cara menggunakan kartu kredit

Kartu kredit memang dapat mempermudah kita dalam melakukan segala bentuk transaksi yang sulit untuk dilakukan, namun apabila tidak memahami cara menggunakan kartu kredit yang benar bukan tidak mungkin justru akan memperburuk kondisi keuangan kita. 

Karenanya, penting untuk kamu memahami cara menggunakan kartu kredit yang benar agar penggunaannya lebih optimal dan tentunya dapat memperbaiki kondisi keuangan kita agar dapat lebih baik.

Cara Menggunakan Kartu Kredit Agar Dapat Digunakan Lebih Optimal

  1. Membayar Tagihan Kartu Kredit dengan Tepat Waktu
    Sama seperti KPR, kartu kredit juga memiliki aturan terkait pembayaran tagihannya dengan secara tepat waktu. Apabila pengguna terlambat dalam membayar tagihannya, maka akan dikenakan biaya denda serta bunga yang akhirnya berdampak pada tagihan yang membengkak.
    Selain itu dengan melakukan keterlambatan pembayaran ini juga akan membuat credit scoring kamu buruk sehingga kedepannya akan kesulitan jika ingin melakukan kredit lainnya hingga sulit mendapatkan approval saat mengajukan kredit di berbagai tempat.
  2. Memperhatikan Setiap Biaya yang Ada
    Pastikan kamu sudah mengetahui biaya-biaya yang muncul dalam penggunaan kartu kredit tersebut. Biaya ini biasanya akan muncul dan terbagi jadi beberapa periode waktu mulai dari biaya tahunan, biaya keterlambatan, biaya bunga, biaya over limit hingga biaya lainnya bergantung pada setiap kebijakan penerbit kartu kredit.
    Namun, banyak kartu kredit juga memberikan kemudahan dengan menawarkan bunga hingga 0% sehingga dapat mempermudah proses cicilan per bulan untuk para penggunanya.
  3. Memanfaatkan Promo yang Ditawarkan
    Cara menggunakan kartu kredit lainnya yang lebih optimal adalah dengan berhemat. Salah satu cara berhematnya adalah dengan memanfaatkan banyak promo yang diadakan oleh penyedia kartu kredit. Hal ini bisa dilakukan demi menekan biaya pengeluaran yang ada.
    Promo tersebut biasanya beragam mulai dari potongan biaya saat berbelanja di supermarket, makan di restoran, menginap di hotel dan biaya-biaya lainnya. Selain itu juga kamu dapat memanfaatkan point-point yang didapatkan dan ditukarkan dengan manfaat lainnya.
  4. Membayar Tagihan Kredit Secara Penuh
    Membayar tagihan secara penuh lebih dianjurkan dibandingkan kamu membayar tagihan secara sedikit sedikit. Karena biasanya penerbit kartu kredit akan memberikan minimum pembayaran sebesar 10% dari total tagihan per bulannya. Namun, hal tersebut akan memberikan kemudahan untuk mereka yang ingin melakukan “gali lubang, tutup lubang”.
    Karena itu mengapa membayar tagihan kredit secara penuh lebih dianjurkan dibandingkan membayar secara sedikit dan sedikit.
  5. Hindari Melakukan Penarikan Tunai Menggunakan Kartu Kredit
    Kartu kredit juga memiliki fitur yang bisa digunakan untuk melakukan penarikan tunai. Tetapi, memang penggunaannya tidak maksimal, mengapa? Karena melakukan penarikan tunai menggunakan kartu kredit ini biayanya relatif mahal sehingga tidak disarankan untuk melakukan penarikan tunai menggunakan kartu kredit.
  6. Batasi Kepemilikan Kartu Kredit
    Sejatinya memang tidak ada batasan berapa banyak kartu kredit yang kamu miliki. Namun, lebih disarankan untuk tidak memiliki lebih dari 2 kartu kredit. Hal ini dimaksudkan agar penggunaannya dapat lebih optimal. Mengingat setiap kartu kreditnya ini memiliki berbagai macam biaya di dalamnya. Selain itu, dengan mengurangi penggunaan kartu kredit diharapkan juga dapat mengurangi perilaku konsumtif.
  7. Memilih Kartu Kredit Sesuai dengan Kebutuhan
    Biasanya bank akan menawarkan berbagai tipe atau jenis kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dari nasabah. Apakah nasabah tersebut membutuhkan kartu kredit untuk kebutuhan harian seperti berbelanja atau nasabah tersebut membutuhkan kartu kredit untuk keperluan travelling. Hal tersebut nantinya akan disesuaikan oleh bank dan nasabah itu sendiri.
    Nah untuk kamu yang sudah mengetahui dengan jelas mengenai cara menggunakan kartu kredit yang optimal pastikan memiliki kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
    Kartu Kredit Danamon hadir khusus untuk kenyamanan Anda dalam bertransaksi dan menikmati gaya hidup modern. Manfaatkan kartu kredit Danamon untuk memenuhi berbagai keperluan dan kebutuhan hidup. Gunakan untuk transaksi belanja, membayar tagihan bulanan, transfer dana ataupun tarik tunai. Kami akan selalu memberikan Anda kemudahan, kenyamanan serta promo menarik yang beragam sepanjang tahun.