Obligasi Negara Ritel 018

ORI018
Manfaat tanpa henti bekal hari nanti #tetapterkendali 

 

Obligasi Negara Ritel (ORI) adalah salah satu instrumen Surat Berharga Negara (SBN) Ritel yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana. Obligasi Negara Ritel (ORI) dimiliki oleh individu (orang perseorangan) dan merupakan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. Penerbitan ORI berdasarkan prinsip yang tertuang dalam Undang Undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara, termasuk dalam pembayaran pokok dan kuponnya 100% dijamin oleh negara.

Dapatkan investasi ORI018 di Danamon melalui www.danamonline.com selama periode penawaran dengan promo menarik

 

Periode Penawaran

Periode Penawaran dimulai sejak tanggal 1 Oktober sampai dengan 21 Oktober 2020.

Manfaat Produk

  1. Potensi keuntungan lebih dimana Nasabah memiliki kesempatan untuk mendapatkan kupon yang relatif lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito berjangka pada umumnya.
  2. Alternatif investasi Nasabah untuk diversifikasi portofolio.
  3. Nasabah berpotensi memperoleh keuntungan (capital gain) atas kenaikan harga Obligasi di pasar sekunder dengan memperhitungan biaya transaksi dan perpajakan yang berlaku. 
  4. Pendapatan kupon yang dibayarkan setiap periodenya oleh Pemerintah Republik Indonesia sampai dengan jatuh tempo.

Proses Aplikasi Produk Obligasi

  1. Nasabah harus memiliki rekening CASA di Bank Danamon, dan memastikan rekening berisi dana yang cukup untuk melakukan pembelian Obligasi Negara Ritel Seri ORI018.
  2. Nasabah memiliki profil risiko yang masih berlaku untuk memastikan bahwa produk yang dibeli sesuai dengan profil risiko nasabah, serta kebutuhan dan tujuan investasi nasabah. Apabila profil risiko nasabah sudah lebih dari 1 tahun maka nasabah wajib mengisi kembali Formulir Profil Risiko.
  3. Nasabah memiliki Single Investor Identification (SID) untuk Obligasi, Bank Danamon akan membantu nasabah untuk membuat SID dalam hal nasabah belum memiliki SID. PT Bank Danamon Tbk terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RINGKASAN INFORMASI PRODUK OBLIGASI
  4. Pada saat penawaran di Pasar Perdana (IPO), nasabah dapat melakukan pembelian Obligasi dengan melakukan akses pada Danamon Online Banking (“DOB”), memilih produk Obligasi Negara Ritel Seri ORI018 dan melakukan pemesanan dengan mengikuti proses yang ada dalam DOB hingga status pemesanannya menjadi complete order.
  5. Bila Nasabah bertransaksi pada Pasar Sekunder, maka nasabah harus memberikan dokumen-dokumen, serta melengkapi dan menandatangani formulir-formulir berikut:
    1. Formulir Kuesioner Profil Risiko (apabila dibutuhkan, apabila nasabah belum pernah mengisi formulir ini sebelumnya)
    2. Formulir Transaksi Obligasi (bila telah dijual di pasar sekunder)
    3. Formulir Pembukaan Rekening Jasa Bank Kustodian (apabila dibutuhkan, apabila nasabah belum memiliki Rekening Efek di Bank Danamon)
    4. Copy KTP
    5. Copy NPWP/Surat Pernyataan NPWP 

Biaya-Biaya

Perpajakan:

 

Kupon diterima Nasabah

15%

Keuntungan diterima atas Obligasi yang dimiliki Nasabah

15%


Ketentuan Lain-lain 

  1. Dalam hal Nasabah ingin melakukan penjualan kembali atas Obligasi yang telah dibeli, melalui Bank Danamon, maka penjualan kembali atas Obligasi tersebut dapat dilakukan dengan ketentuan rating Obligasi yang dijual kembali ke Bank Danamon masih sama dengan rating Obligasi pada saat Nasabah membeli Obligasi tersebut melalui Bank Danamon.  
  2. Bank Danamon hanya bertindak sebagai Agen Penjual produk Obligasi. Obligasi BUKAN merupakan produk Bank Danamon sehingga tidak dijamin oleh Bank Danamon, BUKAN merupakan bagian dari simpanan Nasabah pada Bank Danamon sehingga tidak termasuk dalam cakupan obyek program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). 
  3. Investasi pada produk Obligasi mengandung risiko investasi yang memungkinkan Nasabah kehilangan sebagian atau seluruh modal yang diinvestasikan. Obligasi dalam bentuk mata uang asing mengandung risiko nilai tukar mata uang asing. Setiap pilihan atas produk Obligasi yang dibeli Nasabah merupakan keputusan dan tanggung jawab Nasabah sepenuhnya, termasuk apabila Nasabah memilih jenis produk yang tidak sesuai dengan profil risiko Nasabah dan oleh karenanya Bank Danamon tidak memiliki kewajiban apapun atas kerugian, penurunan investasi tersebut, ketidak tersedianya atau pengurangan dana sehubungan dengan investasi tersebut. Demikian pula segala risiko yang timbul sebagaimana dijabarkan dalam Ringkasan Informasi Produk ini akan menjadi tanggung jawab Nasabah.
  4. Sebelum membeli produk Obligasi, Nasabah wajib membaca dan memahami Ringkasan Informasi Produk.
  5. Nasabah dapat mengajukan pengaduan/keluhan mengenai Obligasi dengan mengemukakan alasannya secara lisan dan/atau tertulis melalui media komunikasi yang dikelola secara resmi oleh Bank Danamon. Mekanisme dan tata cara pengajuan pengaduan/keluhan dapat diakses melalui link berikut.
  6. Nasabah dapat mengajukan pengaduan atas transaksi/layanan perbankan melalui kantor cabang Bank Danamon yang terdekat atau Hello Danamon (1-500-090) atau melalui email di hellodanamon@danamon.co.id secara lisan maupun secara tertulis.
  7. Prosedur mengenai layanan Pengaduan Nasabah dapat diakses melalui website https://www.danamon.co.id