Syarat dan Ketentuan Program Giro Berhadiah

Syarat dan Ketentuan Umum Program Giro Berhadiah ini (“Syarat dan Ketentuan Umum Program”) merupakan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan bagi nasabah yang mengikuti Program Giro Berhadiah (“Program”) yang diselenggarakan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank”) yang merupakan satu kesatuan dan bagian tidak terpisahkan dari Formulir Pendaftaran Program Giro Berhadiah (“Formulir”). 

Nasabah dengan ini setuju dan mengikatkan diri terhadap seluruh ketentuan Syarat dan Ketentuan Umum Program ini dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:


 

Nasabah dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti Program terhitung sejak bulan Juni 2021 sampai dengan Agustus 2021 (“Periode Pendaftaran Program”) dan pelaksanaan Program akan dilakukan selama 3 (tiga) bulan sejak Nasabah menandatangani Formulir (“Periode Pelaksanaan Program”).

  1. Program ini berlaku untuk: 
    (i) nasabah baru (sesuai ketentuan Bank) baik perorangan maupun badan usaha yang sebelumnya belum memiliki rekening pada Bank kemudian membuka rekening giro pada Bank (“Nasabah Baru”); atau 
    (ii) nasabah existing baik perorangan maupun badan usaha yang telah memiliki rekening giro (dengan status rekening aktif) pada Bank (“Nasabah Existing”).
    (untuk selanjutnya Nasabah Baru dan Nasabah Existing secara bersama-sama disebut sebagai “Nasabah”). 
  2. Nasabah tidak sedang mengikuti program portfolio/deepening Bank lainnya dan tidak mendapatkan special pricing/rate giro dari Bank. 
  3. Nasabah belum pernah mengikuti Program Top Up Balance Program Danamon Optimal dan Cash Management Point Reward Program. 
     

  1. Setiap Nasabah yang ingin mengikuti Program wajib terlebih dahulu mendaftarkan diri dengan mengisi dan menandatangani Formulir.  
  2. Bank berhak sepenuhnya untuk menolak/ membatalkan keikutsertaan Nasabah apabila Nasabah tidak memenuhi Syarat dan Ketentuan Program yang berlaku dan/atau terdapat pelaporan indikasi penipuan/penyimpangan transaksi, dengan pemberitahuan melalui cabang tempat rekening Giro Nasabah dibukukan.
  3. Program ini akan tunduk pada syarat dan ketentuan umum yang berlaku pada Bank sehubungan dengan produk rekening giro.
  4. Jenis produk rekening giro yang dapat diikutsertakan pada Program ini adalah sebagai berikut: 
    - Giro Dana Fleksi ( 522 )
    - SME Giro Umum ( 538 )
    - Giro BISA ( 541 )
    - Primagiro Umum IDR Individu ( 501 )
    - Primagiro Umum IDR non Individu ( 490 )
    - Giro Dana Fleksi Koperasi (523)
    - Giro Syariah iB Mudharabah (645)
    - Giro Bisa iB (644)

  5. Dalam hal Nasabah memiliki lebih dari 1 (satu) jenis rekening giro sebagaimana dimaksud pada poin 4 di atas maka Nasabah wajib mengikutsertakan seluruh rekening giro yang dimilikinya tersebut pada Program ini. Selanjutnya, seluruh rekening giro yang diikutsertakan Nasabah pada Program ini disebut sebagai “Rekening Giro”. 
  6. Nasabah berhak memperoleh hadiah berupa cashback atau voucher atas penempatan dana pada Rekening Giro sesuai ketentuan perolehan hadiah berdasarkan perhitungan reward balance dan reward point yang diatur pada Syarat dan Ketentuan Umum ini. 
  7. Khusus Rekening Giro berdasarkan prinsip Syariah, hadiah yang diberikan kepada Nasabah berupa voucher. 
  8. Nasabah yang membatalkan keikutsertaan Program tidak diperbolehkan untuk mengikuti kembali Program yang sedang berjalan.
     

