11 Ide Usaha yang Cocok untuk Anak Muda

Masa muda adalah masa dimana kita mencoba segala kesempatan yang datang salah satunya adalah mencoba memulai usaha yang cocok untuk anak muda. Tidak heran mengapa anak muda di era digital sekarang banyak yang memilih menjadi seorang entrepreneur.

Namun, untuk membangun usaha yang sukses tentu tidak cukup hanya dengan kreativitas yang dimiliki anak muda, tetapi strategi serta pemilihan jenis usaha juga wajib menjadi perhatian. Karenanya, di bawah ini kita akan membahas beberapa pilihan usaha yang cocok untuk anak muda.

Ide Usaha yang Cocok untuk Anak Muda di Tahun 2022

Content Creator 

Peran sosial media yang sangat powerfull di era seperti sekarang membuat banyak orang melihat sosial media untuk dijadikan ladang usahanya. Salah satunya menjadi seorang konten kreator, apabila kamu memiliki keahlian membuat konten yang menarik jangan ragu untuk mengambil peluang yang ada. 

Konten tersebut bisa beragam sesuai dengan keahlian yang kamu miliki, sosial media yang bisa kamu gunakan juga beragam mulai dari Youtube, Tiktok, Instagram, Facebook dan lainnya.

Desain Grafis

Tidak hanya konten kreator, usaha yang satu ini juga bisa menjadi pilihan kamu mengingat banyaknya kebutuhan desain grafis baik itu perusahaan baru maupun perusahaan yang sudah berskala internasional.

Online Shop

Mungkin online shop memang tidak hanya cocok untuk anak muda tapi untuk semua kalangan. Tetapi dengan modal yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan usaha lainnya, membuat online shop ini menjadi salah satu pilihan usaha yang cocok untuk anak muda.

Beberapa barang yang bisa dijual oleh kamu melalui online shop seperti pakaian, skincare, makanan dan lainnya.

Thrifting

Usaha satu ini memang terbilang sedang banyak diminati saat ini, terutama para anak muda. Dengan modal yang relatif murah dan tentunya mudah untuk dimulai, membuat akhirnya banyak yang memilih thrifting menjadi usaha pertamanya.

Bermodalkan Rp3 juta hingga 6 juta kamu sudah bisa memulainya dan mendapatkan keuntungan yang optimal apabila mendapatkan pakaian yang bagus untuk dipasarkan. Tak jarang juga konsumen berebutan untuk mendapatkan pakaian tersebut.

Freelance

Freelance bisa jadi usaha yang paling banyak dilakukan oleh anak muda saat ini. Hal ini didasari dengan biasanya mereka yang sudah memiliki pekerjaan utama lalu mencari penghasilan sampingan dan memilih freelance sebagai pilihan usahanya.

Dengan fleksibilitas waktu yang diberikan serta penghasilan yang ditawarkan cukup menguntungkan membuat freelance menjadi pilihan favorit banyak anak muda untuk mendapatkan pendapatan lebih.

Foto & Videografer

Menyukai gambar atau video? Maka hobi kamu itu bisa dijadikan usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan loh. Apabila kamu hobi dan didukung dengan keahlian dalam bidang ini siap-siap kebanjiran pekerjaan.

Karena, di era seperti sekarang foto dan video menjadi salah satu minat yang paling banyak dicari orang. Untuk itu, jika kamu dapat mengambil peluang ini dengan tepat, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan yang optimal.

Franchise

Ingin memulai usaha, namun bingung dalam pengelolaan dan mengenalkan usahamu? Franchise bisa jadi jawabannya. Kamu tidak lagi perlu memikirkan strategi untuk mengenalkan usahamu, tidak lagi perlu mencari bahan-bahan untuk usahamu karena usaha satu ini biasanya sudah menyediakan segalanya.

Tetapi, pastikan untuk menyediakan modal yang tidak sedikit ya dan tentunya memilih lokasi yang tepat dan strategi untuk mengoptimalkan hasilnya. Pastikan untuk memilih lokasi yang strategis dan bisa dijangkau oleh banyak orang.

Agen Influencer 
Influencer juga menjadi salah satu profesi yang cukup menguntungkan di era digital seperti sekarang. Memanfaatkan influencer untuk sebuah produk juga menjadi cara terbaik untuk menarik minat konsumen.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha yang satu ini cukup beragam bergantung dengan influencer yang digunakan, namun usaha yang satu ini cukup potensial di era seperti sekarang ini.

Jasa Titip

Jastip atau jasa titip juga seringkali dimanfaatkan mereka yang sering travelling sekaligus mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Biasanya makanan dan barang-barang menjadi hal yang paling sering digunakan para jastip untuk ditawarkan.

Reseller atau Dropshipper

Reseller atau dropshipper juga masih menjadi favorit usaha untuk anak muda. Modal yang kecil dan sangat mudah dijalankan oleh pemula menjadi alasan utamanya. Dengan bermodalkan internet, alat komunikasi dan media sosial bisa menjadi ‘senjata’ menggaet keuntungan yang maksimal.

Baik itu reseller maupun dropshipper juga memiliki strategi yang kurang lebih sama yaitu memaksimalkan penggunaan sosial media dalam memasarkan produknya sehingga lebih cepat dilihat orang.

Blogger

Usaha yang cocok untuk anak muda yang terakhir adalah Blogger. Jika kamu memiliki hobi menulis dan didukung dengan keahlian merangkai kata yang baik, maka menjadi seorang blogger wajib kamu coba. 
Optimalkan dengan menulis, memasang iklan, melakukan kerjasama dengan blogger atau brand lainnya hingga memasarkan produk menggunakan blog yang kita miliki. Keuntungannya sendiri juga beragam tergantung kualitas dari blog serta aktivitas dari blog tersebut. 
Itu dia beberapa pilihan usaha yang cocok untuk anak muda dan bisa kamu jalankan. Jika sudah mengetahui usaha apa yang akan kamu jalankan dan terkendala dari sisi modal, tenang saja kamu bisa menggunakan produk pinjaman dari Danamon yaitu Dana Instant sebagai solusi berbagai kebutuhan kamu.

Persyaratan yang mudah, limit pinjaman hingga Rp200 juta dan memberikan suku bunga yang kompetitif. Lebih lengkapnya kamu bisa kunjungi cabang Danamon terdekat atau mengajukan pinjaman secara online dengan mengisi e-form di website Danamon.