Kenali Yuk! Ini Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Banyak yang tidak menyadari bahwa asuransi memiliki banyak jenis yang mana setiap jenisnya memiliki fungsi serta manfaat yang berbeda-beda. Mulai dari, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi properti hingga asuransi kendaraan. Dari beberapa jenis asuransi yang kita sebutkan mungkin properti dan kendaraan sudah jelas kamu mengetahui fungsi dan manfaatnya. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui sebenarnya perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan.

Karenanya, di bawah ini kita akan membahas dengan lebih lengkap mengenai apa saja perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan yang harus kamu tahu!

 

Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan. Lalu, Mana yang Harus Didahulukan?

Umumnya, baik itu asuransi jiwa maupun kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk dimulai sejak dini. Namun, jika harus memilih mana yang memang harus didahulukan, pastikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhanmu saat ini. Jika kamu memiliki anggaran lebih, maka disarankan untuk langsung menggunakan keduanya.

Tetapi, jika kamu masih muda dan belum memiliki keluarga atau tanggungan, maka kamu dapat menggunakan asuransi kesehatan lebih dahulu. Sebaliknya jika kamu tulang punggung keluarga, usahakan menggunakan asuransi jiwa lebih dahulu.

Ada baiknya, kamu memahami dahulu untuk menentukan mana yang harus didahulukan dari perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan di bawah ini.

  • Perbedaan Pengertian

    Asuransi jiwa memiliki tujuan agar dapat menanggung kerugian finansial apabila pemegang polis meninggal dunia maupun cacat total yang diakibatkan oleh kecelakaan. Besarnya nominal yang ditanggung oleh pihak asuransi ini akan bergantung pada besaran premi yang dibayarkan rutin oleh pemegang polis.

    Selain itu, pada asuransi jiwa kamu akan menunjuk ahli waris yang akan kamu berikan apabila kamu meninggal. Semua uang yang sudah dibayarkan olehmu secara rutin akan diberikan kepada mereka sebagai ahli waris dari pihak asuransi.

    Sedangkan, asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang memiliki manfaat perlindungan finansial apabila pemegang polis mengalami gangguan kesehatan, baik itu dikarenakan sakit atau kecelakaan.

    Asuransi kesehatan ini akan menjamin segala biaya yang berkaitan dengan perawatan kesehatan, mulai dari biaya rawat inap, biaya konsultasi dokter, biaya obat, biaya infus hingga biaya operasi semua ini akan disesuaikan dengan ketentuan di perjanjian polis.

 

  • Perbedaan Manfaat dan Tujuan

    Manfaat dan tujuan dari asuransi jiwa dan kesehatan juga tentunya berbeda. Jika dijabarkan perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan ini ada pada luas jaminan yang diberikan oleh masing-masing asuransi tersebut.

    Asuransi Jiwa

    Asuransi Kesehatan

    Uang pertanggungan saat meninggal dunia

    Layanan rawat jalan, seperti resep obat, biaya laboratorium, konsultasi dokter, dan biaya lainnya

    Tabungan masa depan/pensiun

    Layanan rawat inap, seperti biaya kamar rumah sakit, biaya pembedahan, biaya persalinan, layanan darurat, dan sebagainya

    Uang pertanggungan untuk cacat tetap

     

    Uang pertanggungan kehilangan pekerjaan dikarenakan cacat akibat kecelakaan kerja

     Namun, semua itu tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan asuransi dalam menentukan biaya sewa kamar per hari dan tentunya biaya premi yang dibayarkan oleh pemegang polis.

     

  • Perbedaan Proses Klaim

Perbedaan dari proses klaim yang paling berbeda. Biasanya, klaim asuransi jiwa ini akan dilakukan oleh keluarga atau ahli waris, sedangkan asuransi kesehatan dapat dilakukan sendiri baik itu secara cashless ataupun reimbursement.

Pada asuransi jiwa ini kerugian finansial yang dibayarkan oleh pemegang polis itu sendiri apabila mengalami musibah atau bencana untuk mendapatkan pertanggungan atas peristiwa tersebut. Dengan catatan pemegang polis atau ahli waris harus melaporkan kondisinya secara detail seperti di bawah ini.

  • Melengkapi formulir klaim dan menyiapkan dokumen pendukung lainnya.
  • Serahkan formulir dan dokumen pendukung ke perusahaan asuransi.
  • Perusahaan asuransi akan memverifikasi data.
  • Jika data lengkap, perusahaan asuransi melakukan analisis dari klaim yang telah diajukan.
  • Jika klaim ditolak perusahaan asuransi akan mengirimkan surat penolakan ke pemegang polis.
  • Jika klaim disetujui maka perusahaan asuransi akan langsung melakukan pembayaran klaim.

Sedangkan pada asuransi kesehatan, jaminan dari asuransi ini akan diberikan saat pemegang polis masuk rumah sakit. Dua cara yang kita sebutkan di atas yaitu menggunakan sistem reimbursement dan cashless.

Biasanya jika menggunakan reimbursement pemegang polis akan melakukan pembayaran menggunakan uang yang dimilikinya lalu pemegang polis akan mengirimkan dokumen atau bukti pembayaran tersebut kepada pihak asuransi, lalu nantinya pihak asuransi akan melihat dokumen tersebut apabila disetujui, maka akan diproses pembayarannya ke rekening yang telah tercatat.

Jika menggunakan sistem cashless, kamu hanya tinggal memberikan kartu kepada pihak rumah sakit untuk transaksi pembayarannya. Apabila biayanya melebihi plafon dari yang telah diberikan, maka kita dapat melakukan penambahan dana secara tunai/debit untuk menutupi kekurangan tersebut.

 

Tidak lagi bingung kan mengenai perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan? Yuk tunggu apalagi ajukan sekarang menggunakan produk asuransi dari Danamon. Danamon menawarkan berbagai macam produk asuransi jiwa dan kesehatan terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu dan keluarga.

 

 

 


MOST POPULAR