  1. Reward Balance
    Syarat dan ketentuan untuk mendapatkan hadiah cashback atau voucher berdasarkan perhitungan reward balance adalah sebagai berikut:
    1. Tipe Program Dana Tidak Diblokir
      1. Tipe Program ini berlaku baik untuk Nasabah Baru maupun Nasabah Existing.
      2. Terdapat kenaikan saldo rata-rata pada Rekening Giro minimum sebesar Rp. 250.000.000 (dua ratus lima puluh juta rupiah) selama Periode Pelaksanaan Program, khusus Nasabah Existing kenaikan saldo rata-rata  diperoleh dari hasil pengurangan saldo rata-rata Rekening Giro selama Periode Pelaksanaan Program dengan saldo rata-rata Rekening Giro bulan Mei 2021. 
      3. Kenaikan saldo rata-rata Rekening Giro Nasabah dihitung berdasarkan kenaikan saldo rata-rata Current Account (CA) dan kenaikan saldo rata-rata Funding (CASA TD)  dalam 1 CIF, mana yang lebih rendah. 
      4. Terdapat minimal 10 (sepuluh) transaksi yang harus dipenuhi pada Rekening Giro melalui Danamon Cash Connect, Cash@Work (berupa transfer ke bank lain (SKN&RTGS), Remittance, E-Tax Paymet dan Payroll), Danamon Online Banking  dan/atau  D-bank yang meliputi transaksi Pembayaran (TV Kabel, Pinjaman, Kartu Kredit), Top Up Wallet (Ovo, Gopay, Paytren) dan Pembelian Pulsa selama Periode Pelaksanaan Program.
      5. Besaran nilai hadiah yang diperoleh Nasabah sesuai dengan tiering kenaikan saldo rata-rata Rekening Giro  sebagai berikut: 

        Tiering Kenaikan Saldo Rata-Rata (IDR)

        Dana Tidak Diblokir

        Nilai Hadiah

        (IDR)

        Nett

        250 Juta s.d < 1 Milyar

        1,500,000

        1 Milyar s.d < 2,5 Milyar

        6,500,000

        2,5 Milyar s.d < 5 Milyar

        15,000,000

        5 Milyar s.d < 10 Milyar

        30,000,000

        10 Milyar s.d < 20 Milyar

        55,000,000

        20 Milyar s.d < 30 Milyar

        75,000,000

        30 Milyar s.d < 40 Milyar

        85,000,000

        40 Milyar s.d < 50 Milyar

        90,000,000

        50 Milyar

        100,000,000


      6. Hadiah akan diberikan kepada Nasabah paling lambat 60 (enam puluh) hari kerja sejak Periode Pelaksanaan Program berakhir dengan cara dikreditkan ke Rekening Reward (untuk hadiah berupa cashback) atau dikirimkan ke alamat Nasabah yang terdaftar pada Bank melalui cabang pembuka rekening atau sales terkait(untuk hadiah berupa voucher). 
    2. Tipe Program Dana Diblokir
      1. Tipe Program ini berlaku hanya untuk Nasabah Baru
      2. Terdapat minimal penempatan dana yang diblokir sebesar Rp. 1.000.000.000 (satu miliar rupiah) selama Periode Pelaksanaan Program yakni 3 (tiga) bulan sejak Nasabah menandatangani Formulir.
      3. Terdapat minimal 10 (sepuluh) transaksi yang harus dipenuhi pada Rekening Giro melalui Danamon Cash Connect, Cash@Work (berupa transfer ke Bank Lain (SKN&RTGS), Remittance, E-Tax Paymet dan Payroll), Danamon Online Banking dan/atau  D-bank yang meliputi transaksi Pembayaran (TV Kabel, Pinjaman, Kartu Kredit), Top Up Wallet (Ovo, Gopay, Paytren) dan Pembelian Pulsa selama Periode Pelaksanaan Program. 
      4. Besaran nilai hadiah yang diperoleh Nasabah Baru sesuai dengan tiering penempatan dana yang diblokir  sebagai berikut: 

        Tiering Penempatan Dana Yang Diblokir (IDR)

        Nilai Hadiah

        (IDR)

        Nett

        1 Milyar

        1,500,000

        2,5 Milyar

        6,500,000

        5 Milyar

        15,000,000

        10 Milyar

        30,000,000

        20 Milyar

        55,000,000

        30 Milyar

        75,000,000

        40 Milyar

        85,000,000

        50 Milyar

        90,000,000

        60 Milyar

        100,000,000



      5. Hadiah akan diberikan kepada Nasabah Baru paling lambat 60 [enam puluh] hari kerja sejak Nasabah menandatangani Formulir dengan cara dikreditkan ke Rekening Reward (untuk hadiah berupa cashback) atau dikirimkan ke alamat Nasabah yang terdaftar pada Bank (untuk hadiah berupa voucher). 
      6. Apabila Nasabah Baru melakukan pembatalan keikutsertaan Program dengan membuka blokir atas Jumlah Dana yang Diblokir sebelum Periode Pemblokiran Dana berakhir, maka Nasabah wajib mengembalikan total nilai hadiah yang diterima Nasabah ditambah biaya penalty sebesar 20% (dua puluh persen) dari total nilai hadiah tersebut
         

