Syarat dan Ketentuan Debit Online Danamon

Definisi:

  1. 3D Secure adalah fasilitas dari MasterCard untuk melindungi transaksi online Kartu Debit dan Kartu Kredit Danamon. Layanan ini hanya tersedia di situs-situs merchant yang juga mendukung layanan 3D Secure.
  1. MSC/3D Secure adalah sistem keamanan yang menggunakan proteksi password selama proses belanja di internet dalam proses verifikasi pelanggan.
  2. Tujuan dari MSC/3D Secure adalah untuk menjalin kepercayaan antara merchant dan pelanggan seperti saat keduanya bertransaksi secara tatap muka langsung.
  1. 3 Digit CVC (Card Verification Code) adalah 3 digit nomor akhir yang terdapat pada bagian belakang Kartu Debit. Nomor CVC ini merupakan fitur keamanan untuk kartu berlogo Mastercard.
  2. Belanja Online adalah transaksi pembelian barang/jasa melalui media elektronik/internet yang menggunakan One Time Pasword (OTP) untuk proses otentikasi atas transaksi tersebut.
  3. Debit Online Danamon adalah fitur pembayaran online  pada situs jual beli/e-commerce menggunakan kartu debit Danamon yang sudah tersertifikasi oleh MasterCard (MSC/3D Secure) pada situs merchant (toko online) yang juga telah memiliki sertifikasi MasterCard (MSC/3D Secure).
  4. Force Majeur adalah setiap keadaan di luar kendali wajar Danamon dan Nasabah dan yang di luar perkiraan dan tidak dapat diperkirakan yang terjadi yang membuat transaksi finansial dan/atau transaksi non finansial tidak mungkin dapat dilanjutkan atau tertunda. kejadian tersebut adalah termasuk tetapi tidak terbatas pada:
  1. Bencana alam, sambaran/serangan petir, gempa bumi, banjir, badai, ledakan, kebakaran dan bencana alam lainnya
  2. Epidemi atau pemberlakuan karantina
  3. Perang, kejahatan, terorisme, pemberontakan, huru-hara, perang sipil, kerusuhan, sabotase, dan revolusi;
  4. Pemogokan;
  5. Ganguan virus komputer atau sistem Trojan Horses, atau komponen membahayakan yang dapat mengganggu layanan, web browser, komputer Nasabah, atau Internet Service Provider; dan 
  6. Sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, ganguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan.
  1. Kartu Debit/ATM Danamon adalah kartu yang diterbitkan oleh Danamon atas permohonan nasabah yang mempunyai fungsi sebagai kartu Debit dan/ atau kartu ATM dan/atau fungsi lainnya yang akan diltentukan oleh Danamon.
  2. MasterCard adalah produk dari MasterCard Worldwide yang merupakan provider dan jaringan dari kartu (debit/ kredit) berlogo MasterCrad.
  3. Nasabah adalah pemilik rekening dan pemegang Kartu Debit/ATM yang dikeluarkan Danamon yang akan/telah terdaftar sebagai pengguna layanan internet banking Danamon Online Banking.
  4. Nomor Kartu Debit/ATM adalah 16 digit nomor yang terdapat pada bagian depan Kartu Debit/ATM Danamon.
  5. One Time Password (OTP) adalah kode sandi yang bersifat unik dan berlaku untuk 1 (satu) kali transaksi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel Nasabah yang terdaftar pada sistem Danamon sebagai otentikasi atas transaksi financial dan non financial yang dilakukan melalui layanan internet banking dan atau mobile banking Danamon.
  6. Operator adalah penyedia jaringan layanan telekomunikasi seluler yang menggunakan teknologi GSM (Global System for Mobile Communication), CDMA (Code Division Multiple Access), maupun teknologi lainnya.
  7.  Ponsel (telepon selular) adalah perangkat telekomunikasi elektronik dikenal dengan sebutan telepon genggam atau handphone (HP).
  8.  Rekening adalah rekening tabungan dan/atau giro perorangan atas nama Nasabah yang telah terdaftar pada jasa layanan internet banking dan/atau e-channel Danamon lainnya dan digunakan sebagai sumber dana dalam melakukan transaksi finansial.
  9. SMS (Short Message Service) adalah layanan pesan singkat berbasis teks yang dapat dikirim dan atau diterima menggunakan Ponsel.
  10. Transaksi Finansial adalah transaksi melalui jasa layanan internet banking dan/atau e-channel Danamon lainnya yang berdampak pada perubahan saldo rekening seperti transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian, belanja online, dan transaksi-transaksi lainnya sesuai ketentuan Danamon.
  11. Transaksi Non Finansial adalah transaksi melalui jasa layanan internet banking dan/atau e-channel Danamon lainnya yang tidak berdampak pada perubahan saldo rekening seperti informasi saldo, mutasi rekening, informasi kurs, suku bunga, dan transaksi-transaksi lainnya sesuai ketentuan Danamon.
  12. Valid Thru (masa berlaku) adalah bulan dan tahun berakhirnya masa berlaku Kartu Debit/ATM yang terdapat pada bagian depan kartu.
  13. Definisi yang tidak diatur khusus pada 3D Secure Debit Online Danamon ini akan berlaku sesuai definisi yang tertera pada Syarat dan Ketentuan Umum Rekening dan Layanan Perbankan PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

