Tanya Jawab D-Point

 

Tanya : T, Jawab : J

 

T: Apakah D-Point itu?
J: D-Point adalah program poin reward yang diperoleh Nasabah melalui beragam aktifitas perbankan yang ditentukan oleh Danamon sebagai penghargaan Danamon atas loyalitas Nasabah. Pengumpulan dan penghitungan poin pada program ini dilakukan oleh sistem berdasarkan aktivitas perbankan yang dilakukan nasabah melalui produk-produk Danamon, yang dihitung berdasarkan matriks poin yang sudah ditentukan. Nasabah dapat mengumpulkan D-Point dari beberapa produk yang dimiliki selama produk-produk tersebut dalam 1 (satu) nomor Identitas Nasabah CIF). D-Point yang terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah atau merchandise langsung oleh Nasabah melalui channel-channel penukaran D-Point yang disediakan oleh Bank salah satunya dengan mengakses website penukaran D-Point di https://www.danamonline.com.

 

T: Bagaimana nasabah dapat mengikuti program ini?
J: Sebagai Nasabah yang memiliki rekening pribadi di Danamon, secara otomatis Anda dapat mengikuti proses pendaftaran apapun sesuai dengan kriteria persyaratan dan ketentuan yang berlaku

 

T: Kapan Nasabah dapat mengikuti program ini?
J: Keikutsertaan Nasabah dimulai pada saat program ini diluncurkan atau pada saat nasabah bergabung dengan Danamon melalui rekening produk-produk Danamon.

 

T: Kapan program ini berakhir?
J: Keikutsertaan program akan secara otomatis akan berakhir jika nasabah tidak lagi memiliki rekening di Bank dan/ atau nasabah dinyatakan tidak berhak pengumpulkan atau penukarkan D-Point oleh Bank karena melakukan kecurangan dalam pengumpulan D-Point atau melanggar ketentuan perbankan lainnya. Dalam hal ini Bank sepenuhnya berhak untuk membatalkan keikutsertaan nasabah dalam program ini

 

T: Apakah D-Point ini memiliki masa berlaku?
J: Iya. Masa berlaku 3 (tiga) tahun sejak D-Point dihasilkan/ dikonversi/ dimigrasi

 

T: Bagaimana jika D-Point tersebut telah melewati masa berlakunya?
J: D-Point akan hangus secara otomatis dan tidak dapat ditukarkan untuk ditukarkan dengan hadiah D-Point apapun.

 

T: Bagaimana dengan Nasabah yang menutup semua rekeningnya tapi memiliki D-Point  yang masih berlaku?
J: D-Point akan hangus secara otomatis saat Nasabah melakukan penutupan rekening. Sehingga Nasabah isarankan untuk menukarkan D-Point sebelum melakukan penutupan rekening. Ini berlaku juga bagi rekening-rekening yang ditutup oleh Danamon (involuntary closed seperti dormant zero balance dll)

 

T: Apa kriteria nasabah untuk program ini?
J:

  • Nasabah Individu dari Consumer & SME Banking Danamon
  • Memiliki setidaknya 1 rekening aktif/ open di pada Nomor Identitas Nasabah (CIF)-nya
    Tidak termasuk dalam daftar Nasabah fraud atau memiliki tunggakan/ pelanggaran lainnya

 

T: Produk apa saja yang mencakup dalam program ini?
J:

  • Kartu Debit Danamon (Regular & Manchester United)
  • Kartu Kredit Danamon ( Visa & MasterCard Platinum, Visa & MasterCard Manchester United, MasterCard World, Visa Infinite & MasterCard World Elite)
  • e-Channel (D-bank, Danamon Online Banking, ATM/ CDM, & Danamon SMS Banking) khusus untuk transaksi finansial 
  • Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)
  • Personal Loan/ KTA (Dana Instant)
  • Bancassurance (PPM, PPRO, PPRA, PPE, Primajaga100, PPA)
  • Reksadana (Mutual Fund & DRIP kecuali reksadana money market)
  • Danamon Kredit Solusi UKM (kredit Investasi Ruko, Kredit Investasi Usaha, Kredit Investasi Modal)

 

T: Bagaimana cara perhitungan D-Point?
J: Poin “D-Point” akan dihitung berdasarkan matriks perhitungan dasar poin. Poin akan dihitung & dikumpulkan dalam sistem dari rekening-rekening nasabah yang satu nomor CIF (customer number)

 

T: Bagaimana matriks penghitungan poinnya?
J:

Produk

Jenis Transaksi/ Aktifitas

Jumlah Poin

Kartu Debit

Transaksi belanja di berbagai merchant baik melalui EDC (mesin transaksi pembayaran) maupun pembayaran online min transaksi Rp 7.500 (berlaku kelipatan)