  2. Reward Point
    Syarat dan ketentuan untuk mendapatkan hadiah cashback atau voucher berdasarkan perhitungan reward point adalah sebagai berikut:
    1. Untuk setiap transaksi melalui Danamon Cash Connect (DCC), D-Bank dan/atau Danamon Online Banking (DOB), Nasabah akan memperoleh reward point dengan ketentuan perolehan reward point sebagaimana ditentukan pada tabel di bawah ini. 
    2. Jumlah minimum reward point yang wajib diperoleh Nasabah adalah sebesar 50 (lima puluh) poin dan jumlah maksimum reward point yang dapat diperoleh Nasabah adalah sebesar 1000 (seribu) poin. 
    3. Setiap 1 (satu) poin memiliki nilai sebesar Rp. 2.500,- (dua ribu lima ratus rupiah).
    4. Hadiah berdasarkan perhitungan reward point akan dikreditkan pada Rekening Reward dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari kerja sejak Periode Pelaksanaan Program berakhir.
       
      Kriteria Poin Transaksi Danamon Cash Connect (DCC) dan/atau Cash@work (C@W)

      No

      Jenis Transaksi

      Point

      Keterangan

      1

      Pendaftaran Baru DCC dan/atau C@W

      20

       

      2

      Aktivasi Dormant/Inactive DCC dan/atau CAW

      15

      Nasabah Dormant harus melakukan transaksi finansial di DCC/C@W

      3

      Transaksi Payrol via DCC dan/atau C@W

      • Jumlah rekening karyawan (inhouse):

      1-50

      50-100

      100-200

      > 200

       

       

      4

      8

      12

      15

       

      Berlaku kelipatan, maksimum 4 kali upload payroll dalam sebulan

      4

      Transaksi Transfer ke Bank Lain ( per 10 transaksi) dihitung sejak nasabah terdaftar di Program via DCC

      5

       

      Berlaku kelipatan, tanpa batas maksimum.

      5

      Incoming Transfer dari Bank Lain

      5

       

      Minimum incoming transfer equivalen Rp 10,000,000 per transaksi

      6

      Transaksi Remittance via DCC per transaksi

      5

       

      Berlaku kelipatan, tanpa batas maksimum.

      7

      Transaksi E-Tax

      5

       

      Berlaku kelipatan, dengan batas maksimum 100 poin perbulan


      Kriteria Poin Transaksi D-Bank dan/atau DOB

      No

      Nama Layanan

      Point

      Keterangan

      1

      Top Up Wallet (Ovo, Gopay, Paytren)

       

      5

       

      Per 5 transaksi dan berlaku kelipatan, tanpa batas maksimum.

      2

      Pembelian Pulsa

      3

      Pembayaran ( TV Kabel, Kartu Kredit, Pinjaman)








Contoh 1: Nasabah Existing

Nasabah A mempunyai rekening seperti di bawah dan melakukan  transaksi Incoming Transfer dari bank lain sebanyak 20 kali pada bulan Juni, 20 kali dibulan Juli dan 20 kali dibulan Agustus dengan nominal > Rp. 10.000.000 per transaksi dan melakukan transaksi E-Tax 5 kali pada bulan Juni, 5 kali dibulan Juli dan 5 kali dibulan Agustus .

Rekening

AvBal Mei 2021

(Rp Juta)

Status

Kode Produk eligible?

Giro Dana Fleksi

2.000

Aktif

Yes

Fleximax

100

Aktif

No

TD Reguler

1.000

Aktif

No

Total

3.100

 

 


  • Debitur mendaftar di 10 Juni 2021
  • Masa observasi = Juin s/d Agustus 21 (3 bulan sejak pendaftaran)
  • Baseline = Saldo rata-rata total Funding (CASA TD ) dan CA di bulan Mei 2021                                          
    Baseline CA Mei’21 = Rp 2.000 juta 
    Baseline Funding Mei’21 = Rp 3.100 juta
     
  1. Berikut data Reward Balance selama masa observasi program :

    Bulan

    AvBal Giro Dana Fleksi (Rp Juta)