 

Ketentuan Penggunaan

  1. Nasabah wajib membaca Syarat dan Ketentuan 3D Secure Debit Online Danamon (“Syarat dan Ketentuan”) dan menyetujui ketentuan yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan ini dengan  mengklik kolom yang menyatakan bahwa “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan Debit Online Danamon”.
  2. Pengguna wajib memiliki nomor ponsel yang valid, dan aktif yang sudah terdaftar pada sistem Danamon.
  3. Pengguna wajib terdaftar pada jasa layanan internet banking, Danamon Online Banking.
  4. Pengguna wajib memiliki rekening aktif dan Kartu Debit/ATM Danamon berlogo Mastercard yang masih berlaku.
  5. Pengguna wajib melakukan pengaturan limit transaksi Debit Online terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi pertama yang hanya dapat dilakukan dengan mengakses Danamon Online Banking.
  6. Pengguna wajib membaca dan mengklik kolom pernyataan persetujuan atas Syarat dan Ketentuan yang berlaku pada layanan 3D Secure Debit Online Danamon.
  7. Setelah melakukan pengaturan Limit Transaksi Debit Online melalui layanan internet banking (Danamon Online Banking), maka Nasabah memiliki batas transaksi maksimal per hari yang dapat digunakan untuk pembelian di merchant online menggunakan Kartu Debit/ATM Danamon berlogo MasterCard.
  8. Setiap instruksi dari Nasabah yang telah diberikan atau dikirimkan ke Danamon tidak dapat dibatalkan. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya apabila terjadi kekeliruan, kesalahan, kelalaian, pemalsuan, penyalahgunaan, penipuan, ketidakjelasan termasuk segala resiko dan/atau akibat dengan dilaksanakannya instruksi tersebut.
  9. Semua instruksi terhadap rekening hanya dapat dijalankan atau dilakukan apabila Danamon dapat konfirmasi dari Nasabah yang bersangkutan yang menyatakan bahwa instruksi tersebut benar dan otentik melalui kode OTP yang diinput Nasabah dan terbukti benar.
  10. SMS kode OTP akan dikirim Bank dan diterima Nasabah hanya jika inbox SMS di ponsel Nasabah tidak penuh, tidak ada gangguan dalam jaringan operator, atau tersedianya pulsa di nomor ponsel yang telah terdaftar pada sistem Danamon.
  11. Danamon berhak untuk tidak wajib melaksanakan perintah dari Nasabah, apabila:
  1. Saldo rekening Nasabah tidak cukup.
  2. Danamon mengetahui atau mempunyai alasan untuk menduga bahwa aksi penipuan atau aksi kejahatan telah atau sedang dilakukan.
  1. Nasabah wajib memberitahukan kepada pihak Danamon jika terdapat perubahan data Nasabah. Lakukan pengkinian Data Nasabah dengan mengisi Form Pengkinian Data Nasabah cabang Danamon tedekat.
  2. Danamon berhak menghentikan layanan 3D Secure Debit Online Danamon untuk sementara waktu atau dalam jangka waktu tertentu yang ditentukan untuk keperluan pembaharuan, pemeliharaan atau untuk tujuan lain dengan alasan apapun yang dianggap baik Bank Danamon, dan untuk itu Danamon tidak berkewajiban mempertanggungjawabkannya kepada siapapun. Namun, hal ini akan diinformasikankan ke pengguna paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sebelum dilakukan pembaruan, pemeliharaan ataupun tujuan lainnya.
  3. Danamon tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang di derita Nasabah dan Nasabah membebaskan Bank dari segala tuntutan yang berkaitan dengan:
  1. Penyalahgunaan informasi kartu, nomor ponsel, dan kode OTP oleh pihak lain.
  2. Segala kesalahan, ketidaktepatan atau ketidaklengkapan instruksi atau data yang dikirimkan melalui internet banking/ e-channel Danamon lainnya.
  3. Segala kegagalan transaksi sebagai akibat tidak tersedianya pulsa yang mencukupi pada nomor ponsel Nasabah.
  4. Segala kesalahan atau permasalahan pada jaringan operator telekomunikasi seluler.
  5. Segala kelalaian Nasabah dalam mengikuti prosedur, petunjuk, ketentuan dalam menggunakan 3D Secure Debit Online Danamon atau keterlambatan dalam menyampaikan perubahan data Nasabah.


