5 Manfaat Menabung yang Bisa Kamu Nikmati Hasilnya di Masa Depan!

Banyak orang yang belum menyadari banyaknya manfaat menabung dalam kehidupan. Mengingat, banyak juga orang yang memang kesulitan saat mulai membiasakan diri untuk menabung secara rutin. Hal tersebut memang saling berkaitan yang mana banyak orang yang belum mengetahui sekaligus menyadari banyaknya manfaat dari menabung.

Lalu, mengapa sih kita perlu menabung? Ingat setiap tahun segala kebutuhan hidup terus meningkat, karenanya penting untuk kita mempersiapkan masa depan dengan lebih matang agar dapat menikmati hasil dan manfaat menabung yang sudah kita lakukan sejak dini.

Berikut Manfaat Menabung yang Buat Kamu Tenang di Hari Tua

  1. Memiliki Dana Darurat (Emergency Fund)
    Manfaat menabung yang pertama tidak lain adalah menjadikannya sebagai dana darurat. Yang dimaksudkan dan dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan yang tidak terduga. Contohnya seperti, biaya rumah sakit, terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga kerusakan pada rumah atau kendaraan.
    Dana darurat di sini juga perlu dipersiapkan nominalnya antara 6 hingga 12 kali dari nilai pengeluaran bulanan. Apabila kamu memiliki pengeluaran bulanan sebesar Rp3 juta per bulan, maka upayakan memiliki dana darurat minimal Rp15 juta.
    Harapannya dengan memiliki dana darurat, tentunya kamu dapat merasa lebih tenang dan tidak terjebak untuk menggunakan pinjaman yang menawarkan bunga tinggi dan risiko besar.

  2. Menghindari Utang
    Menabung juga tentu juga dapat menghindari utang. Bagi banyak masyarakat yang memiliki utang dan merasa mendapatkan kemudahan dari berhutang tentu akan setuju bahwa sangat sulit untuk keluar dari jerat utang.
    Karena itu, dengan menabung kamu juga dapat meminimalisir untuk berhutang di masa depan sehingga kamu dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lainnya dapat terpenuhi dengan baik.

  3. Memenuhi Kebutuhan di Masa Depan
    Inflasi yang terus meningkat tentunya membuat harga kebutuhan hidup juga terus meningkat. Biaya hidup hari ini tentunya akan sangat berbeda jauh di 10 tahun yang akan datang. Karena itu. Dengan menabung kamu dapat memenuhi kebutuhan di masa depan. Semakin dini kamu memulai tentunya, semakin optimal juga hasil yang akan dirasakan di masa depan.

  4. Mencapai Financial Freedom
    Semua orang yang bekerja keras hari ini adalah mereka yang menginginkan ketenangan atau kebebasan finansial di masa depan. Kebebasan finansial ini juga tidak perlu menunggu hari tua untuk terealisasi, karena jika kamu melakukannya dengan tepat bukan tidak mungkin di umur yang masih produktif pun kamu sudah bisa mencapai kebebasan finansial.
    Banyak aspek yang dapat mendukung tercapainya financial freedom, salah satunya adalah dengan ruting menabung. Dengan menabung lalu ‘ditempatkan’ pada tempat yang tepat, maka kamu tidak lagi perlu bekerja, sebaliknya uang yang akan bekerja untukmu.

  5. Mencapai Goal yang Dituju
    Selain mencapai kebebasan finansial tentunya beberapa orang juga memiliki goal atau target lainnya yang dituju. Nah, untuk mewujudkan impianmu tersebut menabung menjadi cara terbaik untuk mendapatkannya.
    Contohnya seperti kamu memiliki impian untuk membuka usaha sendiri. Untuk membuka usaha tersebut tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Maka dari itu, kamu dapat mulai menabung di masa produktif apabila sudah terkumpul. kamu dapat memulai usahanya dengan lebih optimal tanpa harus memikirkan hal lainnya.

  6. Cashflow lebih Terjaga
    Dengan rutin menabung tentunya cashflow yang sehat juga akan terwujud. Tetapi, untuk mendapatkan cashflow yang sehat diperlukan kemampuan yang baik dalam pengelolaan finansialnya.
    Karena itu, apabila tidak memiliki tabungan atau dana darurat jika terdapat kebutuhan yang sifatnya mendesak mau tidak mau harus menggunakan uang yang ada atau justru malah mengajukan pinjaman untuk kebutuhan tersebut. Itulah mengapa tabungan menjadi salah satu hal yang penting untuk menjaga cashflow keuanganmu.
    Segala manfaat menabung di atas bisa kamu raih semuanya apabila kamu rutin dan konsisten untuk menabung. Menabung dari sekarang dan gunakan produk tabungan Danamon yang menyediakan berbagai macam produk sesuai dengan kebutuhan menabung.