    AvBal Fleximax

    (Rp Juta)

    Total AvBal Funding CASA TD (Rp Juta)

    Juni 2021

    1.500

    100

    1.600

    Juli 2021

    2.000

    200

    2.200

    Agustus 2021

    5.000

    300

    7.000

    Total

    6.500

    600

    7.100


    • Saldo rata-rata CA (Giro Dana Fleksi  ) = 6.500 / 3 = Rp 2.833 Juta
    • Saldo rata-rata Total Funding CASA TD = 7.100 / 3 = Rp 3.600 Juta 
    • Kenaikan AvBal  CA = Rp 2.833 juta – Rp 2.000 juta = Rp 833 juta 
    • Kenaikan Saldo rata-rata Funding ( CASA TD  )= Rp. 3.600 juta – Rp 3.100 juta = Rp. 500 juta
    • Kenaikan Saldo rata-rata Final = Kenaikan Saldo rata-rata CA vs kenaikan Saldo rata-rata Funding   mana yang lebih rendah 
      Kenaikan AvBal Final =  Rp 500 Juta --> Reward Tiering 1 (Rp. 1.500.000 ) 
      Notes:
      Nasabah eligible mendapatkan reward balance karena sudah memenuhi syarat minimal 10x transaksi melalui DCC di bawah 
       
  2. Berikut data Reward Point selama masa observasi program :

    Kriteria Poin

    Point

    Incoming transfer dari bank lain 20 transaksi per bulan

    300

    Transaksi E-Tax 5 kali per bulan

    75

    Total

    500

    • Reward point yang didapat oleh Nasabah adalah 375 x 2.500 = 937.500
      Total hadiah yang didapat selama program (Reward Balance + Reward Point) adalah Rp. 1.500.000 + Rp. 937.500 = Rp. 2.437.500

Contoh 2: Nasabah NTB

Nasabah B melakukan pembukaan rekening di tanggal 10 Juni 2021 dan melakukan  transaksi Incoming Transfer dari bank lain sebanyak 20 kali setiap bulan dengan nominal > Rp. 10.000.000 per transaksi dan melakukan pendaftaran DCC dengan transaksi E-Tax 10 kali setiap bulan.

Rekening

Baseline

Status

Kode Produk eligible?

Giro Bisa

0

Aktif

Yes

  • Masa observasi = Juni s.d Agustus’21 (3 bulan sejak pendaftaran)
  • Baseline = 0
  1. Berikut data Reward Balance selama masa observasi program :

    Bulan

    Saldo rata-rata Giro Bisa

    (Rp Juta)

    Juni’21

    720

    Juli’21

    800

    Agustus’21

    1500

    Total

    3.020


    • Saldo rata-rata CA = Saldo rata-rata Final = 3.020 / 3 = Rp 1.006 Juta
      Kenaikan Saldo rata-rata = Rp 1.006 juta --> Reward Tiering 2 (Rp 6.500.000)
      Notes:
      Nasabah eligible mendapatkan reward balance karena sudah memenuhi syarat minimal 10x transaksi melalui DCC di bawah 
       

  2. Berikut data Reward Point selama masa observasi program :

    Kriteria Poin

    Point

    Registrasi DCC

    20

    Incoming transfer dari bank lain 20 transaksi per bulan

    300

    Transaksi E-Tax 10 kali per bulan

    150

    Total

    470



    • Reward poin yang didapat oleh Nasabah adalah 470 x 2.500 = 1.175.000

      Total Reward yang didapat selama program (Reward Balance + Reward Point) adalah
      Rp. 6.500.000 + Rp. 1.175.000 = Rp. 7.675.000
       

Contoh 3 : Nasabah NTB – Blokir

Nasabah D melakukan pembukaan rekening di tanggal 10 Juni 2021 dan melakukan  transaksi Incoming Transfer dari bank lain sebanyak 20 kali dibulan Juni, 20 kali dibulan Juli dan 20 kali dibulan Agustus dengan nominal > Rp. 10.000.000 per transaksi dan melakukan melakukan pendaftaran DCC dengan transaksi E-Tax 5 kali dibulan Juni, 5 kali dibulan Juli dan 5 kali dibulan Agustus.

Rekening

Baseline

Status

Kode Program Eligible?