1 D-point

  • Visa & MasterCard Platinum
  • Visa & MasterCard Manchester United
  • Transaksi min Rp 2.500 (berlaku kelipatan
  • Transaksi Maks Rp 10 juta (untuk transaksi bill payment PLN)
  • Tidak berlaku untuk:
    1. Transaksi Cash Advance/ Tarik Tunai
    2. Transaksi yang dijadikan cicilan (installment payment)

1 D-Point

  • MasterCard World
  • Visa Infinite

3 D-Point

  • MasterCard World Elite

8 D-Point (transaksi dalam negeri)

12 D-Point (transaksi luar negeri)

E – Channel

Transaksi pembayaran, pembelian atau transfer 5 kali per bulan (tidak berlaku kelipatan)

250 D-point

Pendaftaran D-Bank dan langsung melakukan transaksi dalam bulan yang sama

500 bonus D-point

KPR

Pencairan kredit rumah min kredit Rp 500 juta. Poin dihitung kelipatan Rp 1 Juta

10 D-point

KTA/ Dana Instant

Pencairan kredit tanpa agunan min kredit Rp 25 juta. Poin dihitung dengan kelipatan Rp 1 juta

50 D-point

Asuransi Primajaga

Asuransi Proteksi Prima Amanah

Pembelian asuransi min premi Rp 200 ribu. Poin dihitung dengan kelipatan Rp 1000

1.25 D-point (nilai decimal hasil penghitungan dibulatkan ke bawah & tidak dimunculkan)

Asuransi Proteksi Prima Maxiplus

Pembelian asuransi min premi Rp 100 juta. Poin dihitung dengan kelipatan Rp 1 juta

100 D-point

Asuransi Proteksi Prima Rencana Optima

Asuransi Proteksi Prima Rencana Absolut

Asuransi Proteksi Prima Emas

Pembelian asuransi min premi Rp 1 juta. Poin dihitung dengan kelipatan Rp 1 Juta, efektif 1 Agustus 2018

1.000 D-point

Reksadana

Pembelian produk reksadana min Rp 1 juta. Tidak berlaku untuk reksadana pasar uang & obligasi

20 D-point

Kredit Solusi UKM

- Kredit Investasi Ruko

- Kredit Investasi Usaha

- Kredit Modal Kerja

Pencairan Kredit produk solusi UKM min Rp 500 juta . Poin dihitung dengan kelipatan Rp 1 juta

25 D-point

 

T: Apakah transaksi pembelanjaan Kartu Debit atau Kartu Kredit di luar negeri berlaku dihitung poin?
J: Ya dihitung. D-Point dihitung berdasarkan nominal pembelanjaan dalam mata uang rupiah setelah dikonversi dari mata uang asal. Nilai tukar mata uang asing berdasarkan nilai tukar yang berlaku di Danamon.

 

T: Bagaimana dasar penghitungan D-Point untuk produk Assuransi?
J: D-Point dihitung berdasarkan pembelian premi yang sudah diterbitkan polis asuransinya

 

T: Bagaimana jika terjadi pembatalan premi asuransi setelah polis diterbitkan, apakah D-Point tetap diberikan?
J: Selama polis sudah diterbitkan dan dana sudah masuk maka D-Point tetap diberikan

 

T: Bagaimana premi yang termasuk dalam produk unit link seperti PPM?
J: D-Point dihitung berdasarkan total premi yang dibayarkan, tidak memperhitungkan porsi investasi dan asuransinya

 

T: Bagaimana jika kredit KTA Nasabah menunggak apakah D-Poin tetap diberikan?
J: D-Poin untuk KTA tetap diberikan karena berdasarkan pencairan pertama. Tapi status menunggak pada rekening KTA Nasabah mengakibatkan D-Point tidak bisa diredeem/ ditukar sampai dengan kewajiban tunggakan Nasabah selesai dibayarkan.

 

T: Bagaimana jika Nasabah memiliki 2 Nomor Identitas Nasabah (CIF)?
J: Nasabah akan dianggap 2 Nasabah yang berbeda. Dan D-Point dari masing-masing CIF tidak dapat digabungkan

 

T: Bagaimana jika Nasabah masih memiliki Nomor Identitas Nasabah (CIF) tapi semua rekeningnya sudah tutup?
J: Nasabah tidak berhak mengikuti program ini. Dan D-Point yang terkumpul akan hangus secara otomatis.