Informasi Kartu dan OTP

  1. Informasi yang terdapat pada Kartu Debit/ATM Nasabah dan dapat digunakan untuk transaksi belanja online adalah nomor kartu, valid thru (masa berlaku kartu), dan 3 digit nomor CVC (Card Verification Code). Informasi ini bersifat tetap dan tidak dapat diubah.
  2. Nasabah wajib mengamankan Kartu Debit/ATM dan menjaga kerahasiaan data pribadi lainnya sepert nomor ponsel, PIN dan/atau Password dengan cara tidak memberikan kartu debit dan informasi tersebut kepada siapapun.
  3. Nasabah harus menjaga kerahasiaan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar saat akan melakukan verifikasi pembayaran di situs merchant e-commerce.
  4. Segala instruksi transaksi berdasarkan permintaan Nasabah dan telah dikonfirmasi melalui informasi kartu yang diisi oleh Nasabah beserta kode OTP sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
  5. Pengisian informasi kartu debit dan kode OTP mempunyai kekuatan hukum, sehingga karenanya Nasabah dengan ini menyatakan bahwa transaksi belanja online yang diperintahkan juga merupakan pemberian kuasa dari Nasabah kepada Danamon untuk melaksanakan Transaksi, namun tidak terbatas untuk melakukan pendebetan rekening saldo Pengguna yang masih tersedia di Bank Danamon dalam rangka pelaksanaan Transaksi yang diperintahkan.
  6. Pengguna dengan ini membebaskan Danamon dari segala tuntutan yang mungkin timbul, baik dari pihak lain maupun Pengguna sendiri sebagai akibat penyalahgunaan informasi kartu dan kode OTP.

 

Perubahan dan Penghentian Akses Layanan

  1. Perubahan atas informasi nomor ponsel Nasabah dilakukan dengan cara mengisi Form Pengkinian Data Nasabah melalui Cabang Danamon terdekat.
  2. Perubahan pada pengaturan limit transaksi Debit Online dapat langsung dilakukan Nasabah melalui internet banking, Danamon Online Banking. Sistem akan melaksanakan instruksi ini berdasarkan permintaan Nasabah.
  3. Akses 3D Secure Debit Online Danamon akan dihentikan apabila:
  1. Nasabah lupa data User ID, Password, dan atau PIN internet banking Danamon Online Banking.
  2. Nasabah menutup semua rekening yang dapat diakses melalui 3D Secure Debit Online Danamon.
  3. Danamon atas pertimbangannya mengindikasi terjadinya penyalahgunaan/ penyelewengan transaksi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab atau terdapat transaksi yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku.
  4. Diterimanya laporan tertulis dari Pengguna mengenai dugaan atau diketahuinya data pribadi Nasabah seperti User ID, Password dan PIN Mobile Banking (D-Bank) dan atau Internet Banking Danamon Online Banking oleh pihak lain yang tidak berwenang.
  5. Danamon melaksanakan suatu keharusan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  1. Untuk melakukan aktivasi kembali karena penghentian akses Layanan tersebut di atas, Pengguna wajib menghubungi customer care Hello Danamon di 1-500-090.

