pihak yang tidak bertanggung jawab.
  2. Phising, Terjadi bila data pribadi Nasabah diambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab melalui suatu media tertentu yang bukan berasal dari aplikasi atau situs resmi Danamon.
  3. Risiko Suku Bunga, tingkat suku bunga dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan sebelumnya kepada nasabah.

 

Persyaratan dan Tata Cara Pembukaan Rekening Danamon Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

  1. Calon Nasabah melakukan pengisian data untuk pembukaan rekening pada aplikasi pihak ketiga yang telah bekerja sama dengan Danamon.
  2. Danamon akan melakukan validasi atas data pembukaan rekening yang disampaikan oleh calon Nasabah dan melakukan pengambilan data secara online ke Dukcapil berdasarkan NIK calon Nasabah untuk melengkapi data pribadi Nasabah.
  3. Agar tidak terjadi kegagalan pembukaan rekening, maka pastikan data-data yang diberikan:
    • Email: tidak boleh terdaftar di D-Bank Registration, D-Bank PRO  D-Bank PRO website dan sistem Danamon.
    • No. HP: tidak boleh terdaftar di D-Bank Registration, D-Bank PRO , D-Bank PRO website dan sistem Danamon.
    • NIK: tidak boleh terdaftar di sistem Danamon dan D-Bank Registration dimana NIK terdaftar dari pihak ketiga lainnya.  
  4. Setelah pengisian data telah lengkap, Danamon akan mengirimkan SMS dan/atau Email ke nomor telepon selular dan/atau alamat email Nasabah yang didaftarkan oleh calon Nasabah. SMS dan/atau Email tersebut berisikan link situs Danamon yang harus diakses oleh calon Nasabah untuk melanjutkan proses pembukaan rekening.
  5. Calon Nasabah akan diminta untuk memasukkan data-data untuk diverifikasi dan/atau melakukan video KYC dengan petugas Danamon.
  6. Setelah verifikasi berhasil dilakukan, rekening akan dibuka secara otomatis dan Nasabah akan menerima notifikasi email berisikan nomor rekening Nasabah.
  7. Nasabah juga akan secara otomatis terdaftar pada layanan e-channel D-Bank PRO websitedan D-Bank PRO.
  8. Nasabah dapat melakukan pengaktifan Kartu Debit/ATM yang dikirimkan ke alamat Nasabah melalui link situs Danamon yang dikirimkan oleh Danamon melalui SMS dan/atau Email yang terdaftar dalam sistem Danamon.

Tips Aktivasi dan Bertransaksi Aman

  1. Pastikan untuk mengakses aplikasi dan situs resmi yang ditunjuk oleh Danamon.
  2. Gunakan data yang sesuai dengan data yang Anda daftarkan pada sistem Danamon.
  3. Password, OTP, PIN dan m-PIN bersifat SANGAT RAHASIA!
    Jangan berbagi informasi tersebut kepada siapapun dengan alasan apapun, maupun mencatat atau menyimpan pada lokasi yang mudah diakses orang lain. Danamon tidak pernah menanyakan data-data rahasia tersebut melalui telepon, email maupun media komunikasi lainnya.
  4. Hindari penggunaan/pembuatan password yang mudah diketahui orang lain seperti tanggal lahir Anda.
  5. Gunakan selalu Smartphone dan email pribadi Anda untuk bertransaksi.
  6. Selalu akses aplikasi dan situs Danamon dari device pribadi Anda. Hindari menggunakan device milik orang lain dan penggunaan wifi publik.
  7. Pastikan sistem operasi (Operating System/OS) dan Software antivirus atau anti malware yang ada pada device Anda ter-update secara berkala.
  8. Waspada dan tidak membuka email dari pengirim yang tidak dikenal, serta tidak membuka link website yang tidak dikenal.

 

Layanan Informasi/Keluhan 24 Jam

Hello Danamon 1-500-090

PT Bank Danamon Danamon Indonesia Tbk berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.