Danamon Laksanakan Kegiatan Literasi Keuangan di 9 Kota di Indonesia

Tingkatkan Pengetahuan dan Pemahaman kepada Pelaku UKM dalam Pengelolaan Keuangan

Jakarta, 6 Januari 2016. PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (Danamon) melaksanakan kegiatan literasi keuangan yang diberi nama “Pojok BISA” dari Agustus hingga Desember 2015 di sebanyak 9 kabupaten/kota. Dalam kegiatan ini, Danamon menyalurkan dana lebih dari Rp499 juta dan mengedukasi lebih dari 11.680 ribu anggota masyarakat yang terdiri dari pengusaha mikro khususnya pedagang pasar, ibu rumah tangga, pelajar, pegawai negeri sipil, dan karyawan koperasi. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Danamon dalam mendukung Program Literasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keyakinan konsumen dan masyarakat luas sehingga mereka mampu mengelola keuangan dengan lebih baik.

“Danamon mendukung program literasi keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan melalui kegiatan Pojok BISA. Harapan kami Pojok BISA akan meningkatkan pemahaman anggota masyarakat khususnya para pedagang pasar dalam memilih dan memanfaatkan produk dan jasa keuangan. Pada akhirnya membantu mereka mengelola keuangan dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya, sejalan dengan visi Danamon: “Kita peduli dan membantu jutaan orang untuk mencapai kesejahteraan,” ujar Zsa Zsa Yusharyahya, Head of Public Affairs Danamon.

Literasi keuangan Danamon melalui kegiatan Pojok BISA disampaikan dalam program kelas pelatihan, melalui talkshow di radio dan informasi di media cetak. Dalam program kelas pelatihan ini, Danamon menghadirkan pembicara yang berasal dari karyawan Danamon dan konsultan pengembangan bisnis dan keuangan sebagai fasilitator yang mengajarkan bagaimana cara membuat pembukuan bagi pedagang pasar, mengelola keuangan rumah tangga, dan kiat-kiat mengembangkan usaha sehingga para peserta mendapatkan pengetahuan dan wawasan dalam melakukan pengelolaan keuangan untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Danamon juga menyerahkan 150 buku mengenai Pengenalan OJK dan Lembaga Keuangan kepada para pelajar SMP dan SMA di kota–kota dimana Pojok BISA dilaksanakan bekerja sama dengan Yayasan Danamon Peduli dan pemerintah daerah setempat.

Edukasi melalui Pojok BISA dilakukan di 9 kabupaten/kota dengan peserta yang berasal dari pedagang di 19 pasar rakyat yaitu Pasar Kembang, Surabaya, Jawa Timur; Pasar Baru; Pasar Wonoasih; Pasar Gotong Royong; Pasar Mangunharjo; Pasar Kronong; Pasar Randupangger; Pasar Umbul di Kota Probolinggo, Jawa Timur; Pasar Ngasem, Pasar Karangwaru, Pasar Bringharjo di Kota Yogyakarta, Jawa Tengah; Pasar Lama, Tangerang, Jawa Barat; Pasar Kebon Kembang, Bogor, Jawa Barat; Pasar Kemuning; Pasar Flamboyan; Pasar Teratai di Kota Pontianak, Kalimantan Barat; Pasar Ibuh; Pasar Atas di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat; dan Pasar Pandansari Balikpapan, Kalimantan Timur.

 

Tentang Danamon:

PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. didirikan pada tahun 1956 dan sampai dengan 30 September 2015 memiliki jaringan sekitar 2.001 terdiri dari antara lain kantor cabang konvensional, unit Danamon Simpan Pinjam (DSP) dan unit Syariah, serta kantor-kantor cabang anak perusahaannya. Danamon memberikan kepada nasabahnya akses ke hampir 66.000 ATM, termasuk melalui kerjasama dengan ATM Bersama dan ALTO di 33 provinsi di Indonesia. Danamon mengelola aset sebesar Rp 195 triliun sampai dengan akhir September 2015.

Danamon belum lama ini meraih penghargaan ‘The Most Efficient Bank’ dan ‘The Best Bank in Retail Banking Services’ dari ajang Indonesia Banking Award 2015, yang diselenggarakan oleh Tempo Media Group serta Predikat “Sangat Baik” untuk kategori aset di atas Rp 100 triliun pada Infobank Award 2015 yang diselenggarakan oleh Majalah Infobank. Danamon juga meraih penghargaan Customer Satisfaction Award 2014 – Consumer Bank of the Year yang diselenggarakan oleh Roy Morgan. Secara internasional, Danamon meraih penghargaan Asia’s Best Company 2015–Best Managed Company (Indonesia, peringkat ke-8) oleh Finance Asia.

Danamon adalah penerbit tunggal kartu Manchester United dengan kartu Debit/ATM dan kartu kredit Manchester United.

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) adalah anak perusahaan Danamon yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor dan memiliki jaringan kantor cabang yang luas di lebih dari 260 kota di Indonesia. Danamon juga adalah pemegang saham mayoritas PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), suatu perusahaan asuransi umum, dan PT Adira Quantum Multifinance (Adira Kredit), suatu perusahaan pembiayaan perabotan dan alat rumah tangga.

Pada tanggal 30 September 2015 saham-saham Danamon sebesar 67,37% dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd., 6,81% oleh JPMCB-Franklin Templeton Investment Funds dan 25,82% dimiliki oleh publik.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi www.danamon.co.id




ALSO READ
MOST POPULAR