 

Pembuktian

  1. Nasabah menyetujui keabsahan, kebenaran setiap data, catatan, rekaman, komunikasi, atau bentuk apa pun yang ditransmisi secara elektronik antara Danamon dengan Nasabah dan yang tersimpan di pusat data Danamon sebagai alat bukti yang sah atas transaksi Nasabah, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.
  2. Nasabah mengakui dan menyetujui bahwa komunikasi dan instruksi yang disimpan oleh Bank merupakan instruksi yang benar serta merupakan alat bukti yang sah dan mengikat meskipun tidak dalam bentuk dokumen tertulis atau dokumen yang ditandatangani.

 

Force Majeure

  1. Dalam hal terjadi Force Majeure maka pihak yang mengalami keadaan Force Majeure tersebut berkewajiban untuk memberitahukan pihak lainnya selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kerja terhitung setelah berakirnya keadaan Force Majeure tersebut.
  2. Apabila pihak yang mengalami keadaan Force Majeure tersebut lalai untuk memberitahukan kepada pihak lainnya dalam kurun waktu sebagaimana ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan ini, maka seluruh kerugian yang mungkin timbul menjadi heban dan tanggung jawab pihak yang mengalami Force Majeure tersebut.

 

Lain-lain

  1. Danamon dapat mengubah syarat dan ketentuan ini setiap saat dan wajib memberitahukan perubahan syarat dan ketentuan tersebut kepada Pengguna.
  2. Pengguna tunduk pada ketentuan-ketentuan dan peraturan-peraturan yang berlaku pada Layanan 3D Secure Debit Online Danamon termasuk setiap perubahannya.
  3. Pengguna menyetujui bahwa Danamon tidak bertanggung jawab, atau menjamin, bahwa semua informasi mengenai Produk dan Jasa yang diberikan oleh E-Commerce/Merchant adalah akurat, lengkap, benar atau terbaru.
  4. Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan penafsiran dan pelaksanaan dari syarat dan ketentuan ini, Danamon dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud secara musyawarah untuk mencapai mufakat.
  5. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, Danamon dan Pengguna dengan ini sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak Danamon untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.
  6. Syarat dan ketentuan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan Umum Rekening dan Layanan Perbankan PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

 

Pengaduan Pengguna

  1. Pengaduan Pengguna terkait 3D Secure Debit Online Danamon dapat dilakukan dengan menghubungi costumer care Hello Danamon  di nomor 1-500-090 atau melalui email hellodanamon@danamon.co.id.
  2. Jika dalam hal pengaduan Pengguna diajukan, Pengguna belum dapat melengkapi dokumen yang dipersyaratkan oleh peraturan perundangan yang berlaku atau yang disyaratkan oleh peraturan perundangan yang berlaku atau yang disyaratkan oleh Danamon, maka pengguna dengan ini setuju untuk segera melengkapi persyaratan dimaksud dan menyerahkannya kepada Bank serta menerima segala konsekuensi yang timbul jika persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi.
  3. Danamon akan menyelesaikan pengaduan tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dengan mengaktifkan layanan Layanan 3D Secure Debit Online Danamon sebagai media pembayaran belanja online maka Nasabah secara otomatis menyatakan telah membaca, memahami dan menyetujui hal-hal yang tercantum pada syarat dan ketentuan baik yang disebutkan di atas maupun yang berlaku umum di PT Bank Danamon Indonesia Tbk sesuai ketentuan dari Bank Indonesia dan Otorisasi Jasa Keuangan.