 

T: Bagaimana mekanisme pengumpulan D-Point pada rekening gabungan?
J: Pada rekening gabungan baik AND atau OR maka D-Point akan dihitung & dikumpulkan untuk CIF pertama

 

T: Bagaimana cara penukaran D-Point?
J: Saat ini ada 3 channel untuk penukaran D-Point:

  1. Akses website redemption melalui https://www.danamonline.com
  2. Menghubungi Customer Care Hello Danamon di 1-500-090 atau
    Penukaran di EDC merchant rekanan yang ditunjuk

 

T: Bagaimana cara penukaran D-Point melalui website?
J:

  1. Masuk ke website Danmon Online Banking  https://www.danamonline.com lalu tekan tombol D-Point
  2. Masukan data credential nasabah:
    • Nomor Rekening atau Kartu Debit
    • Tanggal Lahir (DD/MM/YYYY) dan
    • Nomor handphone, tanpa prefiks “0” atau “62” (contoh: 812XXXXXXX)
  3. Masukan kode OTP (One Time Password) yang diterima melalui nomor ponsel yang terdaftar pada sistem Danamo.
  4. Pilih hadiah/ items/ gifts/ tiket pesawat/ hotel yang ada dalam web redemption sesuai jumlah poin yang dimiliki nasabah
  5. Lakukan konfirmasi transaksi penukaran poin
  6. Nasabah akan menerima notifikasi transaksi penukaran poin melalui alamat email yang terdaftar di sistem bank

 

T: Bagaimana cara penukaran D-Point melalui Hello Danamon?
J:

  1. Hubungi customer care Hello Danamon 1 500 090
  2. Verifikasi data nasabah sesuai ketentuan berlaku untuk level transaksi
  3. Team Customer Care Hello Danamon membuka halaman penukaran poin dan akan melakukan penukaran poin untuk nasabah
  4. Pilih menu Redeem D-point
  5. Masukan data credential nasabah:
    • Nomor Rekening/ Kartu Debit
    • Tanggal Lahir (DD/MM/YYYY) dan
    • Nomor handphone, tanpa prefiks “0” atau “62” (contoh: 812XXXXXXX)
  6. Pilih hadiah/ items/ gifts yang ada dalam web redemption sesuai jumlah poin yang dimiliki nasabah
  7. Lakukan konfirmasi ulang transaksi dengan menginformasikan nasabah hadiah/ items dan total poin yang ditukar. Jika nasabah setuju, proses dilanjutkan.
  8. Nasabah akan menerima notifikasi transaksi penukaran poin melalui alamat email yang terdaftar di sistem bank

 

T: Apa perbedaan penukaran melalui website D-Point & Hello Danamon?
J:

Perihal

Web Site

Hello Danamon

Pilihan Hadiah

Semua kategori

Hanya Non Travel

Biaya

Gratis

Dikenakan biaya:

  1. 2.500 D-Point jika menukar hingga 100.000 D-point

ii. 5.000 D-Point jika menukar di atas 100.000 D-Point

Alamat pengiriman hadiah

Bisa dikirim ke alamat lain selain alamat yang di sistem bank

Hanya bisa dikirim ke alamat yang tertera di sistem bank


 

T: Bisa ditukarkan apa saja D-Point ini?
J: Ada 5 kategori hadiah yang bisa ditukarkan:

  1. Travel, adalah hadiah berkaitan dengan perjalanan Anda seperti tiket pesawat di 900 perusahaan penerbangan, reservasi di 450.000 hotel, penyewaan mobil di 150 kota dan lain-lain
  2. Shop, adalah hadiah berupa barang seperti gadget, elektronik, home appliance, 
  3. Voucher, adalah hadiah berupa voucher untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup Anda seperti voucher belanja, atau voucher makan dalam bentuk e-voucher
  4. Miles, adalah hadiah khusus berupa konversi poin Frequent Flyer Miles dari maskapai penerbangan rekanan Danamon antara lain: Asia Miles, AirAsia BIG, Enrich, GarudaMiles & KrisFlyer  
  5. Merchandise Manchester United, adalah hadiah khusus untuk pemilik Tabungan Manchester United
  6. Debar D-Point, adalah penawaran terbatas dengan beragam hadiah istimewa

 

T: Apakah poin yang sudah ditukarkan bisa dibatalkan?
J: Tidak bisa

 

T: Bagaimana jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang dipilih?
J: Anda dapat menghubungi Customer Care Hello Danamon untuk menyampaikan keluhan dan Danamon akan membantu menindaklanjuti tersebut ke pihak vendor penyedia barang

 

T: Berapa lama barang sampai ke alamat tujuan?
J: Pengiriman tergantung dari jenis barang, asal barang dan alamat tujuan, mempertimbangkan asal barang bisa saja berasal dari luar Indonesia. Secara keseluruhan lama pengiriman sekitar 14 - 30 hari kerja

 

T: Bagaimana menyampaikan keluhan?
J: Keluhan penukaran point selambat-lambatnya diterima Hello Danamon 1 500 090, 2 (dua) minggu sejak penukaran poin