Obligasi

Bila Anda mencari instrumen investasi yang dapat memberikan potensi imbal hasil tetap dengan tingkat risiko yang relatif rendah, Bank Danamon menawarkan Anda solusi melalui investasi pada rangkaian produk obligasi. 

Obligasi adalah surat utang jangka panjang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan kepada pemegang Obligasi dengan imbalan berupa imbal hasil atau kupon sejumlah tertentu. Jangka waktu Obligasi tergantung pada masing-masing seri Obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia

Jenis Obligasi

Bank Danamon saat ini hanya memasarkan obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia yang terdiri atas:

  • Obligasi Negara Indonesia dalam mata uang Rupiah dan asing.

Adalah surat berharga yang berupa surat pengakuan utang yang diterbitkan dalam mata uang Rupiah dan asing, dimana pembayaran atas pokok dan imbal hasilnya dijamin oleh Pemerintah Republik Indonesia sesuai masa berlakunya.

Obligasi Negara Indonesia dalam mata uang Rupiah dan asing yang saat ini dapat diperoleh di Bank Danamon adalah Obligasi Fixed Rate (FR) dan USD Government  Bond (Indon, Indois series).

Produk ini sesuai untuk:

a. Anda yang menginginkan investasi dengan tingkat imbal hasil tetap yang dibayarkan setiap 6 (enam) bulan hingga jatuh tempo baik dalam Rupiah atau mata uang asing dan juga mengharapkan potensi keuntungan dari kenaikan harga produk investasi.

b. Anda yang menginginkan investasi yang likuid dan bebas risiko gagal bayar sampai dengan jatuh tempo karena dijamin oleh Undang-Undang.

  • Obligasi Negara Indonesia Ritel dalam mata uang Rupiah.

Adalah surat berharga yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia di Pasar Perdana dan di Pasar Sekunder melalui Agen Penjual yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan Indonesia, dimana pembayaran atas pokok dan imbal hasilnya hingga jatuh tempo dijamin oleh Pemerintah Republik Indonesia. 

Produk ini sesuai untuk:

a. Anda yang menginginkan investasi dalam mata uang Rupiah dengan tingkat imbal hasil tetap yang dibayarkan setiap bulan hingga jatuh tempo, dan dapat diperjual belikan di Pasar Sekunder kecuali untuk jenis produk* tertentu.

b. Anda yang menginginkan investasi yang bebas risiko gagal bayar sampai dengan jatuh tempo karena dijamin oleh Undang-Undang.

Obligasi Negara Indonesia Ritel dapat diklasifikasikan lagi ke dalam 4 jenis, yaitu:

  • Obligasi Negara Ritel (ORI)
  • Sukuk Negara Ritel (SR), yang diterbitkan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam
  • Saving Bonds Retail (SBR)*
  • Sukuk Tabungan (ST)*, yang diterbitkan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam

*Khusus untuk Saving Bonds Retail (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST) tidak bisa diperjual belikan di Pasar Sekunder.

Keunggulan

  • Pendapatan tetap 

Pemodal mendapatkan hasil investasi pendapatan tetap berupa kupon yang dibayar setiap periode pembayaran kupon

  • Jaminan Undang – Undang 

Pembayaran kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang – Undang Surat Utang Negara (SUN) dan dananya disediakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) setiap tahunnya

  • Transparasi Informasi 

Pengumuman harga Obligasi diumumkan di surat kabar dan website Direktorat Jendral Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementrian Keuangan, untuk memudahkan investori memonitor perkembangan investasinya secara rutin

  • Likuiditas

Investor  dapat mencairkan kembali Obligasinya setiap saat sesuai kondisi pasar, sehingga memudahkan investor mengelola kas nya. 

Ketentuan Umum

  1. Bank Danamon hanya bertindak sebagai Agen Penjual, produk Obligasi BUKAN merupakan produk Bank Danamon sehingga tidak dijamin oleh Bank Danamon, BUKAN merupakan bagian dari simpanan pihak ketiga yang terikat jangka waktu tertentu serta tidak termasuk cakupan obyek program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS); mengandung risiko investasi termasuk kehilangan seluruh modal yang diinvestasikan; dan oleh karenanya Bank Danamon tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki kewajiban apapun atas penurunan nilai investasi maupun kerugian yang timbul dari investasi tersebut. 
  2.  Sebelum membeli produk investasi, Nasabah wajib membaca dan memahami Ringkasan Informasi Produk.
  3. Kinerja masa lalu bukan merupakan indikasi atas hasil masa mendatang, nilai investasi bisa naik atau turun akibat fluktuasi harga sesuai kondisi pasar.
  4. Informasi ini hanya merupakan ringkasan dari informasi fitur dan karakteristik produk dan oleh karenanya tidak dapat dianggap sebagai dokumen informasi produk seutuhnya, dan tidak dapat dianggap sebagai tawaran, rekomendasi, permintaan untuk melakukan transaksi apapun atau melakukan hedging, trading, atau strategi investasi, yang berhubungan dengan sekuritas atau instrumen finansial apapun.
  5. Bertransaksi valuta asing mengandung risiko pergerakan pasar valuta asing. Anda diwajibkan untuk membaca dan mengerti resiko yang terkait dengan transaksi sebelum bertransaksi dengan Bank Danamon. Bank Danamon tidak bertanggung jawab atas kerugian Anda yang mungkin terjadi atas keputusan yang Anda ambil.
  6. Harap menghubungi Relationship Manager kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

*Bank Danamon adalah Bank yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Syarat dan Ketentuan

  1. Membuka Rekening di Bank Danamon.
  2. Mengisi dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pembelian produk.
  3. ID/KTP yang masih berlaku.

 Untuk informasi lebih lanjut tentang ringkasan informasi produk, Silahkan klik link di bawah ini:

Ringkasan Informasi Produk

Sukuk Negara Ritel

SR010

SR009

SR008

Obligasi Negara Ritel

ORI014

ORI013

ORI012

Obligasi Negara Indonesia

 

USD Government Bond

INDON23

INDON48

INDON47

INDON47 NEW

INDON46

INDON45

INDON43

INDON28

INDON27 NEW

INDON26

INDON22

USD Government Bond (Syariah)

INDOIS21

INDOIS27

INDOIS26

INDOIS25

INDOIS22 NEW

Obligasi Fixed Rate

FR076

FR075

FR074

FR073

FR072

FR065

FR061

FR059

FR056

FR053