Giro Dana Fleksi Koperasi

0

Aktif

Iya

  • Periode blokir = 10 Juni 2021 s.d 10 September 2021 (3 bulan)
  • Baseline = 0
  • Komitmen Balance = Rp 20,000 Juta

Berikut dana nasabah yang diblokir selama masa blokir program :

Bulan (Rp Juta)

Saldo rata-rata Giro Dana Fleksi Koperasi

10 Juni 2021 – 10 September 21

20,000

Total

20,000

  1. Reward Balance FINAL= Rp 20,000 juta → Tiering 5 (Rp.55.000.000)
    Notes:
    Nasabah eligible mendapatkan reward balance karena sudah memenuhi syarat minimal 10x transaksi melalui DCC di bawah

  2. Reward Point:

    Kriteria Poin

    Point

    Registrasi DCC

    20

    Incoming transfer dari bank lain 20 transaksi per bulan

    300

    Transaksi E-Tax 5 kali per bulan

    75

    Total

    395


    • Reward poin yang didapat oleh Nasabah adalah 395  x 2.500 = 987.500

      Total Reward yang didapat selama program (Reward Balance + Reward Point) adalah
      Rp. 55.000.000 + Rp. 987.500 = Rp. 55.987.500

       

  1. Ketentuan lain yang terkait dengan rekening giro, sepanjang tidak diatur berbeda dalam Syarat dan Ketentuan Umum Program ini dinyatakan tetap berlaku dan mengikat Nasabah.
  2. Syarat dan Ketentuan Umum ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari “Syarat dan Ketentuan Umum Rekening dan Layanan Perbankan PT Bank Danamon Indonesia Tbk” dan/atau “Syarat dan Ketentuan Umum Rekening dan Layanan Perbankan PT Bank Danamon Indonesia Tbk Khusus Syariah”.
  3. Bank Danamon akan menginformasikan terlebih dahulu kepada Nasabah dalam hal terdapat perubahan manfaat, biaya, risiko atas Layanan Transaksi melalui media komunikasi yang tersedia pada Bank. Dalam hal Nasabah tidak setuju dengan adanya perubahan tersebut, maka Nasabah dapat mengirimkan pernyataan keberatannya kepada Bank dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kerja terhitung sejak perubahan dikirimkan/diumumkan melalui media komunikasi yang tersedia pada Bank. Apabila Nasabah tidak menyetujui perubahan tersebut, Nasabah berhak untuk menutup/mengakhiri Program setelah terlebih dahulu menyelesaikan seluruh kewajiban Nasabah yang masih terhutang kepada Bank (apabila ada) terkait Program. Dengan lewatnya waktu tersebut di atas, Nasabah setuju bahwa Bank akan menganggap Nasabah menyetujui perubahan tersebut.
  4. Jika ada satu ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Umum Program ini yang oleh karena suatu ketetapan pemerintah atau pengadilan dilarang atau tidak dapat dilaksanakan atau menjadi tidak berlaku atau dinyatakan batal demi hukum, hal tersebut tidak mempengaruhi keabsahan ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan Umum Program ini, dan ketentuan-ketentuan lainnya tersebut tetap berlaku dan mengikat serta dapat dilaksanakan sebagaimana ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan Umum Program ini.
  5. Judul dan istilah yang dipergunakan dalam Syarat dan Ketentuan Umum Program ini semata- mata bertujuan untuk mempermudah pemahaman atas isi Syarat dan Ketentuan Umum Program ini.
  6. Nasabah dengan ini mengetahui bahwa Bank memiliki prosedur pelayanan dan penyelesaian pengaduan sehubungan dengan pelaksanaan layanan perbankan yang dapat diakses oleh Nasabah melalui link website dan atau email tb.service@danamon.co.id
  7. Syarat dan Ketentuan Umum Program ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
  8. PT Bank Danamon Indonesia Tbk merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Syarat dan Ketentuan Umum Program ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Formulir, dan dengan ditandatangani Formulir oleh Nasabah, maka Nasabah menyatakan telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui segala sesuatu yang tertulis dan dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan Umum Program, dan oleh karenanya berjanji serta mengikatkan diri kepada Bank untuk tunduk dan mematuhi seluruh ketentuan yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan Umum Program ini.

Hati-hati terhadap penipuan. Pastikan Nasabah berhati-hati dan tidak tertipu oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Bank. Segala bentuk penipuan ataupun perbuatan lainnya yang dilakukan oleh pihak lain/ketiga yang dikaitkan dengan Layanan Transaksi ini berada di luar kewenangan Bank.