10 Manfaat Kartu Kredit dalam Membantu Pengelolaan Keuangan

Mungkin ada yang setuju dan ada yang tidak bahwa banyak manfaat kartu kredit yang sebenarnya bisa kita rasakan terutama dalam proses transaksi serta saat sedang tidak memiliki dana. Apabila kamu dapat menggunakan kartu kredit dengan lebih bijak tentu kamu akan mendapatkan manfaat dari penggunaan kartu kredit ini.

Manfaat Kartu Kredit yang Bisa Kamu Rasakan

  • Mudah dan Nyaman
    Tidak dapat dipungkiri sebenarnya bahwa kartu kredit ini memberikan kemudahan untuk para penggunanya. Selain, kamu tidak lagi perlu memiliki uang cash untuk dibawa kemana-mana. Kamu juga tidak perlu repot mencari ATM atau lainnya untuk melakukan transaksi. Kamu juga akan merasakan kenyamanan dalam penggunaannya mengingat sudah banyak sekali merchant-merchant yang menyediakan pembayaran dengan kartu kredit.
  • Relatif Lebih Aman
    Dengan tidak membawa uang cash, tentu penggunaan dari kartu kredit ini relatif lebih aman jika dibandingkan dengan uang tunai. Apabila kemungkinan terburuknya kartu kredit tersebut hilang atau dicuri, maka kamu dapat langsung melaporkan ke bank terkait untuk dilakukan blokir sehingga tidak akan bisa digunakan oleh siapapun di luar sana.
  • Banyak Menawarkan Promo dan Reward
    Pada poin ini mungkin adalah manfaat yang paling sering dilirik oleh mereka yang sebelumnya belum menggunakan kartu kredit. Promo dan rewards biasanya akan sangat banyak didapatkan oleh para pengguna kartu kredit.
    Promo yang ditawarkan juga beragam mulai dari potongan langsung, cashback hingga kesempatan mendapatkan hadiah langsung bagi para pemegang kartu kredit.
  • Memberikan Perlindungan Ekstra
    Biasanya bank penerbit kartu kredit akan memberikan ‘perlindungan’ kepada kamu apabila terjadi permasalahan dalam penggunaan kartu tersebut. Terutama yang berkaitan dengan pembelian barang yang memiliki garansi.
    Kamu dapat lebih mudah menghubungi pihak kartu kredit terkait pembelian produk yang mengalami kerusakan, sehingga mereka dapat membantu melakukan claim. Namun, dengan catatan kartu kredit yang digunakan memang memiliki fasilitas tersebut di dalamnya
  • Cicilan dengan Bunga 0 Persen
    Tentu menggunakan kartu kredit memang akan dikenakan bunga yang berlaku hingga 2,25%, namun ini akan didukung apabila kamu membeli sebuah barang dengan cara mencicil, kamu dapat penawaran cicilan bunga hingga 0 persen. Dari sisi tenornya juga bisa hingga 24 bulan loh.
  • Memudahkan Saat Membutuhkan Dana Darurat
    Manfaat kartu kredit lainnya yang paling sering orang sukai adalah penggunaannya dikala darurat atau saat tidak memiliki dana. Tidak hanya menyediakan cicilan dengan bunga 0 persen, kartu kredit juga bisa digunakan untuk tarik tunai melalui ATM.
    Namun, yang perlu diperhatikan adalah biaya tarik tunai saat melakukan penarikan dana melalui ATM.
  • Mempermudah Saat Belanja Online
    Suka belanja online? Kartu kredit akan sangat mempermudah kamu untuk melakukan transaksi menjadi lebih mudah. Kemudahan ini karena kamu dapat membayar belanjaan kamu hanya dengan mengisi identitas diri dengan memasukan nama pengguna, nomor kartu kredit, kode CVV (Card Verification Value) dan masa kadaluarsa dari kartu kredit tersebut.
  • Memudahkan dalam Mengatur Anggaran Keuangan
    Manfaat lainnya adalah dapat mengelola keuangan dengan lebih baik dan mencatat segala transaksi baik itu pengeluaran maupun pemasukan. Karena biasanya kartu kredit akan melakukan pencatatan secara otomatis dalam lembar tagihan yang akan diberikan setiap bulannya.
    Hal tersebut akan mempermudah kamu dalam merencanakan anggaran keuangan dengan lebih baik.
  • Fleksibilitas dalam Melakukan Pembelian
    Biasanya banyak toko atau penjual yang memanfaatkan promo kartu kredit untuk menarik banyak pembeli dengan promo-promo seperti memberikan diskon, cashback dan hadiah lainnya. Karena itu, biasanya kartu kredit akan memberikan fleksibilitas lebih dalam melakukan pembelanjaan apabila saat itu memang kamu berbelanja menggunakan kartu tersebut.
    Selain itu juga kartu kredit akan memberikan poin tertentu yang nantinya kamu bisa manfaatkan untuk dijadikan potongan harga pada saat membeli barang tertentu.
  • Dapat Digunakan Hingga ke Luar Negeri
    Manfaat kartu kredit yang satu ini juga menjadi manfaat yang paling disukai oleh banyak pengguna kartu kredit karena bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Dibandingkan harus membawa uang cash dalam jumlah besar dengan risiko yang tentunya jauh lebih besar, lebih baik memanfaatkan penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayarannya.
    Penggunaan kartu kredit di luar negeri juga memudahkan kamu tanpa harus melakukan penukaran ke mata uang negara tersebut.

Jadi, sudah makin yakin kan untuk menggunakan kartu kredit? Nikmati manfaat kartu kredit di atas untuk mengoptimalkan proses transaksi yang dilakukan.

Gunakan kartu kredit Danamon untuk berbagai kebutuhan bertransaksi kamu. Mulai dari berbelanja, bayar tagihan bulanan, transfer dana maupun tarik tunai.